Cara Menghilangkan Kutu Kasur di Badan

Daftarhewan.com. Cara Menghilangkan Kutu Kasur di Badan. Kutu kasur tidak bisa hidup di tubuh atau badan kita. Mereka mungkin lebih suka tinggal di dekat inangnya, bukan di atasnya. Kutu busuk tertarik pada orang-orang yang tetap tidak aktif (misalnya tidur) cukup lama untuk menyediakan makanan darah.

Sesuai penelitian, mereka mungkin tinggal atau bersembunyi sejauh 1-3 meter untuk bersiap menghisap darah. Setelah makan darah selesai, kutu busuk biasanya mundur ke tempat persembunyiannya untuk mencerna darah.

kutu kasur di badan, cara menghilangkan kutu kasur di badan, bentol kutu kasur, kutu kasur gatal, apa itu kutu kasur, kutu kasur menyebabkan, kutu kasur bahaya, kutu kasur basmi

Menghilangkan Kutu Kasur di Badan

Kutu busuk tidak memiliki bentuk tubuh dan kaki yang dibutuhkan untuk memanjat, dan mereka secara alami lebih suka hidup di sekitar inangnya, bukan di kulit atau bagian lain, meskipun terkadang tersangkut pada baju atau pakaian yang dipakai ketika tidur lalu tetap menempel, bahkan bisa menghisap darah Anda ketika tetap memakai baju tersebut.

Jika menempel di baju yang dipakai di badan, cara menghilangkan kutu kasur di badan tersebut cukup mencuci dengan mesin cuci, lalu gunakan pengering yang memiliki daya panas, otomatis busuk itu akan terlepas. Atau gunakan setrika listrik untuk membantu membunuh kutu busuk. Selain itu Anda pun perlu mandi untuk membersihkan barang kali ada kutu busuk tersangkut di badan.

Mereka lebih suka area kulit yang terbuka untuk diberi makan daripada hidup di atasnya. Setelah kutu busuk makan, ia membengkak menjadi balon merah hingga hampir tiga kali ukuran normalnya; karenanya, kutu busuk tidak dapat bertahan hidup di tubuh manusia atau hidup diam-diam saat membengkak hingga tingkat itu.

Baca Juga:   Gigitan Kutu Kasur yang Menjengkelkan

1. Di Mana Kutu Busuk Bersembunyi?

Kutu busuk biasanya hidup di celah dan celah tempat tidur. Ketika mereka merasakan bahwa seseorang sedang tidur, mereka bergerak ke arah mereka dan memakan darah mereka. Kutu busuk juga dapat ditemukan di sofa, kasur, kursi, seprai, selimut, koper, kotak kardus, area yang berantakan, dan barang-barang furnitur serupa lainnya.

2. Bagaimana Kutu Busuk Bertahan Hidup?

Kutu busuk adalah serangga penghisap darah. Mereka biasanya hidup dari darah makhluk lain untuk kelangsungan hidup dan berkembang biak mereka. Kutu busuk biasanya memakan manusia dan inang berdarah panas lainnya untuk bertahan hidup dan bereproduksi.

Mereka menemukan inang dengan mendeteksi karbon dioksida yang dipancarkan dari orang atau hewan berdarah panas dan merespons kehangatan/kelembaban. Untuk memberi makan, mereka menembus kulit inang dan menyuntikkan cairan ludah yang mengandung antikoagulan untuk membantu mereka mendapatkan darah.

3. Apakah Kutu Busuk Menyebabkan Masalah Kesehatan?

Bahkan tanpa penularan penyakit, kutu busuk diketahui mempengaruhi kesehatan dengan cara yang bisa menjadi serius. Beberapa masalah kesehatan umum akibat kutu busuk meliputi:

Kehilangan darah: Banyak gigitan dari waktu ke waktu dapat menyebabkan kehilangan darah yang signifikan dan potensi anemia. Bergantung pada stadium kutu busuk, mereka mungkin makan hanya selama 3 menit atau selama 10-15 menit. Mereka lebih suka makan di malam hari di area terbuka seperti tangan, leher, lengan, dan wajah.

Pemberian makan yang berlebihan telah diketahui menyebabkan kehilangan darah yang signifikan dan akhirnya menyebabkan anemia dan komplikasi lain, terutama pada anak-anak.

Reaksi alergi: Sesuai penelitian, 70% orang mungkin memiliki reaksi alergi kutu busuk, yang terkadang dapat menyebabkan situasi yang mengancam jiwa. Alergi terhadap kotoran dan sisa-sisanya dapat menyebabkan serangan asma pada orang yang rentan. Alergi pada gigitan, yang disebabkan oleh air liur kutu busuk, dapat memicu gatal-gatal, ruam, gatal, dan rasa terbakar.

Baca Juga:   7 Serangga Sebagai Hewan Peliharaan

Infeksi: Gigitan kutu busuk bisa sangat gatal, menyebabkan dorongan kuat untuk menggaruknya sampai gatal hilang. Beberapa pasien mengalami reaksi sistemik yang parah termasuk kesulitan bernapas, infeksi parah, dan kesulitan bernapas.

Karena kutu busuk sering menggigit di tengah malam saat tidur, orang menggaruknya, menyebabkan luka daging di pagi hari. Luka terbuka kecil akibat garukan terus menerus dapat menyebabkan infeksi kuman dan bakteri jika tidak ditangani. Jaringan parut dapat terjadi dan bertahan selama berbulan-bulan atau lebih lama.

Efek emosional dan psikologis: Beberapa orang diketahui merespons infestasi kutu busuk dengan insomnia, ketakutan, stres, kecemasan, dan bahkan paranoia. Terkadang, mereka menjadi terlalu tertekan untuk tidur karena takut digigit, dan kurang tidur terkadang dapat memicu depresi dan kecemasan emosional.

4. Cara Mengobati Gigitan Kutu Busuk?

  • Kutu busuk dapat dirawat di rumah; namun, dalam kasus yang parah, mungkin perlu perhatian medis segera:
  • Situs gigitan harus dicuci dengan sabun dan air.
  • Krim anti-gatal steroid harus dioleskan yang mengandung hidrokortison atau kortison.
  • Losion kalamin dapat mengeringkan ruam.
  • Antihistamin oral atau tablet alergi dapat mengontrol pembengkakan dan ruam yang disebabkan oleh gigitan.
  • Anestesi topikal yang mengandung pramoxine untuk menghilangkan rasa sakit dan diphenhydramine untuk mengontrol gatal dapat digunakan.
  • Pereda nyeri yang mengandung ibuprofen atau naproxen juga dapat digunakan.
  • Jika luka memiliki nanah, aplikasi topikal agen antipruritic seperti paroxime, doxepin, atau kortikosteroid seperti triamcinolone dapat membantu.
  • Situs yang tampaknya terinfeksi sekunder dapat mengambil manfaat dari mupirocin topikal atau antibiotik sistemik yang sesuai.
  • Reaksi alergi sistemik terhadap gigitan kutu busuk dapat diobati dengan epinefrin intramuskular, diikuti dengan antihistamin dan kortikosteroid bila perlu. 

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Kutu Kasur di Badan

Gigitan kutu busuk dapat bervariasi dalam tingkat keparahan; sementara beberapa gigitan tidak terlihat, yang lain dapat membuat bagian tubuh membengkak, memerah atau bahkan terinfeksi. Kutu busuk aktif pada malam hari dan menargetkan area tubuh yang umumnya terbuka.

Baca Juga:   Kupu Kupu Terbesar, Tercepat dan Tertinggi

Saat digigit kutu busuk, pertama-tama Anda harus mencuci area tersebut dengan sabun antiseptik dan air, lalu mengikutinya dengan pengobatan rumahan yang efektif berikut ini:

1. Garam

cara menghilangkan kutu busuk dengan garam, cara menghilangkan kutu kasur dengan garam, garam kutu kasur, cara membasmi kutu kasur dengan garam, menghilangkan kutu kasur dengan garam, air garam untuk kutu kasur, air garam kutu kasur

Agen antibakteri alami ini membantu menyembuhkan ruam dan peradangan yang disebabkan karena gigitan kutu busuk.

Menggosok beberapa garam kristal pada daerah yang terkena juga memberikan bantuan cepat dari rasa sakit dan sensasi pelit. Ikuti metode ini tiga kali sehari untuk hasil yang lebih baik. Baca Juga : Cara Menghilangkan Kutu Busuk Dengan Garam

2. Kulit Pisang

Kulit buah ini mengandung senyawa bioaktif seperti karotenoid, polifenol, dll yang diketahui memiliki sifat terapeutik. Menggosok bagian dalam kulit di atas area yang terkena akan membantu meringankan rasa pelit dan gatal. Ikuti ini sebanyak mungkin sepanjang hari.

3. Kayu Manis dan Madu

Sementara kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi, madu membantu melembabkan kulit. Ketika dicampur bersama, mereka dapat digunakan untuk menyembuhkan gigitan kutu busuk, mengurangi kemungkinan infeksi atau luka. Campur dua-tiga sendok makan bubuk kayu manis dan beberapa tetes madu untuk membentuk pasta halus. Oleskan ini dan biarkan kering sebelum dicuci. Ulangi proses ini setiap tiga-empat jam.

4. Pasta Gigi

Menthol hadir dalam pasta gigi bertindak sebagai agen pendingin, yang membantu mengurangi rasa gatal dan iritasi yang disebabkan karena gigitan. Oleskan sedikit pasta gigi putih pada area yang terkena dan cuci setelah 10 menit dengan air dingin. Ulangi prosesnya tiga-empat kali sehari.

5. Obat Kumur

Obat kumur mengandung etanol, yang memiliki sifat antiseptik, dan alkohol, yang bertindak sebagai disinfektan yang baik. Rendam bola kapas di obat kumur dan oleskan dengan lembut pada gigitan. Lakukan ini secara teratur untuk bantuan segera.

error: