Cara Mengatasi Ayam Bekisar Stress

daftarhewan.com. Mengatasi Ayam Bekisar Stress. Penyakit yang serius pada ayam bekisar adalah hilangnya suara secara mendadak. Tindakan pencegahan agar suara bekisar tidak hilang, serak atau ngorok sebenarnya sangat-sangat dianjurkan.

Namun banyak penggemar bekisar yang awam tentang hal tersebut. Baca Juga : Cara Merawat Ayam Bekisar Biar Gacor

Cara Mengatasi Ayam Bekisar Stress

ayam bekisar merupakan ayam hasil perkawinan antara, ayam bekisar berasal dari, ayam bekisar adalah, ayam bekisar jantan, arti bekisar, ayam bekisar dan ciri cirinya ciri ayam bekisar yang bagus, ciri ayam bekisar, cari ayam bekisar, ciri ayam bekisar jantan, ayam bekisar dimanfaatkan untuk, ayam bekisar dari, tentang ayam bekisar, foto ayam bekisar jantan, filosofi ayam bekisar, foto ayam bekisar juara

Mereka justeru menghadapi bekisar-bekisar yang sudah terlanjur tidak bisa berkokok. Karena itu, terapi penyembuhanlah yang mereka butuhkan. Upaya pencegahan dan penyembuhan ini merupakan bagian dari perawatan yang porsinya penting.

1. Mengobati Suara Bekisar Serak 

Bekisar disebut dewasa, jika sudah berumur 1 – 1,5 tahun. Pada saat ini, suaranya sudah terdengar lantang, bahkan ada yang sudah mengikuti suatu lomba. Pada saat-saat inilah secara mendadak sering terjadi suara itu hilang, serak atau terputus-putus.

Pengalaman ini banyak dialami para pemelihara ayam bekisar. Ada kemungkinan disebabkan oleh jamur pada tenggkorokan atau karena bekisar stres.

Baca Juga:   Cara Menjinakkan Ayam Hutan Agar Cepat Jinak

Stress paling sering dialami bekisar, lantaran ia selalu dikurung dalam waktu yang relatif lama atau terkena udara panas, hingga kondisinya menurun. Kalau sudah seperti ini, perlu dilakukan terapi. Dengan memindahkan bekisar tadi ke dalam kandang besar yang beralas pasir.

Dalam kandang sudah disediakan betina, dan mereka dibiarkan selama 2 – 3 minggu untuk berduaan. Dengan cara ini, secara perlahan-lahan bekisar jantan akan kembali berkokok atau gacor.

2. Mempertahankan Kondisi Tetap Sehat

Mempertahankan kondisi bekisar tetap sehat sangat penting. Hal ini dapat mencegah timbulnya penyakit fatal pada bekisar. Beberapa cara yang telah diterapkan adalah mandi pasir, mandi biasa serta diberi pijat.

Mandi pasir wajib dilakukan bekisar yang telah berumur 1 tahun ke atas. Fungsinya sama dengan olahraga. Paling tidak selama 5 hari berturut-turut dalam sebulan, olah raga ini harus dilakukan supaya bekisar bisa menggerakkan anggota badannya dengan leluasa.

Baca Juga:   10 Cara Menjadikan Ayam Bangkok Aduan Super Istimewa

Mandi pasir dilakukan dalam kandang berukuran 2,5 m x 3 m sebagai alas digunakan tumpukan pasir setinggi 10 cm. Selanjutnya bekisar dibiarkan di tempat ini selama 5 hari.

Tidak hanya manusia, bekisar pun perlu di pijat. Selain untuk mencegah penyakit, pijatan ini bisa dipakai untuk menyembuhkan bekisar yang sayapnya lumpuh (nglampreh). Bagi bekisar sehat, fungsi pijat yang benar adalah dengan memegang tubuhnya lalu dipijat antara ujung sayap atas hingga ke pangkal sayap.

3. Memandikan Ayam Bekisar

Guna menjaga kebersihan dan terhindar dari penyakit tertentu, maka bekisar yang sudah berumur 6 bulan ke atas harus rutin dimandikan seminggu 2 kali. Kalau tidak, bulu bekisar jadi rontok dan kotor, dan hal ini mengundang kutu bulu, di samping terlihat kusam dan tidak menarik.

Baca Juga:   Ayam Hutan Merah, Klasifikasi dan Makanan Kesukaannya

Untuk mandinya, sebaiknya dipersiapkan tempat mandi yang diisi campuran air dan obat anti kutu neo antisep dalam perbandingan 1 sendok teh obat setiap liter air. Sedangkan untuk menghindari stress, sebaiknya bekisar diberi obat anti stress berupa multi vitamin seperti B kompleks atau B 12, sebelum dimandikan.

error: