Cara Merawat dan Melatih Ikan Cupang Aduan

daftarhewan.com. Namanya pula ikan cupang aduan, tentunya dia galak lantaran kesukaannya berkelahi dengan saingannya. Ada teknik untuk membuat lebih ganas dan beringas lagi, melalui makanan dan latihan ketat.

ikan cupang aduan, ikan cupang aduan terganas, cara merawat ikan cupang aduan, ikan cupang di adu, ikan cupang aduan terbesar, ikan cupang aduan super, ikan cupang aduan termahal, ikan cupang aduan import thailand, gambar ikan cupang aduan, ciri ciri ikan cupang aduan, ikan cupang aduan juara dunia, ikan cupang aduan terganas di dunia, ikan cupang aduan terbaik, cara merawat ikan cupang aduan agar ganas, ikan cupang aduan medan, ikan cupang adu medan

Ikan cupang bangkok aduan super

Perlakukan kepada cupang aduan memanglah berbeda dari cupang hias lantaran ia benar-benar disiapkan jadi jagoan di medan pertandingan. tentu saja fisiknya mesti selalu dijaga agar terus bugar. Cukup dengan pemberian makanan yang teratur, dan lingkungan terlebih air yang selalu bersih dari kotoran, maka cupang aduan akan selalu sehat, terhindar dari pelbagai penyakit.

Sebelum diadu, cupang aduan mesti melakukan latihan ketat buat menguatkan pernafasan dan menstimulasi keganasannya. Diberitakan dari majalah trubus, satu diantaranya pecinta ikan hias membagikan pengalamannya menjaga ikan cupang aduan buat Anda.

Baca Juga:   Bagaimana Ikan Cupang Berkembang Biak?

Diet Ketat, Cupang Menjadi Ganas

Rata-rata, cacing sutera sebagai makanan pokok cupang aduan ini, terlebih berguna untuk memacu perkembangannya supaya cepat besar. Setelah dewasa, berusia kurang lebih enam bulan, dia mulai dipisah dari saudara-saudaranya yang lain. Masing-masing mendiami stoples tempat pemeliharannya dan siap buat diadu setiap waktu.

Namun, cupang yang sudah siap ini jangan langsung diadu begitu saja. Baiknya dia berdiet dahulu sepanjang dua minggu hingga 1 bulan sebelum diadu. Pada waktu ini cupang cuma dikasih makan cuk (jentik nyamuk) satu saja tiap harinya, tak lebih.

Tentunya dia akan merasa lebih lapar ketimbang hari biasanya, tapi tetap sehat. Rasa lapar ini dapat membuat cupang lebih garang dan ganas serta lebih galak. Pembawaan ini dapat dibawa hingga sampai waktunya diadu. Diet distop begitu cupang usai diadu, kemudian kembali dikasih cacing sutera.

Baca Juga:   Apa Ikan Cupang Bisa Tidur?

Melatih Pernapasan Ikan Cupang Aduan

Waktu untuk mengadu cupang bisa mencapai waktu hingga lima jam. Masing-masing cupang berusaha giat untuk menundukkan musuh. Kasusnya tentu bukan tentang menang atau kalah, tapi bagaimana tekniknya supaya cupang itu punya napas panjang? Begini cara melatih ikan cupang aduan.

how to train your fighting betta fish, cara memilih ikan cupang aduan yang ganas, cara merawat ikan cupang aduan, cara cupang yang baik dan benar, cara melatih ikan cupang aduan, cara memilih cupang aduan yang bagus, cara cupang yang baik, cara melatih ikan cupang aduan supaya ganas, cara melatih cupang aduan, cara merawat ikan cupang aduan agar ganas

Melatih ikan cupang aduan

Tentunya diperlukan latihan ketat sebelumnya cupang diadu. Tekniknya yakni dengan masukkan pralon berbentuk huruf U ke stoplesnya. Ukuran pralon ini mesti pas buat badannya maka dari itu dia selalu berusaha untuk mengeluarkan tubuhnya antara dua lubang pralon itu untuk bernapas. Kalau latihan ini lebih sering dijalankan, maka cupang-cupang aduan itu kian panjang napasnya, tak cepat menyerah pada musuh.

Baca Juga:   Ikan Cupang Betina yang Bagus untuk Kontes

Airnya Harus Selalu Bersih

Sebaiknya akuarium atau wadah tempat ikan cupang aduan itu ditempatkan, sering dibersihkan agar tidak mengundang penyakit.

Air bersih pengganti atau air penambah mesti diendapkan dahulu kira-kira 12 jam. Di wadah atau akuariumnya, tak dibutuhkan aerator untuk memompa udara dari luar lantaran dapat membuat jantung cupang terganggu. Dengan selalu mengawasi kebersihan air, memberinya makan yang cukup, dan tempatkan cupang dalam tempat yang sesuai, karenanya cupang aduan dapat lekas pulih kekuatannya.

error: