Home » Ikan Hias » Cara Merawat Ikan Hias Angelfish Air Tawar

Cara Merawat Ikan Hias Angelfish Air Tawar

daftarhewan.com. Kerap menghiasi akuarium air laut, ternyata ada pula angelfish air tawar yang tidak kalah spektakuler.

Angelfish air tawar berasal dari Amerika Selatan, dan masih bersaudara dengan cichlid. Mereka populer dengan sebutan “angelfish”, karena bentuk siripnya yang anggun dan menyerupai sayap. Daya tarik angelfish yang memukau tersebut, juga lantas membuat ikan angelfish air tawar kerap dijuluki “raja akuarium” atau “ratu akuarium”.

ikan angelfish air tawar, ikan angelfish, cara merawat ikan angelfish, angelfish air tawar, sifat ikan angelfish

Cara Memelihara Angelfish Air Tawar, Pengenalan hingga Pengobatan

Memelihara angelfish pun terbilang mudah, terutama jika Anda sudah berpengalaman memelihara jenis cichlid lainnya. Namun, untuk memperluas perspektif Anda terkait perawatan angelfish, simak panduan berikut ini:

A. Informasi Umum Tentang Agelfish Air Tawar (Manfish)

Temperamen: semi-agresif

Warna: keemasan, hitam, atau silver, dengan corak marmer atau bergaris.

Masa hidup: 10 tahun

Panjang: 15 cm

Tinggi: 20 cm

Pola makan: omnivor

Famili: Cichlidae

Kapasitas tangki: >20 galon

Pengkondisian tangki: lingkungan rawa tropis dengan dasar substrat halus

Kompatibilitas: ikan yang cenderung tenang, dengan ukuran yang kurang lebih sama.

B. Mengenal Seluk-beluk Angelfish

Berbeda dengan angelfish air laut yang termasuk dalam famili Pomacanthidae, angelfish air tawar atau Pterophyllum scalare merupakan bagian dari keluarga Cichlidae, yang mencakup semua spesies cichlid air tawar.

Angelfish air tawar dapat dijumpai pada anak-anak sungai di Guyana, Peru, dan Kolombia, serta menjadi salah satu spesies istimewa di Sungai Amazon, Brasil. Mereka juga digandrungi sebagai ikan hias pada akuarium air tawar, karena bentuknya yang unik dan elegan, tidak memerlukan perawatan yang rumit, serta relatif tidak agresif dibandingkan spesies cichlid lainnya.

Dalam kondisi ideal dan dengan pemeliharaan yang baik, angelfish air tawar dapat hidup hingga 10 tahun, dan mencapai kematangan reproduksi sekitar usia 10 bulan. Jika ingin memelihara mereka, Anda dapat membeli angefish air tawar di toko hewan peliharaan dan pemasok ikan hias. Rentang harga angefish bervariasi, tergantung kualitas dan varietasnya.

Di luar negeri paling mahal sekitar 200 ribu-1,5 juta rupiah bila di rupiahkan, sekarang ini banyak breeder di Indonesia yang telah berhasil membudidayakan ikan ini, hingga akhirnya harganya pun merosot tajam, jenis manfish three colour dan ikan hias manfish platinum saja ukuran 5 cm dihargai 5000 – 25.000 rupiah.

C. Perilaku Angelfish Air Tawar

Seperti spesies cichlid lainnya, ada kalanya angelfish air tawar dapat menjadi sangat agresif. Mereka akan membentuk semacam hierarki dan berjuang untuk mempertahankan posisi. Maka, ketika Anda melihat bibir angelfish air tawar saling terkait satu sama lain, besar kemungkinan mereka tengah bertarung.

Selain itu, mereka akan membentuk suatu kongsi kecil, namun juga tidak berinteraksi dengan baik. Terutama, karena angelfish kerap bersifat teritorial, dan secara naluri lebih menyukai pertarungan, alih-alih bekerja sama.

Kabar baiknya, angelfishrelatif tenang, jika dibandingkan spesies cichlid pada umumnya. Angelfish air tawar  tidak akan menggertak ikan lain di luar kelompok mereka.

Sebagai bagian dari akuarium, angelfish kerap menjelajahi tingkat pertengahan pada tangki. Anda dapat mengamati mereka keluar-masuk vegetasi, dan tetap terlihat mencolok meski berada dalam tangki yang terisi banyak penghuni. Namun, Anda tidak akan mendapati mereka mencari makan bersama atau membentuk formasi renang, karena angelfish tidak banyak bersosialiasi di luar persaingan dan perkawinan.

Baca Juga:   Jenis Ikan Komet Beserta Gambar dan Harganya

Di sisi lain, angelfish merupakan induk yang baik. Angelfish termasuk salah satu dari sedikit spesies ikan yang merawat anak-anak mereka. Angelfish berjuang keras mempertahankan dan melindungi telur mereka, membesarkan ikan-ikan kecil yang baru menetas, dan menjaga anak-anaknya, hingga mencapai usia 2 bulan.

D. Variasi Tampilan Angelfish Air Tawar

ikan hias angelfish air tawar, ikan angelfish, angelfish air tawar, ikan manfish air tawar, ikan hias air tawar manfish, sifat ikan angelfish, jenis ikan angelfish, jenis jenis ikan angelfish, macam macam ikan angelfish

Angelfish dapat tumbuh hingga mencapai panjang 15 cm, dan rentang sirip yang mencapai tinggi 20 cm. Anatomi unik pada angelfish membuat mereka menyerupai busur panah, dengan tubuh yang lebar dan moncong segitiga. Namun,fitur paling ikonik pada angelfish, yaitu sirip yang tegak dan panjang, serta ekor berbentuk kipas.

Umumnya, angelfish air tawar berwarna perak dengan 4 garis pita hitam. Angelfish air tawar muda memiliki 7 garis, yang lantas berkurang menjadi 4 ketika mereka dewasa.

Standar warna angelfish air tawar, mencakup emas, hitam, silver, dan bercorak marmer. Namun, untuk keperluan dekoratif, terdapat varietas angelfish air tawar yang sengaja dikembangbiakkan dengan warna dan pola khusus, bahkan ada pula yang menyerupai ikan mas atau koi.

Sebagai contoh, varietas angelfish yang menyerupai koi berwarna dasar perak atau putih, dengan corak oranye atau merah. Dapat pula berupa pola marmer hitam yang meniru tampilan khas ikan koi kohaku. Sementara itu, angelfish air tawar berwarna emas dan platinum, hanya memiliki gradasi pada bagian tubuh tertentu, tanpa corak atau warna yang kontras.

Yang cukup unik, ada varietas angelfish air tawar yang menyerupai panda, dengan sisik putih pucat, dihiasi pola hitam di beberapa bagian tubuh.

E. Habitat dan Kondisi Ideal untuk Angelfish Air Tawar

Spesies angelfish air tawar berasal dari Sungai Amazo. Mereka hidup di area sungai, rawa, dan dataran banjir yang di sepanjang lembah Sungai Amazon.

Dengan kata lain, angelfish air tawar tergolong ikan tropis yang dapat tumbuh dengan optimal dalam rentang suhu24-28°C. Mereka juga membutuhkan kondisi air yang cenderung asam, dengan sedikit salinitas.

Selain itu, angelfish air tawar secara alami hidup di lingkungan rawa, dengan substrat pasir halus, lumut, dan rimbunan vegetasi air untuk tempat persembunyian. Umumnya, habitat mereka berair jernih, dengan cahaya matahari yang kerap menembus ke dalam air.

F. Pengkondisian Tangki

Mempertimbangkan kondisi habitat asli yang telah disebutkan sebelumnya, akuariumcichlid wajib memiliki suhu antara 24-28°C, denganpH sekitar 6,8-7.

Cichlid juga memilikikebiasaan menggali, sehingga substrat yang Anda tempatkan di dasar tangki haruscukup lunak dan halus (seperti pasir atau lumpur), untuk mencegah luka dan goresan pada sisik dan siripnya.

Untuk aliran di dalam tangki, angelfish air tawar tidak membutuhkan arus yang kuat, sehingga Anda hanya perlu aerasi beraliran rendah dan filter di balik substrat. Namun, tangki Anda akan memerlukan paparan cahaya sekitar 8-12 jam per hari, baik berupa cahaya matahari alami maupun lampu untuk menjadi cahaya matahari buatan.

Sementara itu, untuk membuat atmoster rawa tropis yang menyokong kehidupan angelfish air tawar, Anda dapat menggunakan tanaman asli dari Sungai Amazon. Misalnya, Amazon sword yang berdaun lebar dan sangat nyaman untuk bersembunyi dan Brazilian water weed a.k.a anacharis. Anda juga dapat menambahkan vegetasi lain yang tidak berasal dari Amerika Selatan, seperti Java Fern dan Java Moss.

Yang terpenting, hindari penggunaan vegetasi terapung seperti duckweed dan pond weed, karena dapat membuat akuarium terlalu padat dan menghalangi cahaya masuk.

G. Kapasitas Tangki Akuarium

Untuk memelihara sepasang angelfish air tawar, Anda membutuhkan tangki berkapasitas minimal 76 liter. Dan, jika menginginkan sekelompok angelfish air tawar, pastikan Anda dapat menyediakan tangki dengan kapasitas hingga 300 liter. Setidaknya, masing-masing angelfish air tawar bisa mendapat ruang yang cukup nyaman, minimal 38 liter.

Baca Juga:   Jenis Ikan Hias yang Mudah dan Cepat Beranak

H. Jenis Ikan untuk Hidup Bersama Angelfish Air Tawar

Kampung halaman angelfish air tawar memiliki keanekaragaman hayati yang menakjubkan. Maka, di alam liar, angelfish air tawar secara alami telah hidup berdampingan dengan ribuan spesies ikan.

Selain angelfish, rawa dan aliran tenang Sungai Amazon didominasi oleh spesies cichlid lain, seperti oscar, discus, dan severum. Mereka juga hidup bersama characin, lele berukuran kecil, dan spesies populer lainnya, seperti arwana silver dan arapaima.

Kendati demikian, memilih ikan yang cocok digabung dengan manfish di akuarium air tawar, bisa menjadi cukup rumit.

Jika Anda memilih spesies cichlid, seperti discus, dwarf cichlid dan Bolivia ram untuk disatukan dengan ikan manfish, tentu mereka tidak akan mudah terintimidasi oleh (manfish) angelfish air tawar. Anda juga dapat mencoba Jack Dempsey, atau spesies di luar famili cichlid seperti molly dan gurami kerdil, serta lele kecil, terutamaplecos dan pictus.

Sementara itu, crustacea dan invertebrata lainnya, merupakan pilihan yang buruk, karena terlalu berisiko untukmenjadi bulan-bulanan, bahkan mangsa bagi angelfish air tawar. Anda juga sebaiknya tidak menyatukan antara cichlid Afrika dan Amerika Selatan, karena mereka berasal dari belahan dunia yang berbeda, dengan kondisi lingkungan yang berbeda pula.

Untuk menjamin ketenangan akuarium, hindari memelihara spesies angelfish dalam jumlah besar, karena mereka dapat berperilaku agresif terhadap satu sama lain, dalam rangka memperebutkan wilayah dan makanan. Atas alasan yang sama, jangan menempatkan angelfish bersama cichlid yang lebih agresif, seperti oscar dan convict, serta barb yang kerap berlaku kasar terhadap ikan lainnya.

Di sisi lain, akan jauh lebih baik dan aman, jika Anda memelihara sekelompok angelfish, sekitar 5-6 ekor, dalam satu tangki khusus untuk spesies ini. Mereka akan membentuk semacam hierarki dan terus berkompetisi untuk mendapatkan posisi paling dominan dalam kawanan. Meski terkadang menimbulkan konflik, perilaku ini akan menjadi pemandangan yang cukup menarik diakuarium Anda.

I. Perawatan Angelfish Air Tawar

Telah umum diketahui bahwa angelfish dapat menjadi inangbagi nematoda parasit. Terlebih, infeksi oleh nematoda dapat berakibat fatal dan dapat menyebar ke ikan lain di akuarium Anda.

Infeksi ini bisaterjadi jika angelfish memakan telur atau larva nematoda secara tidak sengaja, pada makanan yang tidak higienis, ataudalam tangki yang kotor. Setelah larva termakan, angelfish akan mengalami periode infeksi selama tiga bulan,hingga cacing menyelesaikan siklus hidupnya. Angelfish akan tampak semakin lemah dari waktu ke waktu, karena cacing akan mengambil nutrisi dari tubuhnya.

Angelfish atau ikan lain yang telah terinfeksi, akan menunjukkan gejala berupa peradangan, kista, atau perdarahan. Maka, ketika Anda melihat tanda-tanda yang mengindikasikan adanya infeksi, sangat penting untuk segera memisahkan ikan ke tangki lain, dan melakukan karantina.

Untuk mengatasi infeksi parasit pada angelfish, Anda dapat menggunakan obat cacing khusus yang sebaiknya Anda peroleh dari dokter hewan yang ahli menangani ikan hias.

Selain nematoda, hexamita juga kerap mengusik kehidupancichlid. Infeksi hexamita terjadi ketika ada protozoa yang termakan oleh angelfish, hingga menginfeksi usus dan kantong empedu.

Gejala infeksi Hexamita meliputi:

  • penurunan berat badan
  • lesu
  • tampak pucat
  • perubahan warna

Agar angelfish dapat kembali sehat, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan diagnosis, serta obat yang tepat dan sesuai dosis.

Untuk mencegah infeksi parasit, Anda wajib membersihkan akuarium setidaknya dua kali semingguatau lebih, secara rutin. Pastikan Anda menjaga higiene makanan yang Anda berikan, dan hindari pemberian makan dari hasil tangkapan liar.

Baca Juga:   Ikan Anglefish Air Laut vs Air Tawar, Persamaan dan Perbedaannya

Selain itu, ketika ada ikan baru yang hendak Anda pelihara, lakukan karantina selama 2-4 pekan untuk memastikan bahwa mereka sehat dan siap bergabung bersama ikan lainnya.

macam macam ikan angelfish, ikan angelfish air tawar, ikan hias angelfish air tawar, asal ikan angelfish, jenis ikan angelfish, gambar ikan angelfish, informasi ikan angelfish, klasifikasi ikan angelfish, karakteristik ikan angelfish, perawatan ikan angelfish, tentang ikan angelfish, jenis jenis ikan angelfish

J. Makanan Ikan Hias Angelfish Air Tawar (Manfish)

Angelfish tergolong omnivor, namun cenderung menyukai santapan berupa makanan hidup. Di alam liar, mereka memangsa serangga, larva, krustasea, rotifera, dan ikan-ikan yang lebih kecil.

Angelfish memerlukanasupan nutrisiyang tinggi protein dan serat, dan hanya sedikit bahan nabati atau ganggang. Maka, tentu akan ideal jika Anda menyajikan mangsa hidup di akuarium, demi menyerupai kondisi ekosistem pada habitat asli angelfish air tawar.

Beberapa pakan penting yang dapat menjadi menu bagi angelfish, antara lain:

  • Cacing Tubifex, sebagai makanan yang vital dan menjadi sumber protein
  • Kutu air dan udang air asin
  • Pelet tinggi protein
  • Krill dan glassworm kering, sebagai protein tambahan dan menggugah selera Angelfish.

Nutrisi pada daftar di atas diberikan setidaknya dua kali sehari. Sementara untuk pasangan angelfish yang akan berkembangbiak, berikan makanan hingga 4 kali sehari.

Dan, meski mereka tidak memakaniganggang atau tanaman di akuarium, Anda tetap perlu menambahkan sedikit komponen nabati, agar mereka bisa mendapatkan serat. Lengkapi pakan angelfish dengan sayuran, seperti bayam, selada, timun, dan sebagainya. Namun, pastikan untuk memasaknya lebih dahulu, sebelum memberi sayuran-sayuran tersebut pada ikan-ikan kesayangan Anda.

K. Budidaya Angelfish Air Tawar

Angelfish sangat mudah berkembangbiak. Dalam suatu kawanan, angelfish akan berpasangan secara alami. Setelah itu, angelfish akan memisahkan diri, dan menempati suatu wilayah khusus dengan pasangannya.

Maka, jika Anda melihat angelfish telah berpasangan, segera persiapkan hal-hal yang mereka butuhkan untuk berkembangbiak. Gunakan tangki dengan kapasitas 76 liter dengan filter aliran rendah dan bidang miring darisubstrat, pipa PVC, atau tanaman anacharis untuk mengkondisikan pemijahan.

Demi mengoptimalkan kesehatan ikan, berikanpakan berupa pelet dengan protein tinggi dan cacing tubifex hidup, setidaknya 4 kali sehari. Selain itu, jagalah suhu tangki sekitar 28°C.

Apabila Anda melihat angelfish betina kerap berada di sekitar lokasi pemijahan, kemungkinan besar ia telah siap untuk bertelur. Angelfish betina akan mengeluarkan 200-400 telur dalam satu pemijahan, dan angelfish jantan akan melakukan pembuahan secara eksternal.

Induk angelfish akan menjaga telur hingga menetas, dan membersamai anak-anaknya sampai berusia sekitar satu bulan. Setelah itu, barulah Anda boleh memisahkan mereka ke tangki pemeliharaan berkapasitas 57-76 liter.

Untuk mencukupi nutrisi anak-anak angelfish, Anda dapat memberi campuran larva udang air asin dengan telur rebus hingga mereka berusia 5-7 pekan, atau ketika mereka cukup dewasa untuk mendapat asupan pelet dan makanan kering.

Setelah mencapai usia 6-8 minggu di tangki pemeliharaan, angelfish muda dianggap telah siap untuk bergabung di tangki utama bersama angelfish dewasa lainnya.

L. Kesimpulan

Terdapat beberapa alasan yang membuat angelfish air tawar begitu populer di kalangan pecinta ikan hias, antara lain:

  • Keunikan tampilan, baik bentuk maupun warna
  • Terlihat mencolok di antara ikan lainnya dalam akuarium tropis
  • Relatif mudah dipelihara, dibandingkan spesies cichlid lain
  • Mudah berkembangbiak, dan dibudidayakan.

Apabila Anda begitu tertarik untuk memelihara angelfish air tawar, akan lebih baik jika Anda telah berpengalaman memelihara ikan air tawar tropis. Pastikan, Andatelah memahami dan mampu menyediakan fasilitas yang mereka butuhkan, untuk hidup dengan baik dan tumbuh dengan optimal.

Angelfish air tawar juga dapat menjadi kandidat ikan yang sempurna, ketika Anda mengagumi keanggunan angelfish, namun belum siap dengan akuarium air laut.

error: