Home » Pengetahuan » Daftar Contoh Hewan Amfibi Beserta Ciri-Cirinya

Daftar Contoh Hewan Amfibi Beserta Ciri-Cirinya

daftarhewan.com. Mengerti kah Anda apa itu hewan amfibi? Hewan amfibi merupakan salah satu hewan bertulang balik vertebrata yang hidup di 2 alam yang berbeda yaitu di air serta darat. Jadi, contoh hewan amfibi adalah salah satu hewan yang pengelompokkannya bersumber pada jenisnya. Jika belum memahami apa saja contoh hewan amfibi, untuk lebih jauh mengenalnya Anda wajib mengenali ciri- cirinya.

Terdapat 6 karakteristik atau ciri-ciri yang dipunyai hewan amfibi ini, antara lain ialah:

  1. Kaki berselaput.
  2. Amfibi salah satunya tipe vertebrata yang mengalami metamorfosis sempurna.
  3. Peredaran darah tertutup.
  4. Umumnya telur dari hewan amfibi diletakkan di air serta tempat yang lembab.
  5. Jantung terdiri dari 3 ruang.
  6. Merupakan jenis hewan yang berdarah dingin.

Hewan Amfibi Contohnya Apa Saja?

Nah, diatas tadi merupakan uraian singkat mengenai hewan amfibi dan ciri-cirinya. Berikutnya, pada ulasan dibawah ini adalah tentang daftar hewan amfibi beserta ciri-cirinya!

1. Kodok

contoh amfibi adalah, contoh amfibi selain katak, contoh amfibi di laut, contoh amfibi yg bertelur, contoh hewan amfibi, contoh haiwan amfibia, contoh binatang amfibi, contoh hewan amfibi adalah, contoh hewan amfibi yang ada di indonesia, berikut ini contoh hewan amfibi adalah

Contoh hewan amfibi yang pertama ialah kodok. Kodok merupakan salah satu hewan yang dengan mudah dapat ditemukan di wilayah lembab seperti dekat rawa maupun sungai. Kodok ini memiliki kaki berkuku serta berselaput.

Permukaan badan kodok beracun serta agresif. Kaki kodok memiliki permukaan yang lebih panjang dibagian balik yang sangat bermanfaat untuk melompat. Hewan ini cenderung bercorak hitam serta hidup di atas permukaan tanah. Dimensi kecebong kodok dikenal lebih besar dibanding katak. Sistem ekskresi pada reptil tentu berbeda dengan amfibi.

2. Salamander

contoh hewan amfibi brainly, contoh hewan amfibi beserta gambarnya, contoh hewan amfibi beserta gambar, contoh hewan amfibi dan ciri-cirinya, contoh contoh amfibi, klasifikasi dan contoh amfibi, sebutkan contoh amfibi, contoh dari amfibi

Daftar hewan amfibi yang kedua ialah Salamander, merupakan salah satu contoh hewan yang memiliki lebih dari 500 spesies. Wujud hewan satu ini nyaris sama dengan kadal, namun lebih besar. Rupanya bermacam-macam, ada yang orange, hijau tua hingga coklat. Yang membedakan Salamander dengan kadal hanya kulitnya yang bercak- bercak.

Baca Juga:   Q&A Semua Tentang Hewan Amfibi

Adapun bentuk kulit Salamander adalah berbintik. Selain itu, hewan satu ini juga memiliki keunikan lain yaitu suka berjalan-jalan di dasar perairan air tawar seperti danau. Contoh hewan satu ini tadinya banyak ditemukan di danau-danau yang terdapat di Meksiko, tetapi saat ini sudah sangat jarang ditemui.

3. Cecilia

contoh hewan amfibi dalam bahasa inggris, contoh gambar amfibi, contoh hewan amfibi dan gambarnya, hewan amfibi contoh, contoh kelompok amfibi, contoh klasifikasi amfibi, contoh kata amfibi, contoh hewan kelas amfibi, contoh makalah amfibi

Contoh hewan amfibi yang ketiga ialah cecilia, merupakan salah satu hewan yang nyaris sama dengan cacing tetapi bertubuh besar. Hewan ini sering ditemui di Asia Tenggara serta Amerika Selatan. Hewan satu ini hanya ditemukan di hutan yang masih baik, tanah yang subur serta di dekat sungai maupun di rawa- rawa.

4. Diplocaulus

contoh hewan amfibi adalah, contoh hewan amfibi beserta gambarnya, contoh hewan kelas amfibi, contoh hewan amfibi selain katak, contoh hewan amfibi selain katak adalah, contoh hewan amfibi tts, contoh hewan vertebrata amfibi, 2 contoh hewan amfibi, sebutkan 2 contoh hewan amfibi, 3 contoh hewan amfibi, sebutkan 3 contoh hewan amfibi, tuliskan 3 contoh hewan amfibi, 4 contoh hewan amfibi, 5 contoh hewan amfibi, sebutkan 5 contoh hewan amfibi, contoh hewan amfibi 8 huruf

Daftar hewan amfibi selanjutnya yaitu Diplocaulus, merupakan salah satu hewan yang memiliki keunikan pada bagian kepalanya yang berupa segitiga bumerang. Ciri hewan satu ini betul- betul aneh sekali serta unik.

Wujud kepalanya yang lebar serta pipih bagai mata bumerang yang berperan untuk memudahkan bergerak di dalam air, supaya bisa menerjang arus air dengan mudah. Hewan amfibi jenis ini memiliki 5 spesies yang sudah ditemukan antara lain yaitu:

  1. Magnicornis cope
  2. Minimus dutuit
  3. Salamandroides cope
  4. Recurvatus olson
  5. Brevirotris

Semacam Axolotl, Diplocaulus juga sudah terletak di zona merah alias terancam kepunahan. Bahkan bermacam referensi sudah mengatakan bahwa jenis ini benar-benar sudah punah. Karena sekarang sudah tidak ditemui lagi hewan amfibi ini di habitatnya di wilayah perairan Amerika Utara.

Baca Juga:   Manfaat Melestarikan Hewan dan Tumbuhan Bagi Kehidupan

5. Salamander Pasifik

contoh amfibi adalah, contoh hewan amfibi beserta gambarnya, contoh hewan amfibi beserta gambar, contoh hewan amfibi dan ciri-cirinya, contoh contoh amfibi, klasifikasi dan contoh amfibi, contoh dari amfibi, contoh gambar amfibi, contoh hewan amfibi dan gambarnya, hewan amfibi contoh, contoh hewan kelas amfibi, contoh makalah amfibi, contoh dan peranan amfibi, contoh spesies amfibi

Daftar hewan amfibi kelima yaitu Salamander Pasifik. Spesies hewan ini memiliki panjang hingga 30 cm serta bisa ditemukan di barat Amerika Serikat serta barat daya British Columbia. Kecuali mengenai dimensi mereka, mereka mirip dengan keluarga salamander mol ataupun Ambystomatidae dimana mereka dimasukkan sejak awal.

Jika mayoritas salamander diam, maka salamander raksasa pasifik ini merupakan salah satu dari sebagian salamander yang memiliki keahlian vokal mengejutkan. Salamander ini bisa jadi merespon dengan tangisan yang terdengar seperti suara anjing menggonggong. Anggota keluarga ini dapat terestrial ataupun akuatik dewasa.

6. Torrent Salamander

contoh hewan amfibi adalah, 2 contoh hewan amfibi, sebutkan 2 contoh hewan amfibi, 3 contoh hewan amfibi, sebutkan 3 contoh hewan amfibi, tuliskan 3 contoh hewan amfibi, 4 contoh hewan amfibi, 5 contoh hewan amfibi, sebutkan 5 contoh hewan amfibi, contoh hewan amfibi 8 huruf

Torrent Salamander ialah salah satu keluarga Rhycotritonidae yang merupakan satu genus Rhycotriton dengan salamander. Sejak awal genus Rhyacotriton ini dimasukkan kedalam keluarga Ambystomatidae, kemudian dipindah ke keluarga Dicamptodontidae dan terakhir di tahun 1992 dia dikelompokkan ke dalam keluarganya sendiri.

7. Common Mudpuppy

apa saja contoh hewan amfibi, sebutkan contoh amfibi, apa contoh dari amfibi

Daftar hewan amfibi yang ketujuh ialah Mudpuppy yang merupakan salah satu tipe amfibi yang dikenal endemik terletak di timur laut bagian Amerika Serikat. Hewan ini banyak ditemukan di daerah negeri Kanada pada tempat yang lembab. Mereka suka bersembunyi di dalam air dengan kedalaman hingga 90 kaki. Hewan satu ini juga dikenal dapat hidup hingga 20 tahun dengan bertahan memakan daging semacam telur ikan, serangga, serta masih banyak lagi.

8. Katak

contoh amfibi adalah, contoh amfibi dan nama latinnya, contoh amfibi yg bertelur, contoh hewan amfibi, contoh haiwan amfibia, contoh binatang amfibi, contoh hewan amfibi adalah

Contoh hewan kedelapan yaitu katak sawah, ialah salah satu hewan yang memiliki dimensi lebih kecil. Katak ini banyak ditemukan di sawah- sawah yang tergenang air. Hewan satu ini memiliki kaki berselaput yang membuat katak sangat pintar berenang.

Baca Juga:   Mengenal Hewan yang Hidup di Air dan Penjelasannya

Kulit pada badan katak ini sangat licin serta bercorak tidak mencolok. Katak sawah ini makanannya adalah serangga kecil di tepi sawah. Kulitnya yang licin namun beracun sama halnya seperti pada kodok nomer satu. Katak sawah juga memiliki panjang kaki balik lebih panjang apabila dibandingkan dengan kaki depan, itulah kenapa katak sawah dapat berenang dengan cepat.

9. Purple Frog

contoh gambar amfibi, hewan amfibi contoh, contoh klasifikasi amfibi, contoh manfaat amfibi, contoh hewan amfibi dan penjelasannya, pengertian & contoh amfibi, contoh amphibi

Daftar hewan amfibi berikutnya ialah purple frog yang memiliki makna katak ungu. Hewan satu ini memiliki nama binominal Nasikabatrachus sahyadrensis. Katak Ungu ini endemik di wilayah Sahyadri, India. Wujud fisiknya nampak sangat berbeda dengan kodok pada biasanya, sebab kepalanya sangat kecil serta seakan menyatu dengan punggung.

Salah satu contoh hewan amfibi ini memiliki kaki yang besar namun pendek. Jika berjalan seakan sangat menunduk. Bola matanya kecil serta bibirnya agak sedikit monyong. Corak kulitnya memang ungu tua yang kadang- kadang mirip seperti Kudanil kecil.

10. Olm

hewan amfibi contoh, contoh klasifikasi amfibi, contoh manfaat amfibi, contoh hewan amfibi dan penjelasannya, contoh amphibi, contoh spesies amfibi, contoh soal amfibi sebutkan contoh spesies amfibi, contoh gambar amfibi

Contoh hewan kesepuluh ialah Olm, yaitu salah satu hewan yang sangat aneh memiliki wujud badan semacam sidat. Corak albino bak kulit babi yang pink. Hewan satu ini yang memiliki nama ilmiah Proteus anguinus ini telah sangat susah kita jumpai. Statusnya hampir mengalami kepunahan. Olm endemik di perairan sungai Karst Soca yang terdapat di Italia, Kroatia serta Slovenia.

Demikian artikel tentang daftar hewan amfibi beserta ciri-cirinya yag hidup di 2 alam yaitu air serta darat. Mudah- mudahan dengan terdapatnya postingan ini bisa menjadikan refrensi bagi Anda dalam memahami lebih dalam mengenai hewan amfibi serta jenis- jenisnya. Terima kasih sudah berkunjung kelaman ini.

error: