Bagaimana Cara Semut Berkembang Biak?

daftarhewan.com. Semut berkembang biak dengan cara apa? Semut adalah serangga yang terbilang kurus. Seperti kerabat mereka, tawon, mereka memiliki rongga yang sempit antara perut dan dada. Mereka memiliki mulut yang suka mengunyah serta antena mereka bengkok di tengah.

cara berkembang biak semut hitam, semut berkembang biak dengan cara brainly, semut berkembang biak dengan cara apa, bagaimana cara semut berkembang biak, gambar cara berkembang biak semut, semut berkembang biak dengan cara, bagaimana semut berkembang biak, semut berkembang biak, cara berkembang biak hewan semut, cara berkembang biak semut, cara perkembangbiakan semut

Beberapa spesies semut berukuran sangat kecil (panjang 1-2mm), tetapi beberapa spesies semut dataran tropis berukuran cukup besar (30 mm). Kebanyakan spesies memiliki panjang 5-15 mm. Beberapa spesies semut bisa menyengat, dan semuanya bisa menggigit. Semut memiliki banyak kelenjar untuk memproduksi bahan kimia. Sebagian besar spesies semut berwarna coklat, tetapi ada juga yang hitam, ada yang kekuningan, dan sebagian atau seluruhnya merah.

Setiap koloni semut memiliki beberapa jenis semut yang berbeda. Mereka semua adalah spesies yang sama, tetapi mereka terlihat berbeda. Sebagian besar semut yang Anda lihat adalah pekerja. Mereka betina, namun mereka tidak bisa bereproduksi atau steril. Mereka melakukan semua pekerjaan di sarang dan melindungi koloni dari musuh.

Beberapa spesies semut memiliki ukuran semut pekerja yang berbeda untuk pekerjaan yang berbeda: semut besar dengan rahang besar berburu atau melindungi sarang, sementara semut yang lebih kecil bekerja di dalam, merawat semut yang masih muda dan menggali.

Di dalam sarang ada ratu, dia adalah betina yang besar, dan satu-satunya yang bisa bertelur. Beberapa spesies semut memiliki beberapa ratu dalam satu sarang, dan beberapa lainnya hanya memiliki satu. Pada waktu-waktu tertentu di musim panas akan ada ratu dan pejantan baru di sarang juga.

Baca Juga:   Pohon di Australia yang Daunnya Makanan untuk Hewan Koala

Mereka memiliki sayap, dan terbang untuk kawin dan memulai membuat sarang baru. Semut jantan biasanya lebih kecil dari betina. Hanya semut jantan dan ratu yang memiliki sayap, tetapi ratu melepaskan sayapnya ketika mereka memulai sarang baru. Semut pekerja tidak pernah memiliki sayap.

a. Di mana semut tinggal?

Semut adalah serangga yang sangat penting di seluruh dunia, terutama di daerah tropis. Ada lebih dari 11.000 spesies di dunia. Habitat semut; Semut hidup dalam kelompok besar yang disebut koloni. Mereka mungkin bersarang di bawah tanah, di dalam pepohonan, atau di dinding dan lubang rumah atau bangunan. Di dalam rumah, semut dapat bersarang di balik papan rumah Anda, di balik papan rumah Anda, meja, serta di dalam dinding.

b. Bagaimana cara semut berkembang biak?

Semut berkembang biak dengan cara? Mereka melakukan sistem perkawinan dan bertelur. Semut hidup dalam koloni tempat satu atau beberapa betina, yang disebut ratu yang suka bertelur. Sebagian besar keturunan ratu menjadi semut pekerja yang tidak bereproduksi. Beberapa adalah jantan, dan beberapa menjadi ratu baru. Setiap ratu semut dapat bertelur ribuan telur per tahun.

Baca Juga:   250 Daftar Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris, Lengkap!

Semut “ratu” betina akan terbang jauh, selama itu mereka akan kawin dengan setidaknya satu jantan bersayap dari sarang lain. Dia mentransfer sperma ke wadah mani ratu dan kemudian mati. Setelah kawin, “ratu” akan berusaha menemukan area yang cocok untuk memulai koloni dan, setelah ditemukan akan melepaskan sayapnya.

Ketika ratu baru menemukan tempat yang baik untuk sarang, dia membangun sebuah ruangan kecil dan bertelur. Ketika telur menetas, dia mencari makanan dan memberi makan larva dan merawatnya sampai mereka dewasa. Mereka menjadi pekerja, dan mereka mengambil alih semua pekerjaan di sarang. Ratu tidak melakukan apapun kecuali bertelur.

Setelah koloni terbentuk, semut pekerja memenuhi kebutuhan ratu seperti memberinya makanan dan membuang kotorannya. Karena struktur sosial semut sangat kompleks dan semut individu relatif sederhana, koloni semut dapat dianggap sebagai organisme tunggal, dan semut individu sebagai sel atau anggota tubuh organisme, karena individu jarang dapat bertahan hidup sendiri. Dalam koloni, beberapa semut mungkin tidak ada hubungannya dengan ratu, seperti ketika induknya ditangkap dalam penyerbuan dan dibesarkan sebagai milik koloni.

Ratu semut adalah jantung dari setiap koloni semut. Hanya ratu yang bisa kawin, bereproduksi dan bertelur. Seluruh koloni berfokus pada ratu dan kebutuhan telurnya. Selalu ada semut yang bekerja mencari makanan untuk ratu dan telurnya. Saat telur menetas, mereka berkembang menjadi larva, dan mereka membutuhkan makanan tertentu. Merupakan salah satu tanggung jawab semut pekerja untuk menyesuaikan makanan untuk kebutuhan larva.

Baca Juga:   Apa Saja Hewan yang Bertelur?

Dalam kebanyakan kasus, hanya ada satu ratu semut per koloni semut, tetapi jika semut pekerja cukup, jumlah semut dalam satu koloni bisa lebih dari satu. Jumlah ratu tergantung pada jumlah semut pekerja yang dapat menyediakan makanan yang cukup bagi ratu dan telurnya.

Selain itu, jumlah semut sangat penting untuk melindungi ratu dan telurnya. Bergantung pada spesies semut dan kondisi kehidupan, ratu semut dapat hidup hingga 25 hingga 30 tahun.

c. Seberapa cepat semut berkembang biak?

Telur menetas dalam delapan sampai 10 hari; larva berkembang melalui empat tahap (instar) sebelum menjadi kepompong. Pengembangan membutuhkan 22 hingga 37 hari, tergantung suhu. Semut api adalah serangga sosial, dengan setiap koloni berisi satu atau lebih ratu semut. Semut ratu bisa menghasilkan sekitar 800 telur per hari.

d. Peran Semut dalam ekosistem?

Semut sangat penting dalam banyak peran. Beberapa spesies menyebarkan biji, beberapa predator penting bagi serangga, beberapa spesies tropis herbivora penting. Penggalian mereka sering kali meningkatkan kualitas dan menyuburkan tanah untuk pertumbuhan tanaman. Dampak Ekosistem menyebarkan benih menciptakan aerasi tanah biodegradasi habitat.

error: