Home » Hewan Ternak » Cara Menjadikan Ayam Bangkok Aduan Super Istimewa

Cara Menjadikan Ayam Bangkok Aduan Super Istimewa

daftarhewan.com. Sampai saat ini, sabung ayam masih banyak digemari oleh masyarakat, khususnya di wilayah pedesaan. Seringkali pada waktu tertentu kita melihat orang berkerumun melihat pertarungan sabung ayam ini.

Bagi sebagian orang hal tersebut sudah menjadi hobi yang mendarah daging. Bahkan, melalui sabung ayam ini seseorang dapat meraup penghasilan hingga jutaan rupiah dari hasil jual beli ayam aduannya.

Dalam dunia sabung ayam, ayam petarung yang memperoleh peringkat tertentu dalam pertarungan akan memperoleh penghargaan dan memiliki nilai jual yang tinggi. Ayam petarung dengan kualitas tinggi bisa di banderol dengan 1-10 juta rupiah lho! Nah, salah satu jenis ayam kelas petarung yang sering diunggulkan adalah Ayam Bangkok.

cara ayam bangkok berani bertarung, cara ayam bangkok jadi ganas, cara merawat ayam bangkok agar pukulan keras, cara melatih ayam bangkok agar pukulan keras, bagaimana cara membuat ayam bangkok menjadi ganas, cara melatih ayam bangkok pukul saraf, cara melatih ayam bangkok pukul mati

Cara membuat ayam bangkok pukul keras

Pada dasarnya Ayam Bangkok ini tidak otomatis menjadi ayam petarung. Diperlukan adanya perawatan dan pelatihan khusus agar Ayam Bangkok ini menjadi ayam kelas petarung. Lalu, apa saja bentuk perawatan dan pelatihan khusus tersebut? Berikut simak ulasan mengenai cara menjadikan Ayam Bangkok aduan super istimewa.

Pelatihan Kekuatan Fisik Ayam Bangkok

1. Pelatihan Bagian Leher Ayam

Untuk memiliki kemampuan khususnya dalam hal kelenturan dan kecepatan ketika menyerang dan menghindari lawan Ayam Bangkok perlu dibiasakan untuk melatih kelenturan lehernya. Fungsi lain dari latihan leher ini adalah agar gerakan patukan lebih terarah dan tepat sasaran.

Adapun cara menjadikan Ayam Bangkok aduan super istimewa melalui latihan leher ini adalah dengan melakukan pijatan rutin pada bagian leher ayam. Caranya adalah dengan mengarahkan bagian kepala ayam ke sisi kanan dan kiri disertai dengan pijatan lembut. Waktu yang paling baik melakukan pijatan ini adalah tiap pagi hari, selain itu ulangi proses pijatan minimal 30 kali selama kurang lebih 1 detik tiap pijatan.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Limbah Kotoran Ternak Ayam, Sapi, Kambing dll

2. Pelatihan Bagian Badan

Badan yang ideal merupakan kunci utama bagi Ayam Bangkok agar dapat bertarung dengan baik. Oleh karena itu, perlu adanya perawatan dan pelatihan khusus untuk tetap menjaga badan ayam selalu dalam kondisi prima. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut:

  • Lakukan pelatihan badan ayam dengan teknik senam ringan
  • Masukan tangan Anda pada bagian sela dari sayap Ayam Bangkok
  • Cara melakukan senam ringan pada ayam ini adalah dengan menggerakan tubuh ayam ke sisi kanan dan kiri
  • Gerakan badan ayam minimal 30 kali

Teknik senam ringan tersebut telah terbukti mampu meningkatkan kemampuan tarung dari ayam. Oleh karena itu, bila Anda sedang kebingungan mencari cara menjadikan Ayam Bangkok aduan super istimewa, teknik ini dapat Anda terapkan.

3. Pelatihan Kaki Ayam

Teknik pelatihan selanjutnya adalah dengan melakukan latihan kekuatan pada kaki ayam. Untuk melakukan latihan ini cara yang dapat Anda terapkan adalah dengan cara menekan punggung ayam ke arah bawah, kemudian mendorongnya ke arah depan selama kurang lebih 30 kali. Dengan melakukan latihan ini secara rutin pada ayam, di jamin kaki Ayam akan semakin kuat ketika melakukan cengkraman saat bertarung.

Cara Melatih Ayam Bangkok agar Pukulan Keras

Trik kedua dalam cara menjadikan Ayam Bangkok aduan super istimewa adalah dengan mengasah kemampuan pukulan ayam. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini!

1. Bentuk Otot Kaki Ayam

Agar Ayam Bangkok Anda memiliki otot kaki yang kuat, maka diperlukan latihan dengan cara membiasakan ayam untuk selalu bergerak. Cara yang dapat Anda tempuh adalah dengan memberikan beban tertentu pada ayam. Selain itu, Anda juga dapat melakukannya dengan mengurung ayam pada kurungan kecil sehingga ayam akan bergerak sambil menekan kakinya. Dengan teknik tersebut ayam akan memiliki otot yang sangat kuat.

Baca Juga:   Domba Merino, Karakteristik dan Asal-Usulnya

2. Latihan Lompatan

Cara menjadikan Ayam Bangkok aduan super istimewa adalah dengan melatih lompatan pada ayam. Tujuan dari latihan ini adalah agar ayam Anda memiliki kekuatan bertarung yang efektif. Berbanding terbalik dengan cara melatih otot, untuk melatih lompatan maka caranya adalah dengan menaruh ayam pada kadang yang tinggi. Kemudian pancing Ayam Bangkok kesayangan Anda agar melompat selama beberapa kali, jika dirasa cukup biarkan ayam istirahat. Dengan melakukan latihan ini secara rutin, maka ayam Anda akan semakin gesit dalam melakukan lompatan.

cara fisik ayam bangkok pukul mati, cara supaya ayam bangkok rajin mukul, cara membuat ayam bangkok rajin mukul, cara merawat ayam bangkok siap adu, cara membuat ayam bangkok pukul keras

Cara melatih ayam bangkok – via : imgund.com

Pelatihan Ketahanan Ayam Bangkok

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan latihan ketahanan. Cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan ketahanan Ayam Bangkok adalah sebagai berikut:

1. Biasakan Ayam Melakukan Pertarungan

Membiasakan ayam melakukan pertarungan merupakan salah satu cara membuat ayam bangkok rajin mukul. Untuk melatih ayam agar memiliki ketahanan esktra, maka Anda harus membiaskan ayam bertarung dengan ayam lainnya selama kurang lebih 10-15 menit.

2. Gunakan Ramuan

Cara selanjutnya untuk melatih ketahanan ayam adalah dengan rutin memberikannya ramuan-ramuan berkhasiat tinggi. Adapun beberapa ramuan tersebut antara lain adalah:

  • Ramuan kunyit, cara membuatnya adalah dengan menghaluskan kunyit terlebih dahulu, kemudian campurlah dengan kapur dan air hangat secukupnya. Setelah bahan jadi, kemudian oleskan ramuan tersebut pada badan ayam. Khasiat dari ramuan ini adalah untuk mempertebal kulit ayam, sehingga tidak mudah rentan ketika terkena pukulan.
  • cara menjadikan Ayam Bangkok aduan super istimewa adalah dengan memberi ramuan daun nangka. Adapun cara membuatnya adalah dengan mencampur daun nangka yang dihaluskan pada pakan ayam. Fungsi dari ramuan ini adalah ayam akan semakin bugar dan tahan penyakit.
Baca Juga:   12 Daftar Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit

Latihan Pernapasan Ayam Bangkok

Cara keempat untuk menjadikan Ayam Bangkok menjadi kelas petarung super istimewa adalah dengan melakukan latihan pernafasan. Latihan pernafasan ini dapat dilakukan dengan 3 cara, sebagai berikut:

1. Latihan Berenang Ayam

Cara menjadikan Ayam Bangkok aduan super istimewa berikutnya adalah dengan melakukan latihan renang. Untuk melakukan latihan ini, Anda harus meletakkan Ayam Anda dalam air menggenang dengan volume yang tidak terlalu besar. Latihan semacam ini akan sangat membantu Ayam memiliki pernafasan yang stabil sehingga tidak mudah lelah ketika bertarung.

2. Pertarungan di Bawah Terik Matahari

Biasakan ayam Anda untuk melakukan pertarungan di bawah terik matahari. Dengan latihan ini daya tahan dan stamina ayam Anda akan terbiasa dan meningkat. Selain itu, cuaca panas akan membantu ayam Anda dalam melakukan olah napas, sehingga Ayam Anda terbiasa melakukan pernafasan yang baik saat bertarung.

3. Buatlah Ayam Anda Berlari

Cara menjadikan Ayam Bangkok aduan super istimewa melalui peningkatan kemampuan mengatur pernapasan adalah dengan membuat Ayam Bangkok Anda berlari. Dengan berlari, ayam akan terpacu pernafasannya. Semakin jauh ayam mampu berlari, artinya semakin baik ayam tersebut mampu melakukan olah nafas.  Cara ini terbukti sangat manjur dalam meningkatkan kemampuan pernafasan Ayam Bangkok Anda.

Masih terdapat berbagai cara menjadikan Ayam Bangkok aduan super istimewa. Trik-trik yang telah dijelaskan di atas telah terbukti manjur diterapkan oleh mereka penggemar sabung ayam. Ayam-ayam petarung yang berkelas, umumnya dirawat dan dilatih dengan trik di atas. Jadi jangan ragu, segera praktikkan tips di atas.

error: