5 Ciri-ciri Kucing Hamil yang Perlu di Waspadai!

Ciri Kucing Hamil. Selama kehamilan, perilaku kucing bisa jadi sedikit berubah, meskipun beberapa kucing menjadi lebih penyayang, dan beberapa menjadi agresif.

Cara Mengetahui Kucing Hamil

Sama seperti manusia, kucing memiliki beberapa tanda atau ciri-ciri kucing hamil dari perilaku hingga perubahan tubuh dan karakteristik serta penambahan berat badan. Kucing Anda kemungkinan tidak akan menunjukkan tanda-tanda kehamilan dalam beberapa minggu pertama, jadi jika menurut Anda dia akan melahirkan anak kucing, penting untuk membawanya ke dokter hewan untuk konfirmasi. Berikut ini 5 tanda atau beberapa gejala yang harus diketahui.

ciri ciri kucing hamil, tanda kucing hamil, ciri ciri kucing hamil muda, cara mengetahui kucing hamil, ciri kucing hamil muda, tanda kucing hamil muda, ciri ciri kucing hamil 1 minggu, tanda kucing hamil 1 minggu

Salah satu tanda kucing hamil adalah terlihat putingnya membesar

1. Morning Sickness

Sama seperti manusia, kucing yang sedang hamil muda, mungkin 1-4 minggu setelah kawin atau setelah berhubungan dengan jantan, bisa mengalami mual selama kehamilan (Morning sickness). Dia mungkin mengalami fase muntah atau lesu. Penting untuk diperhatikan bahwa itu bukan salah satu tanda yang paling umum dan jika kucing Anda menunjukkan tanda-tanda sakit, ada baiknya untuk mengawasinya; jika tidak cepat kembali normal, pastikan untuk membawanya ke dokter hewan.

Baca Juga:   Fakta Kucing British Shorthair, Ras Tertua Britania Raya

2. Nafsu Makan Meningkat

Awasi kebiasaan makan kucing Anda jika menurut Anda dia hamil – itu hampir selalu berubah cukup drastis. Jika dia tidak mengalami mual, kemungkinan nafsu makan teman berbulu Anda akan meningkat pesat, terutama menjelang akhir kehamilannya. Ingat, kucing Anda dapat memiliki beberapa anak kucing jadi dia tidak hanya makan untuk dia sendiri tetapi mungkin untuk beberapa ekor anak dalam kandungannya.

3. Puting Membesar

Salah satu indikator kehamilan pertama dan paling jelas pada kucing Anda adalah perubahan pada putingnya. Sekitar dua hingga tiga minggu setelah kehamilan kucing Anda akan mulai menunjukkan puting yang membesar dan berwarna merah / merah muda.

4. Terlihat Gemuk

Kombinasi pertumbuhan anak kucing yang belum lahir dan nafsu makan induk yang meningkat akan membuat kucing Anda bertambah gemuk; biasanya sekitar 1-2kg tergantung berapa banyak anak kucing yang dia gendong. Jika perutnya membulat dan membengkak maka ini pertanda kuat dia hamil. Baca Juga : Ciri Kucing Mau Melahirkan

Baca Juga:   Kucing Japanese Bobtail, Si Ekor Bundel Asal Jepang

5. Perilaku Bersarang

Tanda kucing mau melahirkan adalah menjelang akhir kehamilan (sekitar dua minggu sebelum tanggal perkiraan kelahiran) Anda akan melihat kucing hamil peliharaan Anda mencari tempat yang tenang dan nyaman di sekitar rumah atau gudang terdekat.

Dia mungkin akan menyeret selimut lembut, handuk bekas, jerami, atau kertas bekas untuk membuat tempat yang nyaman untuk melahirkan anak kucingnya. Jika Anda melihat perilaku bersarang ini, bantu dia dengan menyiapkan kotak kardus yang dilapisi dengan koran atau handuk untuk digunakan sebagai sarang.

Berapa Lama Kucing Hamil?

Masa kehamilan kucing biasanya sekitar 65 hari, meskipun pada beberapa kucing, periode kehamilan mungkin bervariasi antara 61 dan 72 hari. Sebaiknya konfirmasikan dengan dokter hewan untuk perkiraan masa kelahiran, sebelum Anda mulai melacak hari-harinya.

Makanan Untuk Kucing Hamil

Seekor kucing akan membutuhkan lebih banyak protein dan energi untuk menjaganya tetap kuat selama masa kehamilan. Meskipun makanan kucing dewasa normal membuatnya tetap sehat, makanan tersebut tidak memiliki nutrisi tambahan yang diperlukannya untuk membesarkan anak-anaknya.

Baca Juga:   Seluk-beluk Kucing Ras Oriental, Si Energik Berwajah Unik

Sebenarnya akan lebih bermanfaat untuk mengalihkannya kembali ke makanan anak kucing selama masa kehamilannya dan sampai anak kucing yang baru lahir telah disapih. Penting untuk mengganti makanan secara bertahap. Baca juga : Apa Kucing Hamil Boleh Dimandikan?

Beralih ke makanan anak kucing memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk kucing hamil tetapi juga untuk anak kucing baru. Mereka akan mendapatkan susu berkualitas tinggi dari nutrisi tambahan yang dikonsumsi ibu mereka dan saat mereka tumbuh, mereka akan mulai mencoba beberapa makanan ibu, yang akan membantu mereka untuk menyapih sedikit lebih lama.

Makan sedikit tapi sering adalah cara yang harus dilakukan. Akan berguna untuk meninggalkan makanan kering berkualitas tinggi untuk dia makan sepanjang hari saat dia merasa perlu.

Sangat penting bagi kucing hamil peliharaan Anda untuk memiliki akses ke air minum selama kehamilannya dan saat dia menyusui. Meskipun setelah anak kucing lahir, hal ini harus di luar jangkauan anak-anak kecil agar mereka tidak basah atau tenggelam.

error: