Cara Mengusir dan Menghilangkan Kecoa di Mobil

Posted on

daftarhewan.com. Menghilangkan Kecoa di Mobil. Menjumpai kecoa atau kecoak berkeliaran di rumah atau selokan, barangkali sudah dianggap biasa.

Namun, bagaimana jika kecoa hadir sebagai hama di dalam mobil? Tentu saja, Anda perlu segera menyiapkan cara jitu mengusir kecoa secepat mungkin.

Pasalnya, mobil Anda bisa menjadi sarang kecoa, jika mereka merasa nyaman atau terpancing dengan remah makanan yang berjatuhan.

Baik satu maupun banyak, kehadiran kecoa akan menimbulkan masalah, mulai dari kepanikan hingga gangguan kesehatan.

Bahkan, dalam beberapa kasus, kecoa dapat tiba-tiba hinggap di kaca depan atau merayap di tangan pengemudi, hingga dapat mengagetkan dan menimbulkan bahaya.

kecoa mobil, perangkap kecoa mobil, fogging kecoa mobil, mengusir kecoa mobil, cara menghilangkan kecoa mobil, menghilangkan kecoa mobil, obat kecoa mobil, cara alami mengusir kecoa di mobil, anak kecoa di mobil

Karena itu, Anda perlu waspada meski hanya menemukan satu kecoa di ventilasi, kursi, atau tempat yang tersembunyi.

Jika hal tersebut terjadi, baca selengkapnya artikel ini, dan dapatkan solusi mengusir kecoa dari mobil Anda yang bisa dilakukan sendiri, secara efektif dan efisien.

Disamping jasa pembasmi kecoa di mobil atau fogging kecoa mobil.

Cara mengetahui keberadaan kecoa dalam mobil

Serangga menjadi lebih aktif berkeliaran ketika tidak ada manusia di sekitarnya. Maka, jika Anda sudah melihat beberapa serangga kecil di dalam mobil, bisa jadi kecoa juga mulai membentuk koloni. Mereka hanya belum menampakkan diri, sehingga Anda perlu lebih jeli dan ekstra hati-hati.

Namun, alih-alih menunggu kecoa keluar dari tempat persembunyian, akan lebih mudah jika Anda melihat tanda-tanda kehadiran mereka.

Baca Juga:   12 Fakta Tentang Lalat Rumah

Berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi alarm kehadiran kecoa di dalam mobil:

  • Remah makanan yang berceceran tanpa sebab yang jelas.
  • Terdapat telur berbentuk oval dan berukuran kecil.
  • Adanya kotoran berupa bagian tubuh atau serpihan kulit kecoa.
  • Tercium aroma apek atau basi.

Kendati demikian, Anda juga dapat memancing mereka keluar dengan meletakkan serpihan makanan ringan di tempat yang cukup tersembunyi.

Perubahan yang terjadi pada makanan tersebut, akan menjadi bukti yang cukup untuk menyimpulkan bahwa ada kecoa di dalam mobil Anda.

Bahaya Kecoa di Dalam Mobil

Meski tidak menggigit menusia, keberadaan kecoa dapat menimbulkan beberapa dampak yang tidak menyenangkan, bahkan dapat membahayakan nyawa, antara lain:

Kecoa penyebab kecelakaan, Kecoa di mobil menyebabkan kecelakaan
Kecoa di mobil menyebabkan kecelakaan – gambar : says.com
  • Menimbulkan kepanikan, hingga frustrasi, terutama bagi orang yang takut kecoa.
  • Mengganggu keselamatan berkendara, jika muncul secara tiba-tiba atau mengusik pengemudi. Terkait hal ini, ada baiknya Anda tetap menjaga ketenangan, untuk menepi dan mengeluarkan kecoa yang menganggu. Kalau, tidak bisa saja mengakibatkan kecelakaan.
  • Membawa mikroorganisme penyebab penyakit, seperti tipus, disentri, pes, atau polio. Hal ini akan semakin membahayakan jika mereka sudah menjelajahi makanan Anda.
  • Menimbulkan rasa malu, karena abai terhadap kebersihan, hingga menjadi bahan ejekan.

Cara Mencegah Kecoa Masuk Ke Mobil

Kenapa Kecoa bisa masuk ke Mobil? Sebelum menangani masalah kehadiran kecoa di mobil Anda, ketahui lebih dulu cara mereka masuk.

Dengan begitu, Anda dapat mengatasi akar masalah yang terjadi, dan tidak mengulanginya kembali.

Hal tersebut juga dapat membantu Anda untuk melakukan tindakan pencegahan di waktu mendatang, seperti:

  • Membersihkan mobil dari sisa-sisa makanan yang dapat memancing kehadiran kecoa dari luar atau membuat mereka nyaman berada di dalam mobil.
  • Lebih teliti dan berhati-hati ketika membeli mobil bekas, karena bisa saja mobil tersebut sudah menjadi sarang bagi koloni kecoa.
  • Mengatasi permasalahan kecoa dari rumah secara menyeluruh, dan memastikan drainase dalam kondisi baik.
  • Memeriksa dan membersihkan barang-barang ketika hendak membawanya masuk ke mobil.
  • Menyemprot atau membersihkan mobil dengan minyak esensial sereh, lemon, jeruk, atau peppermint.
Baca Juga:   Ada Semut Hitam Besar? Berikut Cara Mengusirnya

Cara Menyingkirkan Kecoa dari Mobil Anda

Menyingkirkan kecoa bisa menjadi urusan yang cukup merepotkan. Namun, Anda juga dapat melakukannya dengan cukup mudah, jika memiliki sumber daya yang cukup dan mengetahui cara yang tepat.

Berikut ini langkah-langkah jitu menyingkirkan kecoa dari dalam mobil Anda:

1. Pemeriksaan Umum

Ketahui tingkat keparahan invasi kecoa dalam mobil Anda. Periksa tempat-tempat tersembunyi, seperti bingkai pintu, ventilasi mobil, dan setiap bagian kursi.

Perhatikan tanda keberadaan kecoa, seperti adanya kotoran, bagian tubuh, hingga bau apek yang kuat. Kemudian, persiapkan sumber daya untuk menyingkirkan kecoa, dalam takaran yang sesuai dengan tingkat invasi yang terjadi.

2. Pembersihan Umum

Agar tidak terganggu oleh debu dan kotoran lain, lakukan pembersihan umum pada bagian-bagian mobil. Dengan begitu, Anda dapat lebih fokus mencari tempat kecoa bersarang.

Mulailah dengan interior, kemudian berlanjut ke eksterior. Setelah itu, pastikan interior mobil Anda benar-benar kering, agar tidak memicu tumbuhnya jamur yang dapat menjadi sumber makanan bagi kecoa.

3. Pembasmian Kecoa

Setelah mobil Anda kering, lakukan inspeksi keberadaan kecoa di berbagai area, mulai dari ventilasi, dasbor, kursi, hingga wadah lampu interior.

Proses ini akan membantu Anda menemukan sarang mereka, dan menjumpai kecoa dalam jumlah yang cukup banyak. Berkaitan dengan itu, siapkan pestisida alami atau semprotan peppermint untuk menangani serangan mereka.

Baca Juga:   8 Fakta Unik Tentang Hewan Capung

Gunakan campuran air dan cuka dengan rasio 2:1, tambahkan 10 tetes minyak peppermint, lalu masukkan dalam botol semprot.

Dalam konsentrasi yang cukup tinggi, pestisida alami atau organik akan cukup kuat dan tahan lama untuk menjauhkan hama lain, seperti semut dan laba-laba.

Anda juga dapat menggunakan perangkap kecoa, untuk kemudian mengumpulkan dan membuangnya.

Namun, jika menginginkan solusi instan, Anda pun dapat menggunakan insektisida yang cukup kuat, seperti asam borat. Pastikan Anda membuka seluruh pintu mobil, karena insektisida semacam itu dapat menimbulkan aroma tidak enak yang cukup menyengat.

4. Pembersihan Akhir

Setelah membasmi kecoa, bersihkan kembali mobil Anda untuk menghilangkan residu dan mencegah invasi berulang.

Selanjutnya, hindari penumpukan barang dan jaga kebersihan mobil agar tidak menjadi sarang bagi kecoa, semut, laba-laba, dan hama lainnya.

Kesimpulan

Keberadaan kecoa di mobil dapat mengindikasikan bahwa Anda tidak memberikan perawatan kebersihan yang cukup layak.

Meski tidak menggigit manusia dan bukan tergolong hewan berbahaya, kecoa dapat menyebarkan penyakit, hingga menyebabkan kepanikan pada penumpang dan pengemudi.

Karena itu, segera singkirkan kecoa dari mobil Anda, dengan melakukan tindakan pemeriksaan, pembasmian, dan pembersihan secara menyeluruh.

Anda dapat memilih menggunakan insektisida yang kuat untuk hasil instan, perangkap, atau insektisida alami agar lebih aman dan nyaman. Yang terpenting, tidak ada lagi kecoa, nimfa, maupun telur kecoa yang berpotensi menimbulkan masalah bagi kesehatan fisik dan jiwa.

Selanjutnya, jaga selalu kerapihan dan kebersihan, agar kecoa tidak kembali menginvasi mobil Anda.

Jaga kesehatan, utamakan keselamatan.