Home » Ikan Koki » Berikut, Cara Mengobati Penyakit Mas Koki

Berikut, Cara Mengobati Penyakit Mas Koki

daftarhewan.com. Ikan biasa yang mempunyai jenis unik. Ikan Mas Koki adalah jenis ikan yang cocok untuk dijadikan sebagai ikan hias di dalam akuarium ruang keluarga. Memelihara ikan koki tidak perlu mengganti air terlalu sering. Untuk mengantisipasi agar air tidak kotor yaitu jangan memberikan pellet—makanan ikan—terlalu banyak.

Berikan secukupnya untuk beberapa ikan koki dalam satu tempat. Jangan lupa untuk mempercantik tampilan isi aquarium agar tidak bosan menatapnya. Bisa berikan batu karang, rumput laut, kerang-kerangan, bintang, dan hewan laut lainnya.

ikan mas koki sakit, ciri ikan koki sakit, ikan mas koki sakit apa, cara mengobati ikan koki sakit, cara mengatasi ikan koki sakit, ciri2 ikan mas koki sakit, cara menyembuhkan ikan koki sakit, cara mengobati ikan mas koki sakit, ph ikan koki, ph ikan mas koki, mengatasi ikan koki sakit, obat ikan mas koki sakit, perawatan ikan mas koki sakit, ikan koki sekarat

Ikan mas koki sakit – via imgur.com

Penyakit Ikan Mas Koki

Untuk pengoleksi ikan hias, kamu pastinya cukup paham cara mengobati penyakit Mas Koki. Tapi, apakah kamu pernah menemukan penyakit pada sisik ikan? Banyak yang mendapatkan efek samping jika pada sisik ikan mempunyai sebuah penyakit. Untuk mengetahui dan mengatasi, kenalilah hal-hal di bawah ini:

Penyakit sisik ikan koki atau sisik nanas (dropsy) memiliki gejala saat ginjal ikan koki tidak berfungsi dengan normal dan membuat komplikasi penyimpanan cairan air sampai membengkak. Untuk tahapan penyakit yang sudah kronis, sisik ikan koki menonjol di luar hingga memberikan rasa sakit sampai ikan tidak bisa bertahan hidup terlalu lama lagi.

Kalau kamu mengdiagnosis penyakit sisik nanas ini sejak awal, ikan bisa diobati dan berkembang biak lagi. Mengobati penyakit Mas Koki secara bertahap akan ditemukannya pemicu penyakitnya. Bagaimana cara mendiagnosisnya? Berikut bagian-bagian penjelasannya!

Cara Mengobati Penyakit Ikan

Bagian Satu : Diagnosis Penyakit Awal

Karena komplikasi penyimpanan cairan yang membengkak, langkah awal yaitu perhatikan apakah perut Mas Koki kembung atau kempis. Gejala pertama yang harus kamu cari sebelum mendiagnosis penyakit-penyakit lainnya.

Baca Juga:   12 Jenis Ikan Mas Koki Keren dan Tips Perawatannya

Jangan lupa untuk perhatikan perkembangan ukuran tubuh ikan yang berbeda, seperti warna sisik, bentuk sisik, besaran sisik, bentuk tubuh, dan yang lainnya. Jika kamu bisa menerapkan cara mengobati penyakit Mas Koki dengan benar, buatlah diagnosis sendiri sebelum memberikannya kepada seseorang yang ahli dalam kesehatan hewan.

Bagian Dua : Perhatikan Mata Ikan

Untuk perubahan secara signifikan yang tampak sekali dilihat terletak pada perubahan mata yang semakin bulat dan keluar. Selain komplikasi yang terjadi pada tubuh ikan, menumpuknya cairan juga berlari ke arah kepala ikan. Saat sudah mengeluarkan gejalanya terletak ada mata ikan yang menjadi tempat penumpukan, lebih tepatnya di bagian bawah mata.

Bagian Tiga : Sisik yang Mengembung

Bagian ketiga yang terlihat berbeda adalah sisik ikan yang mencolok seperti biji cemara. Ini adalah gejala yang umum setelah penumpukan cairan yang sudah menyebar ke seluruh bagian tubuh. Jika sisik ikan sudah menggembung, biasanya Mas Koki tidak bisa diobati lagi. Tapi, carilah cara mengobati penyakit Mas Koki untuk mencari pemicunya—untuk mencegah kejadian sama pada ikan lain.

Cara Mengobati Gejala Penyakit

Penyakit sisik ini dan pemicu yang terjadi tidak akan menular jika ada beberapa ikan dalam satu wadah. Karena kondisi ikan yang perlu mengembalikan diri seperti semula. Kamu bisa memindahkan ikan ke akuarium yang sana besarnya tanpa memberikan ikan lain untuk menjaga kekebalan tubuh Mas Koki.

  • Menjaga Akuarium

Selanjutnya, cara mengobati penyakit Mas Koki dengan tidak membiarkan ikan lama adaptasinya. Jaga keseimbangan air akuarium yang sama dengan tempat lamanya agar ikan mudah menerima lingkungan baru. Ini dibilang cukup efektif mengingat penyembuhan ikan yang terkontaminasi akan lama.

Baca Juga:   Jenis Ikan Komet Beserta Gambar dan Harganya

Setelah menjaga kestabilan air ikan, jangan lupa untuk mengganti airnya sebanyak 3 hari sekali dan berikan garam baru. Hal ini cepat untuk memulihkan ikan seperti sedih kala.

  • Menjaga Suhu Air

Cara mengobati penyakit Mas Koki paling berpengaruh dengan menjaga suhu air akuarium ikan. Biasanya suhu ideal untuk ikan koki adalah 27 derajat. Jangan biarkan lebih tinggi dari ini untuk mencegah pengembangan penyakit ikan. Cara menaikan suhu juga tidak sembarangan, kamu harus menaikan suhu 2 derajat setiap jam sampai bersuhu 27 derajat.

  • Gunakanlah Garam Epsom

Caranya cukup mudah, kamu hanya tambahkan garam sebanyak 1 sendok teh untuk 3,8 perliter air. Jangan menambahkan terlalu banyak garam untuk menjaga salinitas agar tidak melonjak tinggi sampai ginjal ikan bekerja keras.

Ginjal berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh ikan dilihat dari penyesuaian kadar garam di dalam air akuarium. Jika sudah parah yang menyebabkan gagal ginjal, garam akan mengendap di tubuh ikan, satu-satunya cara mengobati penyakit Mas Koki yaitu menjaga kestabilan kondisi ikan dengan menggunakan garam epsom.

Cara Menyembuhkan Penyakit Ikan

  • Mengetahui Penyebabnya

Untuk mencegah penularan yang terjadi, perlukan kamu mengetahui penyebab dan jenis penyakit sisik agar membuat penawarnya dengan mudah. Penyakit sisik ikan disebabkan adanya infeksi bakteri, racun, parasit, kekembungan, dan kelainan ginjal. Penyebab ikan koki kembung adalah antara infeksi bakteri atau parasit yang masih bisa di atasi.

  • Menangani Semua Jenis Bakteri

Cara mengobati penyakit Mas Koki dengan mudah yaitu tidak memilih ingin menyembuhkan jenis bakteri mana dulu. Ada obat khusus ikan dengan antibiotik yang disediakan untuk menangani infeksi bakteri adalah obat Kanaplex dan obat Kanamycin. Kamu harus mencoba satu persatu obatnya yang berfungsi untuk membunuh bakteri-bakteri yang ada dan mencoba antibiotik jenis lain.

Baca Juga:   17 Penyakit Ikan Mas Koki, Gejala dan Cara Mengatasinya

Obat untuk Penyakit Ikan Mas Koki :

  1. Berikan obat Kanaplex sebanyak 26 miligram untuk 3,8 liter ke dalam wadah ikan. Ulangi sampai sepekan dan perhatikan tanda-tanda perubahan ikan lebih sehat, tidak kembung, aktivitas renang cepat, dan meningkatnya nafsu makan.
  2. Jika tidak berhasil, berikan obat Kanamycin sebanyak 200 miligram untuk 3,8 liter air akuarium. Lakukan pengintaian selama 7 hari dan lihatlah perubahannya.
  3. Cara lain untuk mendapatkan obat secara mudah jika tidak dijual di toko hewan, kamu bisa membelinya dengan belanja online.

Mengobati Infeksi Parasit Ikan Koki

Cara mengobati penyakit Mas Koki dengan dimulai pada infeksinya. Saat tidak ada perubahan padahal sudah memberikan obat antibiotik, cobalah obat Praziquantel yang cair biasa diandalkan.

Cara Menggunakan Obat:

  1. Jangan lupa mengocok botolnya agar semua cara tercampur rata. Tambahkan obat Praziquantel sebanyak 200 miligram untuk 3,8 perliter air akuarium. Untuk melihat perubahannya, tunggu hasil selama 7 hari.
  2. Jangan khawatir, obat ini dijual disemua toko hewan yang menyediakan jenis-jenis ikan hias atau kamu bisa membelinya di toko online.

Obat antibiotik pada ikan ternyata sangat diperlukan sebagai salah satu cara mengobati penyakit Mas Koki yang ampuh dan tidak menyakiti si ikan sendiri. Jangan menyuntikan zat-zat cairan yang berbahaya atau memberikan cairan cair pada air akuarium agar ikan tidak mabuk. Untuk kondisi seperti ini, berikan makan ikan lebih sedikit.

Jadi demikianlah cara mengobati penyakit Mas Koki yang mungkin bisa diterapkan. Ikan yang satu ini termasuk jenis yang cukup mahal sehingga harus dijaga dengan sangat baik. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga berhasil.

error: