Cara Merawat Sugar Glider Bagi Pemula

Posted on

daftarhewan.com. Cara Merawat Sugar Glider Bagi Pemula. Sugar glider adalah hewan marsupial asli Indonesia, Australia, dan Pulau Papua.

Seperti tupai terbang, mereka memakai lipatan kulit untuk meluncur ketimbang terbang dengan sayap. Seperti tupai terbang, mereka bisa juga terbang lebih dari 45 meter.

cara merawat sugar glider, cara memandikan sugar glider, cara memelihara sugar glider, perawatan sugar glider, cara merawat sugar glider bagi pemula, cara menjinakkan sugar glider yang galak, cara memanggil sugar glider, merawat sugar glider, kandang sugar glider buatan sendiri, perawatan sugar glider untuk pemula, cara perawatan sugar glider, cara pemeliharaan sugar glider
Sugar Glider sedang makan

Cara Merawat Sugar Glider Bagi Pemula

1. Habitat Sugar Glider

Sugar glider hidup di wilayah hutan beriklim sedang di pepohonan. Mereka mengandalkan kehidupan tanaman yang subur hingga mereka bisa secara nyaman melaju dari permukaan ke atas. Ini membantu mereka berbaur untuk mengalihkan pemangsa potensial.

Di penangkaran atau pemeliharaan, semakin tinggi dan besar kandangnya, makin sugar glider betah dipelihara. Anda bisa membuat teka-teki kandang mereka dengan aktivitas seperti climbing net dan mainan yang menarik lainnya, tapi tidak boleh terlalu banyak menghalangi dinding. Sugar glider memerlukan ruangan bebas untuk terbang dan memanjat di seputar kandang mereka.

2. Kandang Sugar Glider

Kandang harus sekurang-kurangnya memiliki ukuran minimum 60 cm papang x 60 cm lebar x 90 cm tinggi. Di dalam, mereka perlu merasa aman. Mempunyai tempat tidur menggantung (Hammock) dengan bahan kulit sangat pas untuk makhluk ini.

3. Karakteristik

Sugar glider bisa menjalin ikatan yang baik dengan manusia, terutama jika Anda mensosialisasikannya sejak dini. Mereka dapat benar-benar jinak hingga Anda bisa menggenggamnya di tangan atau saku Anda. Namun, tidak pedui seberapa jinak, hewan peliharaan ini tidak pernah betul-betul kehilangan sifat liarnya.

Baca Juga:   Makanan Bunglon? Berikut Rekomendasi Terbaik

Mereka membutuhkan perawatan yang sangat tidak serupa dari hewan peliharaan tradisional, jadi sangat dianjurkan untuk mengetahui atau mempelajari sebelumnya tentang spesies ini saat sebelum membeli. Mereka umumnya suka bermain dan ingin tahu, bersenang-senang menelusuri di luar kandang mereka dan memerlukan banyak ruangan untuk melakukannya.

Sugar glider melakukan yang terbaik dengan penangan yang matang dan bertanggungjawab, karena mereka benar-benar rapuh. Mereka bisa juga benar-benar gugup, terlebih bila Anda tidak cukup berinteraksi dengan mereka pada awalnya.

cara merawat sugar glider, gambar sugar glider, cara memandikan sugar glider, cara memelihara sugar glider, asal sugar glider, cara merawat sugar glider bagi pemula, cara menjinakkan sugar glider, cara ternak sugar glider, cara membedakan sugar glider jantan dan betina
Sugar Glider – via : pinterest.com

4. Kesehatan

Karena sugar glider ialah hewan peliharaan yang eksotik, Anda perlu memahami perawatan, makanan khusus yang mereka butuhkan. Sugar glider makan terutama serangga, buah-buahan, dan sayur.

5. Apa Makanan Sugar Glider?

  • Ulat Hongkong
  • Buah-buahan seperti Pear
  • Jangkrik
  • Pelet (makanan khusus Sugar Glider)
  • Telur
  • Sayuran Hijau

Sugar glider rawan pada permasalahan kesehatan tertentu, jadi menemukan dokter hewan eksotis bersertifikasi dengan pengalaman ialah satu keharusan. Walau sugar glider Anda tidak membutuhkan pemeriksaan sebanyak beberapa hewan peliharaan rumah tangga, mereka masih membutuhkan pemeriksaan tahunan.

Sugar glider rentan pada penyakit :

  • Aflatoxicosis
  • Kegemukan
  • Leptospirosis
  • Giardia
  • Parasit

Membawa sugar glider Anda ke professional tepercaya membantu kurangi resiko penyakit.

