8 Ciri-Ciri Anjing Hamil Paling Umum

Posted on

daftarhewan.com. Ciri2 anjing hamil. Pengujian secara diagnostik bukanlah satu-satunya cara untuk mengetahui apakah seekor anjing hamil, meskipun ini adalah yang paling akurat. Ada ciri2 anjing hamil yang bisa diwaspadai, antara lain:

Ciri2 Anjing Hamil

  1. Bertambahnya nafsu makan
  2. Penambahan berat badan
  3. Puting terlihat lebih besar
  4. Perut membesar
  5. Lebih mudah lelah
  6. Perilaku Bersarang
  7. Lebih ingin diperhatikan
  8. Mudah terseinggung dan lekas marah

Berbeda dengan Kucing, Anjing hamil selama kurang lebih 62-64 hari, atau sekitar dua bulan, meskipun dokter hewan biasanya mengatakan, “memperkirakan waktu kelahiran bisa jadi sulit karena tanggal berkembang biak tidak selalu sesuai dengan tanggal pembuahan. Lama kehamilan juga dapat bervariasi menurut jenis dan berapa ekor anak yang dilahirkan.”

Pada akhir bulan pertama, dokter hewan dapat mendeteksi detak jantung janin, dan perkembangannya semakin cepat hingga bulan kedua saat embrio berkembang menjadi anak anjing yang dapat dikenali. Pada akhir bulan kedua dan awal bulan ketiga, anak-anak anjing siap untuk dilahirkan.

anjing hamil, ciri2 anjing hamil, ciri-ciri anjing hamil, cara merawat anjing hamil, makanan anjing hamil, tanda2 anjing hamil, hamil anjing, merawat anjing hamil, perawatan anjing hamil, anjing hamil muntah, anjing bunting,pelihara anjing saat hamil, kehamilan pada anjing, memelihara anjing saat hamil
Ciri2 anjing hamil – via : hondenpassie.nl

Pernahkah Anda memperhatikan anjing Anda bertingkah sedikit lebih malas dari biasanya, atau mungkin makan lebih sedikit dari makan malamnya? Ini bisa menjadi tanda kehamilan, dan jika dia tampak sehat dan bahagia, kemungkinan anjing tersebut memiliki salah satu ciri-ciri anjing hamil. Baca Juga : Umur anjing paling tua bisa hamil

Baca Juga:   12 Jenis Anjing Hias Ras Kecil, Miniatur yang Lucu!

Beberapa gejala ini juga bisa menjadi tanda penyakit, jadi penting untuk memeriksakan perubahan penampilan, nafsu makan, atau tingkat aktivitas ke dokter hewan. Selain daftar 8 tanda paling umum di atas, berikut 5 ciri2 anjing hamil yang paling perlu diperhatikan:

1. Aktivitas Berkurang

Jika anjing menjadi lebih mudah lelah atau menghabiskan lebih banyak waktu yang digunakan untuk tidur siang, ini bisa menunjukkan bahwa dia sedang hamil.

Untuk anjing yang biasanya bersemangat, penurunan ini harus ditanggapi dengan serius. Untuk anjing yang sudah menikmati tidur siang sepanjang hari, mungkin akan lebih sulit untuk melihat penurunan energi. Jika itu masalahnya, coba perhatikan lebih dekat seberapa cepat dia lelah saat berjalan.

2. Perubahan Nafsu Makan

Nafsu makan anjing hamil dapat berfluktuasi dengan cara yang berbeda, tergantung pada anjing dan tahap kehamilannya. Di awal atau mungkin di pertengahan masa kehamilan, si induk mungkin akan sesekali muntah (seperti anjing mual pada pagi hari) atau makan lebih sedikit.

Baca Juga:   Apakah Penyakit Anjing Dapat Menular Ke Manusia?

Tetapi, mungkin porsi makan dia akan lebih banyak dari biasanya dan merasa tidak puas dengan makanannya. Keadaan yang tidak menentu ini sesuai dengan perubahan hormon anjing peliharaan Anda.

3. Perilaku Tidak Biasa

Jika anjing hamil, mungkin melihat perubahan-perubahan yang bisa Anda kenali dalam perilakunya. Misalnya, dia mungkin akan lebih mencari kenyamanan dari Anda.

Anjing hamil mungkin menginginkan waktunya lebih banyak dihabiskan di samping pemiliknya, atau mencari perhatian lebih.

Disamping itu, anjing hamil mungkin akan mencari tempat menyendiri dan tidak ingin diganggu, dia mungkin terlihat tertekan atau bahkan mudah terganggu ketika pemiliknya memberi perhatian. Baca Juga : Masa Hamil Pada Hewan

4. Puting yang membesar dan berubah warna

Puting anjing betina biasanya berukuran kecil, kehamilan dapat menyebabkan ukuran puting tumbuh lebih besar dalam masa awal-awal kehamilan. Areola menjadi lebih membulat dibandingkan dari biasanya.

Kemungkinan Anda juga memperhatikan puting anjing yang berubah menjadi merah atau sedikit lebih terlihat kehitaman dari biasanya, yang menunjukkan meningkatnya aliran darah. Kemudian dalam kehamilan, putingnya kadang-kadang akan mengeluarkan susu.

5. Berat Badan dan Perut Membesar

Saat anak anjing tumbuh dalam perut, tentunya perut anjing akan terlihat lebih membesar. Ini bisa menjadi salah satu indikator paling jelas tentang kehamilan anjing, terutama jika anjing Anda tidak memiliki alasan lain untuk kenaikan berat badan secara tiba-tiba.

Baca Juga:   5 Tahap Perkembangan Mental Anak Anjing

Namun, pembesaran perut terjadi relatif terlambat pada kehamilan anjing Anda, yang berarti bahwa jika Anda melihat tanda ini, bersama dengan yang lain, inilah saatnya untuk membawanya ke dokter hewan.

6. Perilaku Bersarang

Selama beberapa minggu terakhir kehamilan, Anda mungkin melihat anjing Anda mulai mengobrak-abrik tempat tidur dan bahan lain yang tersedia untuk membuat sarang.

Dia mungkin juga menjadi mudah tersinggung dan tertutup selama waktu ini, jadi yang terbaik adalah membatasi kontaknya dengan anak kecil.

Dibandingkan dengan manusia, periode kehamilan anjing relatif singkat 56-70 hari. Oleh karena itu, bertindak cepat pada tanda-tanda kehamilan sangat penting untuk memastikan kelahiran yang nyaman dan aman untuk anak anjing baru Anda.

Setelah pemeriksaan yang tepat, dokter hewan setempat dapat memberi Anda semua instruksi yang Anda butuhkan untuk merawat hewan peliharaan hamil Anda dengan benar.

Apakah menurut Anda anjing Anda hamil? Silakan hubungi dokter hewan tentang perawatan yang di butuhkan.