Home » Hewan Ternak » Penyebab dan Cara Mengobati Ayam Lumpuh Secara Tradisional

Penyebab dan Cara Mengobati Ayam Lumpuh Secara Tradisional

daftarhewan.com. Ayam merupakan salah satu hewan ternak yang paling banyak diminati. Selain harganya yang murah dibandingkan sapi, kambing, atau hewan lainnya, kebutuhan masyarakat akan ayam pun jauh lebih besar.

Sehingga banyak kita dapati peternakan ayam di sekitar kita. Namun, tak jarang juga orang-orang yang memelihara ayam karena memang hobi, seperti contohnya ayam aduan, terlebih bagi mereka yang gemar melakukan ternak untuk pangan.

cara menyembuhkan anak ayam lumpuh, cara mengatasi anak ayam lumpuh, ayam lumpuh bisa sembuh, cara mengatasi ayam bangkok lumpuh, cara mengatasi ayam broiler lumpuh, cara mengobati ayam broiler lumpuh, cara mengobati ayam bangkok lumpuh kaki, cara mengatasi kaki ayam bangkok lumpuh, cara cepat menyembuhkan ayam lumpuh, cara mengobati kaki ayam lumpuh, cara mengobati ayam lumpuh digigit nyamuk, cara mengobati ayam lumpuh dengan obat tradisional, cara pengobatan ayam lumpuh

Gambar ayam lumpuh

Hanya saja, bagaimana jadinya jika ayam peliharaan Anda tiba-tiba mengalami kelumpuhan? Meskipun ayam memiliki sedikit sekali kecenderungan untuk sakit, namun tidak menutup kemungkinan jika tiba-tiba ayam dalam keadaan lunglai dan tak bisa bergerak. Kelumpuhan pada hewan, khususnya ayam bisa terjadi karena beberapa faktor. Apa sajakah itu?

Penyebab Ayam Mengalami Kelumpuhan

Dengan mengetahui penyebab ayam lumpuh tersebut, maka kita pun bisa menanganinya dengan cara mengobati ayam lumpuh secara tradisional. Maka dari itu, pastikan kembali apa penyebab ayam Anda tidak bisa bergerak agar dapat dilakukan penanganan dengan segera. Namun, perlu diketahui bahwa penanganan pada ayam lumpuh juga harus dilakukan dengan benar dan tepat. Berikut adalah beberapa faktor penyebab kelumpuhan:

1. Terserang Virus / Bakteri

Kemungkinan pertama ayam mengalami cacat gerak atau kelumpuhan ialah karena terserang virus maupun bakteri. Pada penyebab satu ini, bisa diakibatkan karena banyak hal, entah dari makanannya ataupun faktor lingkungan luar.

2. DOC Tidak Unggul

Penyebab atau kemungkinan lainnya adalah karena ayam yang Anda beli merupakan bibit yang yang tidak unggul. DOC (Day Old Chick) atau kualitas bibit yang kurang baik sering kali menyebabkan kelumpuhan pada ayam. Kualitas DOC yang buruk biasanya diakibatkan indukannya yang kurang berkualitas.

Baca Juga:   Jenis dan Bentuk Desain Kandang Ayam Sederhana

3. Mengalami Benturan

Faktor selanjutnya ialah benturan yang terjadi pada ayam. Biasanya jenis benturan ini berbeda-beda penyebabnya, bisa dikarenakan saat proses pengiriman bibit ayam terkena benturan. Maupun juga karena ayam Anda membentur benda keras lainnya, bahkan juga bertengkar atau beradu dengan ayam lain. Jika benturan pada saat proses kirim, memang tidak begitu nampak, namun akan terlihat jika bibit ayam sudah membesar.

Namun, pada kasus benturan benda keras ataupun karena perkelahian, biasanya jenis Ayam Bangkok yang sering beradu. Ketahuilah terlebih dahulu penyebab benturannya agar Anda bisa segera mengatasinya dengan cara mengobati ayam lumpuh secara tradisional. Lihatlah juga apakah ada luka atau tidaknya.

4. Cuaca Buruk Ekstrim

Penyebab satu ini mungkin terlihat aneh atau janggal, namun cuaca yang ekstrim bisa menyebabkan kelumpuhan pada ayam. Contohnya saja apabila terjadi hujan dalam kurun watu terus-menerus, maka bisa saja ayam kedinginan dan lemas. Apalagi otot mereka akan kram ataupun kaku karena lama tidak bisa keluar dari kandang diakibatkan hujan besar.

Penyebab lainnya juga bisa terjadi karena ruang gerak yang terbatas pada ayam. Biasanya hal ini sering terjadi pada ayam di peternakan telur yang ruang geraknya kecil. Namun, kalsium yang kurang pada ayam juga bisa mengakibatkan kelumpuhan secara mendadak. Perhatikan kembali penyebabnya secara baik agar Anda tidak salah menangani. Berikut akan kita bahas cara mengobati ayam lumpuh secara tradisional.

Metode dan Terapi Tradisional Pada Ayam Lumpuh

cara mengobati ayam gejala lumpuh, obat ayam mau lumpuh, cara mengobati ayam bangkok gejala lumpuh, cara mengobati ayam lumpuh habis tarung, cara sembuhkan ayam lumpuh, cara menangani ayam lumpuh, cara mengobati ayam jago lumpuh, cara mengatasi ayam joper lumpuh, cara jitu mengobati ayam lumpuh, cara mengobati ayam lumpuh kaki, cara menyembuhkan ayam lumpuh kaki

Ilustrasi lucu, ayam petelur lumpuh pake troli

Penggunaan metode tradisional sangatlah membantu dalam proses penyembuhan pada ayam. Tidak hanya untuk menangani kelumpuhan saja, tetapi juga beberapa gangguan kesehatan lainnya yang terjadi pada ayam. Cara tradisional ini biasanya digunakan untuk penyebab seperti ayam terluka, kram, dan juga faktor ringan lainnya. Namun, untuk penyakit dalam seperti virus atau bakteri, maka haruslah dengan pengobatan lebih lanjut. Berikut caranya:

Baca Juga:   Hewan Unggas (Fowl): Klasifikasi, Karakteristik, dan Contoh Spesies

1. Memberikan Bawang Merah / Putih

Cara mengobati ayam lumpuh secara tradisional yang pertama ialah dengan memberikan bawang merah ataupun putih. Metode ini diyakini dapat melancarkan peredaran darah pada kaki ayam, selain itu juga bisa mengobati luka dan nyeri pada bagian otor. Cara menggunakannya cukup haluskan bawang tersebut, dan olesi pada bagian kaki atau luka secukupnya saja. Tunggu beberapa saat dan lakukan secara rutin hingga ayam sembuh.

2. Memberi Asupan Gula Merah

Gula merah dapat diberikan kepada ayam sebagai asupan untuk menambah stamina dan juga energi kepada ayam. Biasanya metode ini digunakan pada ayam yang mengalami kelumpuhan karena kram otot atau lemas. Dengan demikian peliharaan Anda bisa kembali mendapatkan kekuatan untuk bergerak kembali. Berikanlah asupan gula merah pada takaran yang tepat, cobalah dengan dosis ringan terlebih dahulu, guna melihat reaksi dari ayam Anda.

3. Memberi Konsumsi Jahe

Jahe juga menjadi cara mengobati ayam lumpuh secara tradisional yang bisa dikatakan sangat manjur. Jahe sendiri memiliki khasiat yang baik pada tubuh manusia, ternyata pada ayam pun demikian. Zat-zat yang ada pada tumbuhan tradisional ini mampu mengobati peradangan serta pembengkakan. Berikanlah konsumsi jahe untuk ayam dengan rutin untuk mengobati kelumpuhan tersebut.

4. Memijat Kaki Ayam

Cara atau metode selanjutnya ialah dengan memberikan pijatan pada ayam. Lakukanlah pemijatan dengan minyak kayu putih agar kram ataupun kaku pada kaki. Bisa juga metode ini digunakan apabila ayam mengalami benturan dan terkilir. Pijatlah dengan perlahan-lahan dan secara rutin agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Ayam pun bisa kembali bergerak bebas dan terbebas dari kelumpuhan atau sulit gerak.

Baca Juga:   Daftar Ayam Hias Termahal yang Harus Anda Ketahui, Apa Saja?

5. Melatih Ayam Bergerak

Untuk beberapa kasus kelumpuhan yang terjadi pada ayam, seringkali diakibatkan karena kurangnya gerak. Sehingga otot pada ayam menjadi lemas dan sulit untuk digerakkan. Karena itulah cara mengobati ayam lumpuh secara tradisional yang sederhana ialah dengan melatih ayam Anda untuk bergerak. Biasakanlah ayam untuk berjalan, contohnya menaburkan makanan agar ayam mengambilnya dan menggerakan kaki.

Selain cara di atas ini, Anda juga bisa memberikan kehangatan pada kandang ayam, seperti memasang lampu atau lainnya. Metode ini bisa membuat ayam jadi lebih rileks dan juga hangat, sehingga tenaga pun muncul dan ayam bisa kembali bergerak seperti semula. Namun, pada ayam-ayam dengan kelumpuhan hingga lemah, maka usahakan untuk tidak menjemur atau memandikannya. Hal ini ditujukan agar ayam bisa cepat kembali normal dengan suhu yang tetap.

Berikanlah asupan seperti vitamin dan juga makanan yang baik agar ayam bisa terhindar dari kelumpuhan serta penyakit sejenis lainnya. Cek selalu kesehatan ayam Anda agar tidak mudah terserang penyakit. Jika mulai terjadi gejala, maka periksa dan gunakanlah cara mengobati ayam lumpuh secara tradisional di atas ini. Dengan demikian kelumpuhan bisa diatasi dengan cepat dan baik sebelum terlambat.

Itulah beberapa cara mengobati ayam lumpuh secara tradisional. Semoga cara-cara ini bisa membantu kepanikan dan kebingungan Anda jika ayam yang dimiliki terjadi kelumpuhan. Segera lihat gejalanya dan praktekkan metode ini pada ayam lumpuh Anda di rumah, ya!

error: