Cara Mencari Kucing yang Hilang, Apa Bisa Kembali Pulang?

daftarhewan.com. Cara Mencari Kucing yang Hilang. Banyak cat lover atau pemelihara kucing yang pernah mengalami kucingnya hilang, tidak jarang hilang selama 24 jam, terutama ketika mereka menghabiskan banyak waktu bermain di luar ruangan.

Berapa Jauh Kucing Bisa Kembali?

Sebetulnya, dalam beberapa kasus, Kucing bisa saja jauh dari rumah sampai 10 hari!. Ya, bisa saja itu menghabiskan perjalanan kurang lebih 2 sampai 10 km untuk Kucing, meskipun kita sebenarnya tidak pernah tahu mereka pergi kemana.

Kita juga telah mengetahui tentang kucing yang meninggalkan rumah pemiliknya ketika pergi berlibur, dan kucing peliharaan tersebut segera kembali setelah keluarganya kembali.

Bahkan banyak informasi tentang kucing yang telah hilang selama bertahun-tahun akhirnya bisa dipertemukan kembali dengan pemiliknya.

Kucing sangat suka berkeliaran, jadi ada kemungkinan besar kucing sesekali akan hilang.

Beberapa kucing bahkan menghilang selama 2 hingga 3 hari sekaligus. Tapi, tidak peduli seberapa sering mereka hilang, atau seberapa pintar mereka, itu masih bisa menjadi saat yang mengkhawatirkan bagi pemilknya yang merasa memiliki kucing yang hilang.

Bagi Anda yang baru memiliki Kucing tentunya kehilangan kucing akan sangat menyusahkan, apalagi jika terjadi sepanjang hari. Pembaca artikel ini juga akan bertanya-tanya :

  • Berapa Lama Kucing Hilang?
  • Kenapa Kucing Menghilang?
  • Cara Mencari Kucing Hilang
  • Cara mencegah kucing tersesat dan Hilang

apakah kucing bisa kembali ke rumah, apakah kucing bisa kembali pulang, kucing hilang, cara mencari kucing yang hilang, cara mencari kucing hilang, apakah kucing hilang bisa kembali, Berapa Jauh Kucing Bisa Kembali

Kenapa Kucing Hilang dari Rumah?

Memahami kenapa mereka hilang dari rumah dapat membantu kita mencegah hal tersebut terjadi. Menurut homeandroost.co.uk, Berikut 3 alasan umum kenapa kucing menghilang :

Baca Juga:   Apakah Kucing Bisa Lupa Jalan Pulang?

1. Mencari Pasangan

Kucing yang tidak dikebiri bisa tersesat saat mencari pasangan. Salah satu alasan paling umum kucing jantan yang tidak dikebiri meninggalkan rumah mereka adalah untuk mencari pasangan.

Jantan mungkin hanya perlu berkeliaran di sekitar lingkungan sebelum mereka mencium aroma kucing betina yang sedang berahi, sementara yang lain akan melakukan perjalanan berkilo-kilo meter.

Sayangnya, jika jantan terkunci di dalam rumah, ia hanya akan menunggu sampai ada kesempatan. Ini berarti kucing bisa pergi selama satu atau dua hari, atau bahkan satu minggu.

Dan tidak hanya kucing jantan yang biasanya menghilang dalam mencari pasangan. Kucing Betina yang tidak dimandikan, walaupun mereka tidak melakukan perjalanan jauh, mereka pun akan mencari pasangan saat sedang birahi.

2. Perubahan Lingkungan

Kucing sangat peka terhadap perubahan di lingkungan mereka dan bisa saja itu terjadi ketika di rumah ada bayi yang baru lahir atau hewan peliharaan baru muncul secara tidak terduga. Jadi, sepertinya Kucing merasa dibaikan.

Pastikan kucing Anda selalu dirawat dengan baik dengan akses ke air bersih, makanan enak, dan kotak kotoran yang bersih. Dan jika pemilik tidak dapat memberikan perhatian seperti biasanya, pastikan ada banyak interasksi dengan mereka. Bahkan kucing dalam ruangan pun bisa hilang jika kurang perhatian.

3. Ketakutan

Disaat kucing Anda tiba-tiba terkejut, ia akan melompat dan lari secepat mungkin. Kucing yang lebih tua biasanya akan menemukan jalan pulang, bahkan setelah 1 atau 2 hari, tetapi anak kucing atau kucing liar bisa tersesat.

Jika si pemilik khawatir kucingnya akan hilang, membeli pelacak GPS kucing bisa menjadi manfaat.

Cara Mencari Kucing yang Hilang

Bukan hal yang aneh ketika kucing hilang selama beberapa jam dalam satu hari, terutama jika mereka senang berada di luar. Tetapi jika Anda melihat kucing Anda pergi lebih lama dari biasanya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mencari kucing yang hilang, serta memastikan mereka kembali dengan aman.

Baca Juga:   Fakta Kucing Birman, yang Eksotis dan Melegenda

1. Pencarian Menyeluruh

Sebelum panik, sebaiknya dikakukan pencarian menyeluruh di sekitar rumah, tempat sembunyi favoritnya dan taman bermain. Pastikan untuk memeriksa di dalam garasi, gudang, serta bagian rumah tetangga Anda.

Dan jangan lupa tempat sampah dan selokan. Kucing terkenal suka mencari tempat terbaik untuk bersembunyi, ambil camilan lezat, dan mulailah berpikir seperti kucing, dan bawalah penerang ketika gelap.

2. Biarkan Orang Lain Tahu

Setelah pencarian yang cukup lama dan melelahkan tetapi kucing Anda masih hilang, inilah saatnya untuk memberi tahu orang serta organisasi setempat lainnya.

Posting foto terbaru di berbagai media sosial, termasuk Facebook dan Twitter. Manfaatkan halaman yang telah disiapkan khusus untuk membantu menemukan kucing yang hilang, Ingatlah untuk menyertakan deskripsi lengkap dengan usia, nama dan keberadaan terakhir mereka, serta fitur yang dapat dibedakan yang akan memudahkan untuk mengidentifikasi kucing Anda.

Selebaran atau pamflet hewan peliharaan yang hilang dan memeriksa dengan tempat penampungan lokal, dokter hewan, pemilik atau pemelihara kucing lainnya serta forum komunitas atau website yang membahas tentang kucing yang hilang.

3. Sediakan Makanan dan Minuman di Luar Rumah

Sebaiknya sediakan makanan, air, camilan favorit kucing, dan bahkan mainannya di luar semalaman. Seekor kucing yang ketakutan akan sering pulang ke rumah ketika gelap ketika orang-orang telah tidur dan tidak ada kebisingan.

4. Periksa Alamat Pemilik Sebelumnya

Tidak jarang kucing hilang untuk mencari rumah pemilik lama mereka. Jika Anda telah merumahkan atau mengadopsi kucing, tanyakan kepada pemilik sebelumnya juga. Bukan hal yang aneh bagi kucing untuk melakukan perjalanan jauh ke alamat lama mereka.

5. Berdo’a

Siapa lagi pemilik segala makhluk, yaitu Tuhan Yang Maha Esa. Berdo’alah Mintalah kepada yang Maha Kuasa, supaya bisa segera dipertemukan kembali dengan kucing kesayangan.

Baca Juga:   Kucing Ras Singapura, Si Imut yang Memesona

Apa yang Harus Dilakukan Supaya Kucing Tidak Hilang

Tentunya akan sangat menyedihkan apabila kucing hilang. Dan bahkan jika kita berpikir kucing yang kita pelihara tidak akan hilang, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa poster Anda tidak hilang atau ditemukan.

1. Microchip

Sekarang banyak jasa pemasangan Microchip Kucing. Jadi kapanpun Anda membutuhkannya dan mempunyai dana yang cukup saat itulah waktu yang tepat untuk memasangnya. Dan ingat jika ada detail kontak Anda yang berubah, Anda perlu memperbarui database microchip Anda.

2. Gunakan Kalung dengan Label Nama

Karena tidak semua orang tahu tentang microchip, kalung dengan nama kucing Anda dan detail kontak Anda sangat penting. Kalung tidak hanya membantu mengidentifikasi hewan peliharaan, tetapi juga menghentikan memberi tahu orang yang menemukannya bahwa kucing tersebut tersesat. Pastikan detail kontak Anda ada di label, serta di bagian dalam kalung.

3. Kebiri atau Dimandulkan

Seperti yang telah dijabarkan di atas, kucing yang tidak dikebiri akan melakukan perjalanan jarak jauh jika mereka mencium aroma betina yang sedang berahi. Untuk terjadinya hal tersebut, kucing Anda harus dikebiri (atau dimandulkan) sesegera mungkin.

4. Lakukan Stimulasi Terhadap Kucing

Kucing adalah hewan yang pintar dan membutuhkan banyak stimulasi fisik dan mental. Pastikan pemilik menghabiskan waktu berkualitas dengan kucing setiap hari. Pemberian mainan, tempat tidur, akan menghentikan kucing berkeliaran mencari kesenangan. Juga, tetapkan jadwal pemberian makan Kucing sehingga kucing tidak perlu berburu untuk mencari makan malam.

5. Jangan Biarkan Kucing Keluar Malam

Bahkan kucing liar jalanan yang paling pintar pun perlu merasa aman saat hari mulai gelap. Mengetahui kucing aman di dalam ruangan akan memberikan ketenangan pikiran bagi pemilik, dan menjaga kucing Anda tetap aman.

error: