Home » Burung » Begini, Cara dan Tips Agar Perkutut Cepat Bertelur!

Begini, Cara dan Tips Agar Perkutut Cepat Bertelur!

daftarhewan.com. Ada informasi penting nih untuk Anda yang sedang mengembangkan bisnis peternakan. Tentunya sebagai peternak, Anda selalu mengharapkan hasil akhir yang terbaik serta dengan keuntungan optimal. Namun bagaimana dengan peternak perkutut?

Burung jenis ini dikenal sebagai unggas yang sedikit sulit untuk bertelur. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan perawatan terbaik agar perkutut menghasilkan telur dengan kualitas terbaik.

cara ternak perkutut cepat bertelur, cara ternak perkutut lokal, cara ternak perkutut bangkok, ternak perkutut di kandang gantung, ternak perkutut di sangkar gantung, ternak perkutut dengan sangkar gantung, gambar kandang ternak perkutut, cara ternak perkutut sangkar gantung, ukuran kandang ternak perkutut minimalis, ternak perkutut bangkok cirebon, ternak perkutut kandang gantung, ternak perkutut bangkok pemula

Ternak burung perkutut agar cepat bertelur

Namun, sebelum berbicara kualitas, ada baiknya Anda mengetahui cara dan tips agar perkutut cepat bertelur. Bagaimana langkahnya? Anda dapat melakukan trik yang tertera di bawah ini.

1. Pemberian Pakan Burung Perkutut

Perkutut termasuk merupakan jenis unggas yang menyukai biji-bijian. Biji-bijian ini umumnnya selalu diberi campuran berupa ketam hitam, milet, beras merah, gabah merah, canary seed, dan godem. Usahakan pakanan yang campuran ini Anda sesuaikan dengan kegemaran burung perkutut.

Untuk memastikan pakanan dengan kualitas terbaik, Anda dapat mencermatinya terlebih dahulu. Pakanan tersebut biasanya masih baru, segar dan biasanya tidak berbau. Jangan pernah memberikan pakanan dengan usia yang sudah lama. Hal tersebut akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan burung perkutut. Pastikan biji-bijian tersebut bersih dari hama dan pestisida.

2. Sesuaikan dengan Kondisi Kesehatan Saat Akan Memberikan Pakan

Pastikan Anda menyesuikan pemberian pakan dengan kebutuhan burung perkutut sebagai cara supaya perkutut cepat bertelur. Hal ini penting untuk menjaga kondisi tubuh unggas satu ini. Dan yang terpenting, jangan samakan pakan antara burung perkutu yang difungsikan untuk lomba dengan burung perkutut yang diternakkan untuk diambil dagingnya.

Baca Juga:   Ayam Pegar Ring-neck Pheasant

Burung perkutut mengonsumsi 10% makanan dari berat bedannya. Sehingga, Anda perlu memberikan banyak pakan yang berguna sebagai cadangan makanan. Demikian halnya dengan pemberian minum, usahakan untuk selalu menyiapkan minuman dengan air yang bersih, baru serta tidak berbau.

3. Siapkan Sangkar yang Nyaman

Siapkan pasir, batu-batuan dan pecahan batu bata merah sebagai tambahan di sangkar ternak. Mengapa demikian? Agar burung perkutut dapat lebih mudah mencerna pakanan berupa batu-batuan/pasir sebagai asinan. Sangkar yang nyaman juga berpengaruh dalam perawatan burung perkutut. Perhatikan baik-baik bagaimana cara dan tips agar perkutut cepat bertelur. Apabila sangkar yang disiapkan kurang bersih, burung perkutut tentunya akan mengalami masalah buruk bagi tumbuh kembang yang anda tidak mengharapkannya.

4. Beri Vitamin

Unggas membutuhkan sumber asupan vitamin dari pakan yang dikonsumsinya. Hal ini sebagai cadangan makanan yang dibutuhkan untuk energy setiap hari. Oleh karena itu, Anda mesti memberikan porsi sendiri pada burung perkutut tersebut.

Ada banyak jenis vitamin dalam cara dan tips agar perkutut cepat bertelur yang bagus bagi pencernaan burung perkutut. Baik vitamin yang dibuat oleh pabrik ataupun racikan anda sendiri.

Dalam hal ini, Anda tetap harus berhati-hati dalam memberikan vitamin untuk burung perkutut yang anda pelihara di rumah. Apabila tidak cocok, yang terjadi malah burung Anda akan malas untuk melakukan aktivitas. Sehingga, akan mengganggu pada saat perlombaan.

5. Vitamin yang Baik

Vitamin ikan, vitamin kompleks , vitamin e dan masih banyak lagi jenis vitamin yang baik untuk tumbuh kembang burung perkutut Anda. Selain berfungsi dalam hal tersebut, cara dan tips agar perkutut cepat bertelur adalah pemberian vitamin yang diperlukan bagi tubuh. Vitamin ini juga berfungsi dalam meningkatkan nafsu makan burung perkutut walaupun masih harus disesuaikan dengan nafsu makan dan kegunaannya.

cara ternak perkutut cepat bertelur, cara ternak perkutut supaya cepat bertelur, cara ternak burung perkutut supaya cepat bertelur, cara ternak perkutut di kandang gantung, cara ternak burung perkutut yang baik dan benar, ternak burung kutut

Kandang atau sangkar burung perkutut yang baik supaya cepat menghasilkan anakan

6. Pastikan Untuk Memberikan Vitamin Berdasarkan Kebutuhan

Merupakan hal yang kurang bagus jika anda memberikan vitamin untuk burung perkutut setiap hari. Cukup memberikan vitamin sebanyak 4-5 sekali saja. Namun rutin, serta dapat bergantian dengan jenis vitamin yang lainnya. Misalkan hari ini Anda memberikan vitamin B kompleks, maka anda dapat memberikan vitamin E pada hari selanjutnya. Hal ini berlaku pada hari-hari esoknya juga.

Baca Juga:   Apa Saja Makanan Alami Burung Kenari?

Tata cara dalam pemberian asupan vitamin pun dinilai amat beragam. Adapun cara dan tips agar perkutut cepat bertelur ini dapat Anda lakukan dengan mencampurnya dengan air biasa. Selain itu, Anda juga dapat memberikannya dengan cara meneteskan pada mulut unggas Anda. Beberapa malah ada yang menyuntikkan vitamin tersebut untuk mempercepat daya metabolisme. Namun umumnya, orang-orang memberikan campuran air agar lebih mudah dalam mencernanya.

Akan tetapi lebih bagus jika kita tak melakukan pemaksaan yang malah akan mengakibatkan burung perkutut tersebut mengalami stress. Bahkan, beberapa diantaranya jatuh sakit dikarenakan pemiliknya salah dalam merawat dan memberikan pakan terbaik. Akan lama untuk melakukan proses penyembuhan apabila burung perkutut sudah mengalami gejala sakit. Maka, sebaiknya Anda memberikan vitamin dalam bentuk air minum saja. Terlebih, apabila Anda masih sangat pemula dalam beternak dunia burung perkutut.

Mungkin Anda berpikir untuk memberikan yang terbaik pada burung perkutut. Namun, ada banyak hal yang harus anda perhatikan dalam cara dan tips agar perkutut cepat bertelur serta terkait dengan hal perawatan tersebut. Jangan terlalu berlebihan agar burung perkutut tersebut tidak mengalami hal yang tidak diinginkan. Sehingga yang terjadi adalah burung perkutut anda akan jatuh sakit dan malas untuk berbunyi.

Baca Juga:   Burung Falk, Si Parkit Australia yang Cantik dan Jinak

7. Perkembangbiakan Perkutut

Anda perlu memastikan terlebih dahulu jenis kelamin perkutut jantan dan betina agar bisa berkembang biak. Untuk menjodohkan burung perkutut, Anda dapat melakukannya dua hal yaitu saat masih berusia kecil dan saat dewasa. Yang perlu Anda inginkan adalah memerhatikan usia burung perkutut serta kesiapan dalam melakukan perkembang biakan. Hal ini dimaksudkan agar burung perkutu tidak menjadi cepat stress.

8. Perawatan Kala Usia Dini

Ketika ingin menjodohkan burung perkutut saat usia dini, anda perlu memerhatikan kondisi burung perkutut dan cara dan tips agar perkutut cepat bertelur. Dalam kondisi saat berumur 1 bulan, burung perkutut sudah dapat diternakkan. Hal ini dikarenakan dalam kondisi umur tersebut mereka bisa mencari pakannya sendiri.

9. Vitamin Dalam Meningkatkan Kualitas Telur

Apakah Anda mengenal mineral egg? Mineral egg biasa digunakan sebagai nutrisi penambah untuk meningkatkan kualitas telur burung perkutut tersebut. Anda dapat dengan mudah mendapatkan mineral egg di toko yang khusus menjual pakan ternak khusus burung perkutut.

10. Vitamin Untuk Mempercepat Tumbuh Kembang

Anda dapat memberikan vitamin saat burung perkutut belum dapat mencari pakannya sendiri. Atau dapat dikatakan masih dalam usia dini. Hal ini bermanfaat baik untuk mempercepat tumbuh kembang dan hal hal baik yang lainnya.

Demikianlah informasi mengenai cara dan tips agar perkutut cepat bertelur yang dapat Anda jadikan referensi dalam beternak salah satu unggas bernama burung perkutut tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan burung puyuh peliharaan Anda agar tidak mendapatkan hasil yang tidak Anda inginkan. Sekian pembahasan mengenai tips supaya burung perkutut cepat bertelur dan selamat mencoba.

error: