Home » Kucing » Cara Menghilangkan Kutu Kucing di Rumah Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Kutu Kucing di Rumah Dengan Cepat

daftarhewan.com. Kucing merupakan salah jenis binatang yang dijadikan peliharaan. Binatang ini termasuk binatang jinak yang bisa diperoleh dengan mudah. Ada kucing kampung yang terdapat di sekitar lingungan atau juga kucing dengan ras tertentu yang bisa diperoleh dengan membeli dari toko hewan peliharaan (pet shop). Hanya perlu diingat, jika sudah berniat untuk memelihara kucing, peliharalah dengan baik.

cara menghilangkan kutu kucing di lantai rumah, cara menghilangkan kutu kucing bayi, cara menghilangkan kutu kucing baru lahir, cara menghilangkan kutu kucing beserta telurnya, cara menghilangkan kutu kucing bahan alami, cara menghilangkan kutu bulu kucing, cara menghilangkan kutu kucing di badan manusia, cara menghilangkan kutu kucing dengan bahan alami, bagaimana cara menghilangkan kutu kucing, bagaimana cara menghilangkan kutu kucing di rumah, bagaimana cara membasmi kutu kucing, bagaimana cara membasmi kutu kucing di rumah, bagaimana cara menghilangkan kutu pada kucing

Kucing yang terpelihara dengan baik tentu akan menyenangkan untuk diajak bermain. Tapi, jika kucingnya uring-uringan, bukannya menggemaskan, kucing bisa jadi sangat menyebalkan. Jika sduah seperti, ada baiknya segera periksa kucing peliharaan Anda. Bisa jadi kucing Anda terkena kutu. Jangan sepelekan kutu ini karena kutu binatang seperti kutu di tubuh kucing bisa berbahaya, bukan hanya bagi binatang tersebut akan tetapi bagi pemilik kucing itu sendiri.

Penyebab Kucing Kutuan

Kutu yang ada di tubuh kucing tidak muncul begitu saja. ada beberapa penyebab tertentu hingga akhirnya kucing bisa sampai punya kutu. Mengetahui penyebab adanya kutu di tubuh kucing bisa membantu untuk mengetahui cara menghilangkan kutu kucing tersebut. Berikut adalah beberapa penyebab kucing bisa mendapatkan kutu.

a. Melaui Perantara Manusia

Jangan dikira, sebagai pemilik dari kucing, Anda tidak bisa menjadi perantara dari kutu yang hinggap di kucing kesayangan. Manusia bisa menjadi perantara atau alat penyebaran kutu hewan. Kasus melalui perantara manusia ini memang jarang terjadi tapi bukan berarti itu tidak mungkin terjadi. Oleh sebab itu, ketika ingin bermain dengan kucing kesayangan, pastikan terlebih dahulu tubuh sudah bersih kembali. Jika sudah dari luar ada baiknya untuk berganti pakaian dan mencuci tangan.

Baca Juga:   Penyakit Kucing Buang Air Besar Berdarah

b. Hewan Pengerat

Kucing suka memburu tikus sebagai salah satu santapannya. Akan tetapi, tikus ternyata bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan kucing. Selain kutu, tikus juga bisa dengan mudah menularkan penyakit. Oleh karena itu, jika sudah mulai ada tanda-tanda banyak tikus di rumah maka segera basmi tikus tersebut sebelum menularkan kutu dan penyakit terhadap kucing kesayangan.

c. Kunjungan ke Dokter Hewan

Biasanya, kucing peliharaan dibawa ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan. Tapi sayangnya, setelah kunjungan tersebut kucing tersebut malah jadi berkutu. Kucing bisa saja tertular kutu dari kucing lain yang sedang dirawat di dokter tersebut  atau dari kucing lain yang sedang menunggu antrian untuk perawatan. Oleh karena itu, Anda tidak bisa mengandalkan perawatan dari dokter saja. Bantu perawatan dengan cara menghilangkan kutu kucing dengan ampuh dan cepat menggunakan metode sendiri.

 cara menghilangkan kutu kucing di rumah, cara menghilangkan kutu kucing secara alami, cara menghilangkan kutu kucing di kamar, cara menghilangkan kutu kucing di kasur, cara menghilangkan kutu kucing dengan garam, cara menghilangkan kutu kucing pada anak kucing, cara menghilangkan kutu kucing pada manusia, cara menghilangkan kutu kucing umur 1 bulan, cara menghilangkan kutu kucing alami, cara menghilangkan kutu kucing ampuh, cara menghilangkan kutu kucing anakan, cara menghilangkan kutu kucing anak, cara menghilangkan kutu anak kucing baru lahir

Cara Menghilangkan Kutu Kucing di Rumah dengan Ampuh dan Cepat

Ada banyak cara yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu mengatasi kutu yang mulai menggerayangi tubuh kucing kesayangan. Semua cara berikut ini bisa dengan mudah dilakukan sendiri tanpa bantuan dari dokter atau ahli hewan.

