6 Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan, Siapkan Tempat yang Nyaman!

daftarhewan.com. Ciri ciri Kucing mau melahirkan. Anda mungkin tidak memperhatikan tahap pertama persalinan kucing Anda, karena bisa jadi tidak ada kontraksi yang terlihat. Sebaliknya, dia akan tampak gelisah, dan menunjukkan perilaku aneh seperti terus-menerus mengikuti atau menghindari Anda. Dia juga akan sangat suka mengeong dan sering merawat dirinya sendiri.

Ciri ciri kucing akan melahirkan :

ciri ciri kucing akan melahirkan, ciri2 kucing mau melahirkan, ciri ciri kucing melahirkan, ciri ciri kucing ingin melahirkan, ciri ciri kucing yang mau melahirkan, ciri ciri kucing persia mau melahirkan, ciri ciri kucing yang akan melahirkan, ciri ciri kucing anggora mau melahirkan, ciri ciri kucing akan melahirkan, ciri ciri kucing hamil dan akan melahirkan

1. Ukuran Kelenjar Susu (Mammary gland) Membesar

Selama minggu terakhir kehamilan, kelenjar susu kucing Anda akan membesar, tanda seperti ini sama dengan ciri kucing hamil. Kelenjar susu tersusun dalam 2 baris paralel yang membentang di sepanjang dinding tubuh luar yang memanjang dari daerah selangkangan hingga bagian bawah dadanya. Kucing biasanya memiliki 4 pasang kelenjar susu. Kira-kira 2 hari sebelum kucing Anda melahirkan, dia akan mulai memproduksi susu.

Anda mungkin melihat beberapa cairan kental berwarna krem ​​keluar dari putingnya. Kucing Anda mungkin akan menjilatnya atau membiarkannya mengering dan Anda akan melihat bahwa putingnya akan memiliki keropeng kecil berwarna keputihan. Secara umum diyakini bahwa setiap puting memiliki bau uniknya sendiri, yang digunakan anak kucing untuk menempelkan dirinya berulang kali ke puting yang sama.

Baca Juga:   Ras Kucing Peterbald, yang Lincah dan Tanpa Bulu

2. Perilaku Seperti Membuat Sarang

Mirip dengan manusia, kucing Anda mungkin mulai bertingkah laku bersarang dan menempatkan dirinya senyaman mungkin. Anda dapat membantu kucing saat ini dengan meletakkan tempat persalinan anak kucing atau kotak bersarang di ruangan yang tenang dan hangat yang bebas dari angin.

Terlindungi dari angin dingin sangat penting karena anak kucing tidak dapat mengatur suhu tubuhnya. Pastikan lokasi kotak sarang terhindar dari hewan peliharaan lain yang mungkin Anda miliki, serta tidak terganggu oleh anak-anak. Biarkan kucing Anda untuk tidur di dalam kotak ini segera setelah Anda melihat adanya perilaku ingin bersarang.

3. Suhu Tubuh Menurun

Suhu normal kucing Anda turun antara 37,7º sampai 39,1ºC (100º sampai 102,5ºF). Satu sampai dua hari sebelum melahirkan, suhu tubuhnya akan turun menjadi 37,2ºC (99ºF). Anda dapat mengukur suhu tubuhnya di ketiaknya jika dia tidak berontak, tetapi biasanya ada cukup banyak tanda lain bahwa persalinan akan dimulai sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang mengukur suhunya.

4. Perubahan Perilaku

Kucing Anda akan mulai menunjukkan perubahan perilaku. Selama minggu terakhir kehamilan, kucing Anda mungkin menjadi penyendiri (kucing sering bersembunyi di tempat terpencil di rumah) atau dia menjadi sangat penyayang, yang paling sering terjadi jika dia memiliki hubungan dekat dengan salah satu pengasuh tertentu.

Baca Juga:   Tentang Kucing Pixiebob, yang Sangar tapi Penyayang

Kucing yang menjadi lebih penuh kasih sayang akan menginginkan pengasuh berada di dekatnya, namun, ada juga jenis kucing yang berperilaku agresif. Mereka mungkin ingin selalu dekat dengan Anda, tetapi juga sangat gelisah.

5. Menurunnya Selera Makan

Kucing Anda mungkin mengalami penurunan nafsu makan yang signifikan. Ini akan terlihat karena sebagian besar kucing hamil muda menunjukkan peningkatan nafsu makan hingga minggu-minggu terakhir kehamilan. Penurunan nafsu makan menjadi salah satu ciri-ciri kucing akan melahirkan, hal ini dapat disebabkan oleh berat badan anak kucing yang mendorong perut ibunya, atau bisa juga merupakan gejala kecemasan umum.

6. Menggaruk-garuk, Bolak-Balik, Mengeong atau Mengeram

Anda mungkin memperhatikan kucing Anda sering menjilati alat kelaminnya Ada cairan dari vulva kucing beberapa jam sebelum kelahiran dimulai. Air “ketuban” kucing Anda juga akan pecah. Sekarang adalah waktunya ia terlihat mondar-mandir, gelisah, dan melolong, mengeong. Semua hal di atas adalah pertanda baik yang akan memberi tahu Anda saat kucing Anda melahirkan.

Ketika dia hampir siap untuk melahirkan, dia akan mencakar atau menggaruk-garuk dan menetap di kotak sarang, dan mulai mendengkur keras. Setelah Anda melihat keluarnya cairan berwarna kemerahan, tidak akan lama sampai anak kucing pertama dan plasenta mereka mulai muncul biasanya dalam waktu kurang dari satu jam.

Baca Juga:   15 Model Kandang Kucing Kayu yang Bagus

Selama kelahiran, Kucing ratu Anda akan “menangis” dan bersuara seperti tertekan, ini hal yang normal. Anda dapat melihat anak kucing lahir setiap 10 hingga 60 menit, dan kemungkinan kucing Anda akan memakan plasenta dan mengunyah tali pusar anak kucing. Jika dua jam telah berlalu setelah Anda melihat keluarnya cairan dan tidak ada tanda-tanda bayi baru lahir, hubungi dokter hewan yang mungkin perlu membantu persalinan.

Kucing sangat pandai menjaga dirinya sendiri selama persalinan, jadi cobalah untuk tidak membuat keributan disekitarnya, periksalah setiap 15 menit apakah ia baik-baik saja. Jika dia merasa stres, dia akan menghentikan persalinannya sendiri dan mencegah persalinan selama berjam-jam, atau bahkan berhari-hari.

Jagalah agar ruangan tetap tenang dan hangat, dengan pintu tertutup, 15-20% kucing yang baru menjadi ibu akan berahi dalam beberapa hari setelah melahirkan dan akan berkeliaran untuk mencari pasangan, yang dapat membuat anak kucing rentan dan terlantar.

Kelahiran di rumah pemiliknya, untuk kucing hamil dapat membantunya merasa rileks dan bebas stres, sehingga ia dapat memulai dengan sebaik mungkin. Jika Anda tidak yakin apakah Anda telah mempersiapkan rumah dengan cara yang benar, pastikan untuk berbicara dengan dokter hewan yang dapat memberi saran kepada Anda.

error: