Home » Hewan Ternak » Cara Merawat Ayam Bekisar Agar Rajin Berkokok

Cara Merawat Ayam Bekisar Agar Rajin Berkokok

daftarhewan.com. Cara agar bekisar rajin berkokok. Kalian semua pasti pernah melihat ayam hingga memakan olahan daging ayam dalam hidup kalian, bukan? Tentu saja, ayam merupakan makanan yang sulit dilewatkan begitu saja oleh masyarakat luas. Hal ini dapat kalian buktikan dari betapa berhasilnya usaha yang menggunakan bahan baku ayam.

Hampir semua negara di penjuru dunia memiliki menu ayam sebagai pilihan untuk disantap. Ayam merupakan hewan yang dapat digunakan untuk hal lain sebagai bahan baku. Benar, ayam merupakan salah satu hewan selain anjing dan kucing yang sering menjadi peliharaan oleh masyarakat. Mungkin di kota besar hanya sedikit orang yang memelihara ayam akan tetapi hal sebaliknya terjadi di pedesaan.

cara ayam bekisar rajin berkokok, cara merawat ayam bekisar biar gacor, cara membuat ayam bekisar berkokok, cara membuat suara ayam bekisar bagus, cara membuat ayam bekisar cepat bunyi, cara agar ayam bekisar gacor, cara membuat ayam bekisar rajin berkokok, cara agar ayam bekisar rajin berkokok, cara ternak ayam bekisar sukses, cara merawat ayam bekisar stres

Di pedesaan masih banyak masyarakat yang memilihara ayam untuk membangunkan mereka di pagi hari. Benar, kokokan dari ayam akan membangunkan masyarakat sekitar. Ayam yang berkokok dengan suara terbaik dibandingkan dengan ayam lain dikenal dengan nama ayam bekisar. Akan tetapi, setiap ayam bekisar memiliki waktu kokok yang berbeda tergantung dengan kalian. Yup, tergantung bagaimana cara agar bekisar rajin berkokok yang kalian berikan kepada ayam kalian.

Artikel yang satu ini akan membantu membuat ayam bekisar kalian dapat berkokok dalam waktu yang cukup sering. Oleh karena itu, kalian dapat terus melanjutkan kegiatan tangan kalian menggulirkan layar ponsel kalian hingga tidak ada lagi kalimat yang kalian temukan pada artikel yang satu ini. So, stay scroll down, guys!

Cara Agar Bekisar Rajin Berkokok

a. Jumlah pakan yang secukupnya

Pada usia berapa bekisar dianggap telah mampu berkokok dengan benar? Bila pertanyaan tersebut terlinats di kepala kalian setelah membaca kalimat sebelumnya maka kami akan memberikan jawaban untuk kalian. Bekisar mulai dirawat dengan baik agar dapat berkokok dengan baik pada usia delapan bulan. Sebab, pada usia tersebut bekisar mulai berkokok walaupun masih tidak kencang.

Nah, pada saat itulah terapkan cara agar bekisar rajin berkokok yang pertama. Tepat sekali, kalian akan melakukan hal tersebut melalui makanan yang dikonsumsi oleh anak bekisar. Pakan yang kalian buat untuk ayam yang satu ini harus memuat formula yang sesuai.

Formula tersebut harus mengandung beras merah sebesar tujuh puluh persen, ketan hitam sebanyak sepuluh persen dan yang terakhir adalah jagung giling. Setelah itu berikan pada ayam kalian secukupnya. Namun, ingat untuk tidak memberikan pakan secara berlebihan. Hal ini dikarenakan ayam bekisar yang gemuk akan membuat mutu suara lebih jelek dan ayam jarang berkokok.

b. Berikan Sayur Secara Teratur

Memberikan sayuran pada ayam bekisar merupakan salah satu hal yang dapat kalian terapkan. Sama halnya dengan manusia yang membutuhkan sayur, ayam bekisar pun memerlukan hal tersebut. Akan tetapi, jumlah sayur yang dikonsumsi jauh lebih sedikit ya, guys!

Hal ini dikarenakan ayam bekisar hanya mengonsumsi sayur selama dua hari sekali. Selain sayur kalian juga dapat mengganti hal tersebut dengan buah-buahan. Benar, pepaya dan pisang merupakan makanan yang dapat dikonsumsi oleh ayam bekisar agar suara dari ayam bekisar semakin baik.

cara ternak bekisar, cara membuat bekisar gacor, cara merawat bekisar, cara merawat bekisar biar gacor, cara ayam bekisar rajin berkokok, cara merawat ayam bekisar biar gacor, cara membuat ayam bekisar berkokok, cara membuat suara ayam bekisar bagus, cara membuat ayam bekisar cepat bunyi, cara agar ayam bekisar gacor

Gambar ayam bekisar berkokok

c. Pengawasan

Terlepas dari cara agar bekisar rajin berkokok kalian perlu memperhatikan ayam bekisar kalian. Dengan kata lain, kalian harus melakukan pengawasan pada ayam kalian. Ada beberapa hal yang harus kalian lakukan untuk memastikan ayam kalian berada pada kondisi yang sehat.

Baca Juga:   Daftar Ayam Hias Termahal yang Harus Anda Ketahui, Apa Saja?

Kalian harus melakukan pengecekan terhadap wajah dan kotoran pada ayam kalian. Bila kotoran ayam kalian bewarna kuning kehijauan maka pencernaan pada ayam kalian sedang terganggu. Selanjutnya, perhatikan jengger pada ayam kalian. Bila, jengger ayam bekisar tetap bewarna merah maka ayam kalian berada pada kondisi yang prima.

Cara Merawat Anak Ayam Bekisar Hingga Tumbuh Baik

Sebelum kalian telah mengetahui cara agar bekisar rajin berkokok dengan tepat. Akan tetapi, saat kalian pertama kali membeli ayam bekisar ukuran ayam masih sangat kecil untuk dapat berkokok dengan bagus dan keras. Oleh karena itu, sebelum sampai pada tahap perawatan suara bekisar kalian perlu merawat anakan ayam bekisar dengan baik terlebih dahulu.

Hal pertama yang harus kalian lakukan saat membeli ayam bekisar adalah menempatkan ayam tersebut pada kandang kecil yang khusus. Akan tetapi, jangan membuat kandang dengan ukuran yang sama dengan ayam. Buatlah kandang yang sedikit luas agar kalian dapat melihat bekisar bertambah gemuk.

Baca Juga:   12 Daftar Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit

Setelah sebulan kalian dapat mengeluarkan ayam bekisar dari kandang untuk dipindah ke kandang lain. Kalian salah apabila berpikir pada saat ini kalian sudah dapat menerapkan cara agar bekisar rajin berkokok. Hal ini dikarenakan pada saat itu ayam bekisar kalian baru saja memunculkan sikap agresif dari dalam dirinya. Sampai pada tahap ini ayam bekisar kalian masih berada pada voer A. Oleh karena itu, tetap awasi dan beri makan ayam kalian dengan ukuran yang wajar ya, guys!

Empat sampai lima bulan kemudian bila kalian merawat ayam kalian dengan baik maka ayam kalian akan berada pada voer B. Pada saat itu, merupakan waktu yang tepat untuk kalian mengganti kandang kalian menjadi lebih besar agar ayam bekisar kalian dapat lebih leluasa. Hal ini dikarenakan ayam bekisar kalian sudah mulai besar dan akan segera berkokok. Pada saat ini juga kalian dapat melatih ayam bekisar untuk memakan beras merah yang nantinya akan menjadi makanan pokok dari ayam bekisar.

Setelah kalian melewati semua tahap tersebut, kalian baru dapat menerapkan cara agar ayam bekisar rajin berkokok. Rawatlah dan terapkan hal tersebut kepada ayam kalian agar timbul harmoni yang indah pada kokokan ayam kalian. Selain itu, menerapkan hal tersebut agar membuat ayam kalian tetap sehat dan rajin mengeluarkan suara kokokan seperti yang kalian inginkan. Jadi, selamat mencoba ya, guys!

error: