Cara Mengobati Ayam Ngorok Tak Kunjung Sembuh

Posted on

daftarhewan.com. Cara mengobati ayam ngorok. Untuk kamu beberapa pemilik ayam, atau peternak ayam? Tentu cukup ingat serta akrab dengan penyakit ini: Ayam Ngorok atau bahasa kerennya CRD (Chcronic Respiratory Disease).

ayam ngorok, cara mengobati ayam ngorok, ayam ngorok tak kunjung sembuh, mengobati ayam ngorok, antibiotik untuk ayam ngorok, ayam ngorok setelah di adu, amoxicillin untuk ayam ngorok, ayam ngorok dikasih minum, apa penyebab ayam ngorok, ayam ngorok tapi sehat, ayam bangkok ngorok, ayam ngorok dan pilek, ayam flu dan ngorok, ayam bangkok ngorok tak kunjung sembuh, mengobati ayam ngorok yang membandel

I. Penyebab Ayam Ngorok

Juga dikenal sebagai flu atau pilek pada ayam, di mana mekanisme pernapasan ayam terusik atau mampet, hingga memunculkan suara saat sang ayam bernafas. Bagaimana prosesnya?

Saat ayam bernapas, udara akan masuk lewat rongga hidung dan bulu-bulu getar (silia) yang ada di rongga hidung akan memfilter partikel debu atau bibit penyakit yang turut tercampur serta terbawa pada udara. Dalam hal tertentu bisa jadi karena telah di adu.

Tetapi bulu-bulu getar atau silia ini cuma sanggup meredam partikel yang mempunyai ukuran 3,7 -7 mikron, dan ukuran bakteri pemicu CRD yakni Mycoplasma Galisecticum ukuran cuman 0,25 – 0,5 mikron.

Jadi bakteri ini secara mudah masuk melalui silia dan sampai ke trakea, bronkus, bronkiolus yang tidak mempunyai silia untuk memfilter. Tetapi tidak langsung ayam menjadi sakit, antibody ayam yang seterusnya akan berperanan pada bibit penyakit yang masuk.

Baca Juga:   10 Cara Menjadikan Ayam Bangkok Aduan Super Istimewa

Karena itu sangat penting menjaga kebersihan kandang supaya udara yang ada dikandang berkualitas dan bersih. Pengaturan lantai kandang (litter), kepadatan ayam, temperatur dan kelembapan dan sirkulasi kandang sebaiknya baik karena bisa memengaruhi kualitas udaranya.

Bukan mustahil, udara polusi bercampur debu bisa memberatkan aliran pernafasan atas hingga mengakibatkan kerusakan dan cedera.  Memiliki pengaruh pada ketahanan badan sang ayam, hingga membuat susah melawan bibit penyakit ayam yang masuk. Baca Juga : Cara Mengobati Ayam Lumpuh

Ayam yang terserang penyakit ngorok, disamping bisa di dengar dari bunyi napasnya yang ngorok dan pilek. Ayam yang terserang CRD pun tidak selera makan, lemas, pucat, keluar lendir dari mulut, mata dan hidung.

Ayam demam, diikuti dengan bulu-bulunya yang mengembang dan badan meringkuk. Pencernaannya jadi buruk, saat kita memberi makanan berupa beras kotorannya juga masih utuh beras.

II. Cara Mengobati Ayam Ngorok Secara Alami

Nah.. jika demikian apa yang bisa kita kerjakan pada sang ayam yang malang itu? atau Anda mempunyai ayam ngorok tak kunjung sembuh. Ada banyak obat yang telah diupayakan dan dipercaya dapat mengobati sang ayam. Apa saja itu?

1. Bawang Putih

Obat tradisional dalam cara mengobati ayam ngorok yang satu ini telah banyak dikenali karena kekuatannya dalam menurunkan permasalahan pernafasan yang dialami oleh ayam.

Langkah pemakaian: pertama parutlah bawang putih, diambil sarinya lalu campur dengan sedikit air hangat, selanjutnya minumkan pada ayam yang sakit.

Kerjakan 2x satu hari, sore dan pagi hari. Bawang putih dipakai karena memiliki kandungan zat aktif yang memiliki sifat anti bakteri dan anti radang (anti inflamasi).

Zat anti bakteri pada bawang putih akan membantu untuk menghancurkan bakteri penyakit yang ada di aliran pernafasan, dan anti radang (anti inflamasi) akan menolong untuk menyingkirkan lendir karena infeksi.

Selainnya bisa dipakai untuk menyembuhkan ngorok, bawang putih dapat dipakai untuk obat cacing dan obat untuk meningkatkan nafsu makan pada ayam.

2. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh atau yang kerap disebutkan dengan belimbing sayur, buah yang mempunyai rasa asam ini rupanya dipercaya untuk menyembuhkan ayam ngorok.

Langkah pengerjaannya: Ayam yang sakit tenggorokannya dibersihkan terlebih dulu dengan memakai air hangat sampai betul – betul bersih. Lantas selanjutnya mengambil 1 biji belimbing wuluh yang telah kita potong sehingga kira-kira masuk ke tenggorokan ayam, langsung kita beri pada ayam.

Baca Juga:   12 Jenis Ayam Pheasant, Gambar dan Harganya

Belimbing wuluh ini cukup kita beri 1 kali satu hari, tiap pagi hari saja dan diulang sekitar 2 – tiga hari atau sampai sang ayam pulih.

3. Buah Mengkudu

Kita bisa juga memakai buah mengkudu, tetapi seharusnya pilih buah mengkudu yang telah masak atau disebut dengan pace.

Langkah pemakaiannya: ambil buah mengkudu atau pace yang telah masak lalu dibuat bersih dan iris seukur jemari, lalu langsung lolohkan potongan buah pada ayam.

Pemberian buah pace ini cukup 1 kali satu hari saja, dapat pada pagi hari atau sore harinya. Ketika akan diberi buah pace, seharusnya ayam tidak boleh diberi makan terlebih dahulu.

4. Daun Sirih

Daun sirih adalah obat alami yang paling akrab di kelompok pecinta ayam, yang dipakai untuk mengobati penyakit ayam ngorok.

Langkah pemakaiannya: ambil dan rebus 3 – 7 lembar daun sirih, lebih baik lagi bila daun sirih yang dipakai ialah daun sirih merah.

Rebus dengan satu gelas air bersih selanjutnya air rebusan daun sirih disaring dan digabung bersama air perasan 1 biji jeruk nipis.

Selanjutnya diberikan pada ayam yang sakit, 2x satu hari, sore dan pagi hari. Terus diberikan teratur sampai sang ayam betul – betul pulih.

5. Buah Buni

cara mengobati ayam ngorok, ayam ngorok tak kunjung sembuh, cara mengobati ayam ngorok dan pilek, mengobati ayam ngorok, cara mengobati ayam snot dan ngorok, cara mengobati ayam bangkok ngorok dan pilek, cara mengatasi ayam ngorok parah, cara mengobati ayam ngorok dan bersin

Beberapa pecinta ayam di wilayah Pantai Utara Jawa kerap memakai getehan untuk menyembuhkan ayam mereka yang terserang penyakit ngorok.

Buah buni yang disebut juga buah getehan atau buah huni ini ialah semacam tanaman perdu yang tumbuh di semak ilalang, tanaman ini dikenali sebagai obat alami yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit ngorok pada ayam.

Alasannya karena saat kita memberikan sore hari, esok harinya sang ayam langsung bisa pulih, benar-benar baik dan cepat kan? Memang, tetapi tanaman getehan ini cukup susah diketemukan, sehingga kita tidak dapat terlampau mengandalkannya.

Bagian tanaman getehan yang dijadikan obat ialah buahnya, saat buahnya telah masak akan mempunyai warna merah dan daunnya lebar.

Baca Juga:   13 Vitamin Agar Ayam Cepat Bertelur, Berproduksi Tinggi!

Tumbuklah buah yang telah masak lalu diambil sarinya dan minumkan pada ayam yang sakit. Bila tidak langsung pulih esok paginya, ulang pemberiannya tiap 1 kali satu hari saat sore atau malam hari.

6. Jeruk Nipis

Pakailah jeruk nipis yang di tambah dengan kecap manis, seperti saat kita batuk dan pilek kita juga kerap disarankan untuk meminumnya kan? Coba resep tradisional ini pada ayam kesukaan kita.

Langkah pemakaiannya: peras jeruk nipis, di ambil air perasannya sekitar 1 sendok teh, lalu tambah kecap manis seperlunya dan langsung bisa kita minumkan pada sang ayam.

Kita dapat teratur memberikannya pada sang ayam tiap pagi hari, 2 – tiga hari atau sampai ayam sembuh.

7. Obat Ayam Ngorok

Untuk kamu yang tidak mau repot untuk mengolah – racik ramuan alami tradisional, cenderung memutuskan langkah yang sederhana. Kamu dapat membeli di toko, obat anti ngorok untuk ayam.

Umumnya kamu akan diberikan obat oral berbentuk mycomas atau Tetra-Chlor dan ada pula yang di campurkan di air yakni bacytracyn.

ayam bangkok ngorok tak kunjung sembuh, mengobati ayam ngorok yang membandel, cara mengobati ayam ngorok, ayam ngorok tak kunjung sembuh, cara mengobati ayam ngorok dan pilek, mengobati ayam ngorok, cara mengobati ayam snot dan ngorok, cara mengobati ayam bangkok ngorok dan pilek, cara mengatasi ayam ngorok parah, cara mengobati ayam ngorok dan bersin

Tetapi untuk beberapa peternak ayam komersial, mereka cenderung menunjuk serbuk anti mikroba yang bisa dicampurkan di air kemudain disemprot ke seluruh area kandang.

Umumnya mereka memakai merk PronTech, yang ramah lingkungan karena tidak berwarna dan berbau.

Ada pula loh yang coba – coba bereksperimen sederhana pada ayamnya dengan memberi obat apotik seperti Bodrex Flu dan Batuk 1 butir setiap harinya, hasilnya ayamnya mulai sembuh.

Yah, banyak anjuran dan obat yang dapat kamu tentukan untuk ayam peliharaan yang sakit CRD. Tetapi ingat ya gaes, mencegah masih tetaplah lebih bagus dari mengobati.

Baca Juga:   Apakah Ayam Sakit Boleh Dikonsumsi atau Dimakan?

Jaga selalu kebersihan kandang janganlah sampai biarkan kandang ayam sarat dengan kotoran ayam yang menimbun, hingga mengeluarkan uap ataupun gas Amonia dari hasil pembusukkan yang bakal terisap oleh unggas.

Mengakibatkan turunnya kekebalan atau ketahanan tubuh yang mempermudah terkena penyakit.