Ikan Cupang Avatar, Sejarah dan Asal-Usulnya

daftarhewan.com. Ikan Cupang Avatar sempat menghebohkan pecinta ikan cupang tanah air. Ikan Cupang Avatar adalah ikan cupang yang bercorak biru tua dan biru hitam, dengan karakteristik unik, meskipun warnanya hijau tua tetapi seperti berkilau hijau kehitaman. Warnanya mengkilap dan silver kontras dengan warna biru dan hitam, sangat menarik perhatian para pecinta ikan cupang.

ikan cupang avatar, cupang avatar adalah, asal usul cupang avatar, apa itu cupang avatar, kenapa disebut cupang avatar, mencetak cupang avatar, berapa harga ikan cupang avatar, asal cupang avatar, berapa harga cupang avatar, kenapa cupang avatar mahal, berapa lama cupang avatar mutasi, cupang avatar

Contoh Ikan Cupang Avatar

Baik di luar negeri maupun di Indonesia, cukup sulit untuk mendapatkan ikan cupang avatar dengan ekor halfmoon, jika pun ada tentunya harganya akan meroket di tahun 2021 ini.

Sejarah Ikan Cupang Avatar

Masih banyak orang penasaran tentang bagaimana asal muasal mutasi ikan cupang avatar ini terjadi. Dilansir dari nicebettathailand.com, warna ikan cupang avatar pertama kali diperoleh oleh Somkiat Intamu, yang dengan telaten menghasilkan dan mencapai warna ini.

Yang terinspirasi dari film dokumenter gambar bintang-bintang biru, hijau, hitam yang dipotong dari nebula. Kemudian muncul ide untuk menciptakan warna ikan semacam ini selama bertahun-tahun dan akhirnya berhasil, tetapi bukan dia yang menamai ikan itu.

Baca Juga:   7 Ikan Cupang Termahal dan Terbagus, Cocok Buat Investasi!

Banyak dari kalian mungkin memiliki pertanyaan, Siapa yang memberi nama Avatar? Kenapa disebut Cupang Avatar? Jelas sekali bahwa para pecinta ikan cupang hiaslah yang memberi nama ini karena banyak orang membandingkan ikan berwarna ini dengan film Avatar yang terkenal, sehingga menghasilkan ungkapan populer yang disebut ikan cupang Blue Avatar.

Bahkan di Indonesia telah ramai dengan varian lain seperti: cupang avatar gordon, cupang avatar gold, ikan cupang avatar gold, cupang avatar vampire, cupang avatar asli, cupang avatar gold copper, cupang avatar galaxy, cupang avatar kalimaya dan lain-lain.

Asal-Usul Ikan Cupang Avatar

Avatar Biru atau Avatar Hitam, berdasarkan garis keturunan, adalah ikan Cupang Merak Biru / Hijau (Ikan Cupang Alien Solid Green / Ikan Cupang Alien Solid Blue) Betta Mahachaiensis. Peternak telah memilih untuk menggunakan Ikan Cupang Alien. Dalam keturunan 2 generasi, telah menghilangkan sisik hijau dan menghasilkan warna berkilau hitam.

Baca Juga:   Ikan Cupang Susah Berenang? Hati-hati Penyakit SBD!

ikan cupang avatar, avatar gordon, cupang avatar gordon, cupang avatar termahal, cupang avatar gold, avatar cupang, ikan cupang avatar gold, harga cupang avatar, ikan cupang avatar gordon, avatar gordon cupang, cupang avatar vampire, harga ikan cupang avatar, jenis cupang avatar, ikan avatar, cupang giant avatar, ikan cupang black avatar, ikan cupang avatar termahal, jenis ikan cupang avatar

Ketika breeder tersebut mendapatkan ikan black light, ia juga harus memilih warna ini untuk dikembangbiakkan kembali agar tetap stabil dan warnanya kuat. Peternak menghadirkan ikan warna ini dengan memilih ikan dengan sirip di atas, sirip bawah serta ekor yang seimbang. Lalu dikembanbiakkan dengan Ikan Cupang Black Candy.

Black Candy merupakan warna ikan Candy atau Nemo, yang dikawinkan dengan memilih ikan yang memiliki tubuh berwarna gelap. Kawinkan generasi 2-3 untuk menciptakan warna hitam yang kuat di dalam sisik.

Alasan menggunakan Black Candy karena Candy adalah karena ikan ini memiliki sisik seperti terkelupas atau lapisan luarnya dalam potongan-potongan warna kecil. Kita perlu menggunakan garis keturunan yang mengubah sisik dan warna kulit.

Setelah itu para breeder tersebut mengembangbiakkan Black Candy dengan Black Light, dan akhirnya menghasilkan warna ikan Cupang Black Avatar atau Dark Blue Avatar.

Jika pembiakan berhasil, ikan generasi pertama akan memiliki warna hijau, hitam, dan sedikit oranye dan merah pada sirip ekornya, tetapi itu adalah hasil yang sukses. Peternak kemudian memilih warna hitam pekat, sisik ikan menunjukkan Ikan Cupang galaksi hijau kehitaman atau membawa warna hitam dan perak bening untuk dikembangbiakkan kembali, sehingga menghasilkan warna Avatar Kuat.

Baca Juga:   Ikan Cupang Ngedok, Kenapa dan Bagaimana?
jenis ikan cupang avatar, ikan laga avatar, cupang avatar gold copper, harga cupang avatar gordon, cupang avatar thailand, cupang gordon, avatar gold copper, cupang avatar copper, cupang avatar cooper, cupang avatar kalimaya

Ikan Cupang Avatar Gordon Galaxy

Perlu diketahui bahwa setidaknya dibutuhkan waktu 2 tahun untuk berhasil menghasilkan genetik yang kuat. Ikan Cupang ini tergolong ikan yang sangat langka apalagi seperti Avatar Half moon dan harganya sangat mahal sekarang di tahun 2021. Ya, untuk ikan cupang plakat avatar, mungkin masih sering ditemui di pasaran.

Harga Ikan Cupang Avatar

Harga Ikan Cupang Avatar Baby sekitar 35.000 dan dewasa bisa mencapai harga Rp. 100 – 400 ribu rupiah.

error: