Cara Mengusir Lalat di Rumah dan Warung dengan Cepat

Posted on

Hewata.com. Cara Mengusir Lalat. Lalat rumah adalah salah satunya jenis lalat dalam ordo serangga Diptera yang keseluruhnya mempunyai satu pasang sayap. Mereka dikenal juga sebagai lalat “pengganggu”. Lalat rumah mempunyai panjang sekitaran 1/4 inci dan memiliki warna abu-abu.

Cara Mengusir Lalat

Lalat rumah kerap dijumpai nyaris di mana saja orang tinggal. Mereka bertelur di kotoran hewan, sampah, serta bahan organik yang membusuk.

Kedatangan lalat ke rumah kemungkinan tidak jadi perhatian khusus, tapi dapat menyebarkan penyakit. Ada beberapa langkah yang aman dan mudah untuk menahan serangan lalat atau cara menghilangkan lalat agar tidak terlambat. Jika terlambat, dapat beresiko.

Apa lalat rumah berbahaya?

Dalam beberapa kasus, datangnya lalat ke rumah seringkali hanya mengusik. Tetapi, lalat rumah bisa juga membawa bakteri serta virus yang dapat menyebar ketika menggigit. Penyakit yang kemungkinan dibawa oleh lalat rumah diantaranya:

  • Penyakit keracunan makanan
  • Penyakit kolera
  • Bakteri E. coli
  • Penyakit demam tifoid
  • Penyakit disentri
  • Penyakit tuberkulosis
  • Penyakit infeksi mata

1. Cara Menghilangkan Lalat secara alami

Kemungkinan, dan bahkan seringkali lebih baik, untuk menyingkirkan lalat di rumah, di warung serta di ruangan terbuka secara alami, tanpa pestisida. Cara potensial meliputi:

cara mengusir lalat secara alami, pengusir lalat alami, cara alami mengusir lalat
Bunga Marigold (Tagetes)

a. Herbal dan bunga

Tumbuhan herbal dan bunga bisa ditanamkan baik di kebun Anda atau di luar, di ruang terbuka untuk mengusir lalat dari rumah Anda. Tumbuhan dan bunga yang bisa menyingkirkan lalat diantaranya:

  1. Kemangi
  2. Marigold (Tagetes)
  3. Lavender
  4. Daun salam
  5. Catnip
Baca Juga:   Pertanda Apa, Ada Banyak Semut Terbang?

Sebagai bonus, beberapa bisa dipakai untuk memasak dan hiasan makanan juga.

b. Cuka dan Sabun Pencuci piring

Kombinasi cuka dan sabun pembersih piring bisa menolong Anda menjebak lalat. Untuk memakai cara ini, campur sekitaran satu inci cuka sari apel dan beberapa tetes sabun pencuci piring ke dalam gelas tinggi. Tutupi gelas dengan bungkus plastik. Amankan bungkus plastik dengan karet gelang dan buat lubang kecil di atasnya.

Lalat akan tertarik dengan cuka di gelas dan akan terbang melalui beberapa lubang itu. Namun, sabun pencuci piring mengakibatkan lalat tenggelam alih-alih dapat mendarat di cuka.

c. Cabe Rawit dan Air

Cabe rawit bisa menolong menyingkirkan lalat di rumah. Campur dengan air dan semprotkan disekitaran rumah untuk menahan lalat masuk.

d. Penangkap Lalat Venus

tanaman pengusir lalat, cara mengusir lalat secara alami, pengusir lalat alami, cara alami mengusir lalat

Penangkap lalat Venus ialah tanaman karnivora yang memakan serangga. Bila Anda menanamnya di luar, mereka dengan alami akan makan lalat. Di dalam rumah, Anda kemungkinan perlu menanam beberapa guna tanaman tersebut bisa memakan lalat-lalat nakal.

Saat seekor lalat masuk ke perangkap tanaman, dia akan menutup di sekeliling lalat. Selanjutnya mengeluarkan cairan pencernaan untuk meleburkan bagian dalam serangga yang halus. Ini memecah serangga dalam waktu 5 sampai 12 hari, selanjutnya memuntahkan exoskeleton.

2. Perangkap Alami untuk Lalat

Anda dapat memakai minuman atau makanan yang memikat lalat untuk menarik mereka ke dalam perangkap. Ini termasuk:

  • Gula (madu atau molase)
  • Anggur
  • Buah
  • Daging
  • Insektisida dan penolak lainnya
Baca Juga:   7 Serangga Sebagai Hewan Peliharaan

Disamping langkah alami mengusir lalat rumah, Anda bisa juga memakai insektisida dan jebakan untuk membunuh atau mengusir lalat.

Tonton perangkap lalat ini yang telah banyak tersedia di video online.

a. Insektisida Berbasiskan Piretrin

Jika Anda mendapati serangan lalat ke rumah dengan jumlah yang besar, insektisida dapat efisien karena bekerja dengan cepat. Tetapi, mereka tidak efisien dalam periode panjang, karena lalat mempunyai transisi hidup yang pendek dan akan meningkatkan kekebalan. Disamping itu, dampak insektisida hilang dengan cepat.

Bila Anda memerlukan atau ingin memakai insektisida, insektisida berbasiskan piretrin paling umum dipakai untuk mengatasi serangan lalat dalam ruangan. Pastikan Anda membeli insektisida khusus untuk pemakaian dalam ruangan, ventilasi area dengan baik, dan turuti panduannya dengan tepat.

b. Perangkap Cahaya

Jebakan lampu adalah kotak dengan lampu pada bagian belakang yang memikat lalat. Saat lalat berusaha untuk mendapatkan cahaya, mereka akan terbunuh dengan sengatan listrik atau terperangkap, tergantung pada jenis jebakan cahaya yang Anda tentukan.

Yakinkan untuk memasang perangkap lampu jauh dari pintu masuk dan jendela, hingga tidak terlihat dari luar. Mereka harus juga terpasang dalam jarak satu setengah meter dari lantai.

c. Perangkap Lengket atau Lem Strip

Jebakan lekat ialah potongan kertas lekat yang bisa digantung atau ditempatkan di semua area rumah Anda. Mereka tidak seefektif jebakan lain, tapi bisa ditambahkan untuk menolong menghilangkan lalat. Cara ini juga efektif untuk mengusir Kecoa.

cara mengusir lalat, cara menghilangkan lalat, pengusir lalat, cara mengusir lalat di siang hari, cara menghilangkan lalat di rumah, cara mengusir lalat di rumah, cara mengusir lalat dengan cepat, insektisida lalat buah paling ampuh, cara usir lalat cara membasmi lalat, pembasmi lalat, cara ampuh mengusir lalat, cara mengusir lalat dari rumah
Lem Strip untuk menjebak lalat – via : pinterest.com

3. Cara Menghilangkan Lalat di Warung

Banyak cara mengusir lalat secara alami yang bisa dipakai di warung atau di teras rumah Anda. Anda bisa mencoba menanam herbal dan bunga seperti kemangi atau marigold disekitaran rumah, atau bahkan juga menanam beberapa penangkap Lalat Venus. Anda juga dapat memakai jebakan lengket (Lem strip) di luar atau di dekat warung Anda.

Baca Juga:   9 Cara Menghilangkan Semut di Rumah dengan Bahan Alami

Anda dapat memakai insektisida di luar ruangan, walau lalat tetap resisten padanya. Pestisida tersisa, yang masih tetap aktif lebih lama dibanding pestisida dalam ruangan, bisa disemprotkan disekitaran rumah Anda. Tetapi berhati-hatilah jangan sampai terkena makanan.

Kenapa Lalat Datang ke Rumah Anda?

Lalat rumah khususnya tertarik dengan bahan tempat mereka dapat bertelur. Ini termasuk:

  • Bahan yang membusuk, terhitung sisa makanan dan sampah yang lain
  • Kotoran hewan
  • Pupuk
  • Lampu terang di malam hari juga bisa menarik lalat.

4. Mencegah Datangnya Lalat Rumah

Langkah terbaik untuk menangani serangan lalat datang ke rumah Anda dengan mencegahnya sejak awal. Pastikan Anda tidak memiliki area untuk mereka bertelur serta lekas membuang beberapa benda yang bisa menarik lalat.

  • Yakinkan jendela, pintu, dan sirkulasi rumah Anda tertutup rapat dengan baik dan bebas dari lubang atau kerusakan yang lain.
  • Gunakan tempat sampah dengan tutup yang rapat, dan keluarkan kantong sampah segera setelah penuh.
  • Taruh makanan dengan benar dalam tempat kedap udara.
  • Tidak boleh meninggalkan piring atau gelas kotor di atas meja.
  • Perhatikan apabila ada potongan rumput atau daun yang membusuk di dekat rumah Anda.
  • Matikan lampu luar ruang pada malam hari bila memungkinkan. Lalat tertarik dengan sinar atau cahaya.
  • Jauhi memakai racun tikus untuk membunuh hewan pengerat, karena bangkai bisa juga menarik lalat untuk datang.
  • Bersihkan kotoran hewan, seperti pada kotak kotoran kucing atau anjing peliharaan secepatnya.

One thought on “Cara Mengusir Lalat di Rumah dan Warung dengan Cepat

Comments are closed.