Izin atau Lisensi

Karena sugar glider dipandang hewan eksotik, beberapa negara bagian di Amerika tidak mengizinkan pembelian atau penjualan spesies ini. Anda perlu memeriksa undang-undang negara Anda sebelum berkomitmen untuk membeli sepasang Sugar Glider, tetapi tenang saja, di Indonesia diperoblehkan ko memelihara hewan ini.

Baca Juga:   Berbagai Jenis Makanan Tupai Terbaik

6. Harga Sugar Glider

Sugar Glider Leucistik Joey : Rp. 1.350.000

Sugar Glider Whiteface : Rp. 550.000

Sugar Glider Mosaic Ring Lail : Rp. 1.100.000

Sugar Glider Classic Grey Joey Jinak : Rp. 300.000 – 350.000

Sugar Glider Mozaic White Panduan : Rp. 800.000

7. Cara Membedakan Sugar Glider Jantan dan Betina

Betina mempunyai kantong di perut mereka yang tampil sebagai slip dengan lebar sekitaran 1/2 inci. Sugar glider jantan tidak mempunyai kantong. Kebalikannya, mereka mempunyai skrotum terjumbai dengan bulu di depan kloaka (pembukaan umum saluran reproduksi, kemih, serta usus).

8. Resiko Memelihara Sugar Glider

Cara merawat sugar glider yang perlu diketahui selanjutnya adalah, mereka merupakan hewan yang sangat sosial dan memelihara satu ekor saja, serta membiarkannya sendirian termasuk kejam, karena bisa mengakibatkan stres, penekanan emosional, penyakit fisik, pengurangan berat badan, serta umur yang lebih pendek. Resiko: Sugar glider kemungkinan akan menggigit Anda, khususnya pada tahapan awal kepemilikan.

Sugar glider menjadi hewan peliharaan yang cocok dalam beberapa situasi.

Bagaimana Reaksi Tupai Terbang dan Sugar Glider pada Penangkaran

Supaya bahagia di penangkaran, tupai terbang dan sugar glider, Anda harus membuat mereka merasa sebebas mungkin. Seperti yang bisa Anda bayangkan, dikurung bisa mengakibatkan stres dan kesedihan, terlebih bila mereka kurang cukup bersosialisasi dengan jenisnya sendiri.

Mereka kemungkinan tidak pernah seutuhnya menyesuaikan dengan kehidupan di penangkaran, bahkan juga bila mereka dilahirkan di dalamnya. Tapi mereka bisa bergaul dan terikat dengan manusia sampai tingkat tertentu.

9. Berapa Kali Sugar Glider Makan Dalam Sehari

Dalam perawatan Sugar glider harus diberi konsumsi makanan khusus mereka rata-rata 2 kali sehari. Sekali pada pagi hari dan yang lainnya pada sore hari. Anda dapat memberikannya cemilan atau makanan dengan jumlah kecil pada sore hari.

Baca Juga:   6 Hewan Peliharaan Murah Meriah dan Unik

10. Berapa Lama Sugar Glider Hamil

Periode kehamilan, atau panjang kehamilan, ialah sekitaran 15-17 hari (dibandingkan dengan 60-65 hari untuk anjing dan kucing dan kurang lebih 270 hari untuk manusia). Sugar glider umumnya melahirkan 1-2 bayi sekaligus.

Tanggung Jawab Memiliki Hewan Liar

Saat Anda masuk ke kepemilikan hewan peliharaan yang eksotis, itu dapat benar-benar berbeda dari anjing dan kucing tradisional yang kemungkinan Anda terbiasa. Ketahui langkah merawat hewan eksotik memerlukan waktu, pengalaman, dan pengetahuan.

11. Cara Memandikan Sugar Glider

Sugar glider Anda tetap harus cukup bersih tanpa perlu mandi, baik itu dengan shampo basah atau kering. Sugar glider berlainan dari beberapa hewan mamalia kecil yang lain karena mereka tidak mandi debu dan tak perlu dimandikan dengan teratur oleh pemiliknya.

Sugar glider yang sehat menjaga diri mereka sendiri tanpa bantuan shampo. Bila sugar glider Anda kotor atau mungkin tidak menjaga dirinya, itu ialah indikasi yang mengharuskan Anda berkunjung dokter hewan untuk mengetahui kenapa glider Anda bertingkah tidak normal dan tidak membersihkan dirinya sendiri.

12. Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Sugar Glider

Gunakan air minum kemasan atau dari mata air lainnya, sebaiknya jangan pernah memberikan air ledeng, karena bahan kimia seperti fluorida dan klorin di air keran dapat berakibat fatal bagi glider.

Buah dan Sayur pun berpotensi beracun lainnya termasuk alpukat, kubis Brussel, kembang kol, daun bawang, selada, bawang putih, bawang bombay, kacang polong, dan lobak.

Comments are closed.