1. Shampo Khusus

Salah satu cara menghilangkan atau mengusir kutu yang ada di tubuh kucing adalah dengan menjaga kebersihannya. Jaga kebersihan kucing dengan cara memandikannya menggunakan shampo khusus untuk kucing. Dengan menggunakan shampo khusus ini, kucing bukan hanya jadi bersih tapi juga wangi. Mandikan kucing setidaknya seminggu sekali supaya tetap terjaga kebersihannya. Jangan mandikan terlalu sering karena itu justru akan jelek bagi bulu dan tubuh kucing itu sendiri.

Baca Juga:   Daftar Nama Kucing Korea yang Lucu

2. Obat Kutu

Cara meghilangkan kutu kucing sama dengan cara menghilangkan kutu pada diri manusia, yaitu dengan menggunakan obat khusus untuk mengusir kutu. Menggunakan obat kutu ini bisa dikatakan cara yang sangat cepat dalam mengatasi kutu yang menjangkit pada kucing. Gunakan sesuai aturan pemakaian dan pastikan juga Anda tepat dalam menggunakannya. Jika salah cara penggunaan bisa jadi keadaan kucing malah lebih buruk.

3. Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Minyak Telon

Siapa bilang minyak telon hanya khusus digunakan untuk manusia, terutama bayi dan anak-anak. Minyak yang memiliki aroma khas ini ternyata bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk membasmi kutu yang ada pada kucing. Minyak telon ini hanya perlu dioleskan ke bagian tubuh kucing yang banyak dihuni oleh kutu, tidak perlu ke seluruh bagian tubuh karena bisa dijilat oleh kucing itu sendiri. Oleskan secukupnya saja, tidak usah terlalu banyak.

4. Sisir Bulu Kucing

cara menghilangkan kutu kucing di rumah, cara menghilangkan kutu kucing secara alami, cara menghilangkan kutu kucing di kamar, cara menghilangkan kutu kucing di kasur, cara menghilangkan kutu kucing dengan garam, cara menghilangkan kutu kucing pada anak kucing

Supaya kutu cepat menyingkir dan tidak betah berlama-lama diam di antara bulu-bulu kucing, sisir bulu kucing menggunakan sisir atau sikat bulu yang tepat. Lakukan penyisiran bulu ini secara rutin dan lebih baik dilakukan setelah kucing dimandikan. Sisir setiap bagian bulu kucing secara merata supaya tidak ada kutu yang tersisa di tubuh kucing.

5. Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Lidah Buaya

Lidah buaya biasanya dijadikan sebagai perawatan rambut pada manusia. Tapi ternyata, lidah buaya juga bisa digunakan untuk perawatan bulu dan tubuh kucing yang terkena kutu. Cara menghilangkan kutu kucing menggunakan lidah buaya ini adalah dengan menjadikannya sebagai semprotan. Buat jus dari lidah buaya yang dicampur dengan sedikit cabe rawit. Saring jus tersebut hingga tidak ada ampas lalu masukkan ke dalam semprotan.

Baca Juga:   Bikin Gemas! Deretan Nama Kucing ala Korea yang Lucu

6. Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Cuka

Selain menggunakan semprotan jus lidah buaya, Anda juga bisa mengusir kutu-kutu yang membandel dengan semprotan air cuka. Tapi, jangan gunakan 100% air cuka melainkan dicampur lagi dengan air biasa. Perbandingannya adalah 50 : 50. Hangatkan sebentar campuran tersebut setelah itu baru gunakan kepada kucing yang terkena kutu setelah air cuka mendingin.

7. Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Menggunakan Lemon

Di samping lidah buaya, bahan alami lain yang bisa digunakan untuk dijadikan semprotan pembasmi kutu pada kucing adalah air lemon. Cara menghilangkan kutu kucing menggunakan semprotan ini sangat mudah, begitu juga cara membuatnya. Potong satu buah lemon menjadi empat bagian. Masukkan potongan tersebut ke dalam air mendidih secukupnya. Diamkan dulu air dan lemon itu semalaman dan baru disaring satu hari kemudian.

8. Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Air Garam

Garam bukan hanya digunakan sebagai bumbu masak di dapur saja. Bumbu  ini bisa juga dijadikan sebagai pembasmi kutu kucing. Bukan hanya kutunya saja yang bisa dibasmi menggunakan garam ini, telur atau larva kutunya pun bisa ikut terbasmi. Untuk menggunakan garam sebagai pengusir kutu hanya perlu mencampurnya dengan air hangat. Setelah itu, rendam atau bilas tubuh kucing menggunakan air garam.

Selain melakukan cara menghilangkan kutu kucing setelah terjangkit, ada baiknya dilakukan juga langkah pencegahan. Salah satu langkah pencegahan ini adalah dengan melakukan vaksin supaya kekebalan tubuh kucing lebih tinggi. Kemudian batasi kucing untuk bermain di luar rumah supaya terhindar dari sumber kutu yang tersebar di berbagai tempat.

error: