Ikan Cupang Giant Terbesar, Sejarah dan Fakta Menarik Lainnya

daftarhewan.com. Ikan cupang giant (Betta anabatoides) merupakan salah satu jenis ikan bersirip air tawar dalam subfamili Macropodusinae, bagian dari famili gurami. Ini asli Kalimantan Tengah dan selatan, wilayah Kalimantan di Indonesia.

ikan cupang giant, ikan cupang giant terbesar, ciri-ciri ikan cupang giant, ukuran ikan cupang giant, ikan cupang giant plakat, umur ikan cupang giant, ciri ikan cupang giant, cara merawat ikan cupang giant, ikan cupang giant aduan, berapa lama ikan cupang besar, cara mengukur ikan cupang giant, ukuran ikan cupang giant terbesar, cupang giant adalah, panjang ikan cupang giant, merawat ikan cupang giant

Ikan Cupang Jayen

Cupang giant atau disebut juga ikan cupang jayen memang pantas mendapatkan namanya karena ukurannya. Munculnya cupang giant adalah hasil kerja keras dan pembiakan selektif. Pada tahun 1999, Tim breeder dari Thailand menciptakan ikan cupang giant pertama melalui plakat betta atau ikan cupang plakat.

Targetnya adalah cupang yang panjangnya setidaknya 3 inci. Tapi sekarang ada bukti bahwa mereka bisa tumbuh hingga 12 cm sampai 15 cm.

a. Ukuran Ikan Cupang Giant

Ikan cupang giant (raksasa) sama dengan ikan cupang biasa, namun ukuran tubuhnya tumbuh lebih besar dari ikan cupang tradisional. Ukuran ikan cupang giant bisa tumbuh hingga 3 – 6 inci (7 – 15 cm) secara umum. Induk ikan ini telah menggunakan proses pembiakan selektif saat pembiakan ikan yang luar biasa ini.

b. Cara Merawat Ikan Cupang Giant Agar Cepat Besar

Ikan cupang giant diperkirakan berkembang pada tingkat yang jauh lebih cepat daripada benih atau burayak ikan cupang biasa, membutuhkan lebih banyak makanan ikan cupang untuk mencapai potensi maksimalnya.

Hasilnya, perbedaan ukuran raksasa-normal terlihat jelas hanya dalam beberapa minggu.

Ikan Cupang giant muda (burayak) akan menjadi dewasa pada usia 2-3 bulan dengan makanan dan kondisi yang tepat. Jadi pada usia 4 bulan, mereka akan menjadi seukuran ikan cupang hias khas yang berusia 8 bulan.

Baca Juga:   Ikan Cupang Aduan, Kuat Bertarung Berjam-jam!

Selama mereka berusia 7-8 bulan, cupang raksasa bisa mencapai panjang setidaknya 3 inci (7 cm). Pada usia sekitar 6 bulan, perbedaan tipe tubuh terlihat jelas.

Pada akhirnya pada umur satu tahun, mereka berhenti tumbuh, tetapi sampai berumur sekitar 18 bulan, ikan dapat terus bertambah lebar dan beratnya.

b. Umur Ikan Cupang Giant

Ikan cupang giant biasanya dapat memiliki masa hidup yang lebih pendek karena sistem kekebalan tubuh yang kurang baik, dan rentan terhadap infeksi bakteri, sehingga umur ikan cupang giant rata-rata dianggap pendek. Tapi umur yang diharapkan adalah 3-5 tahun.

cupang giant avatar, ikan cupang giant terbesar, ikan cupang giant super, jenis ikan cupang giant cupang giant plakat, giant cupang, ikan cupang raksasa, jenis cupang giant, giant cupang hias, cupang giant terbesar, ukuran cupang giant

cupang giant avatar

d. Tips Memelihara Cupang Giant

Hanya dalam lima bulan, beberapa strain beta giant akan mencapai panjang tiga inci atau 7 cm (termasuk sirip ekor). Betta giant menerima pakan ikan serpihan berkualitas tetapi lebih suka mengonsumsi makanan hidup atau beku.

Saat dewasa, cupang giant membutuhkan lebih sedikit makanan. Tapi, tetap bisa makan lebih dari dua kali lebih banyak protein dari yang dibutuhkan ikan cupang biasa setiap hari.

Ingatlah bahwa cupang giant harus disimpan dalam wadah yang lebih besar daripada cupang biasa dan menerima penggantian air lebih sering. Karena peningkatan limbah yang dihasilkan akibat konsumsi makanan dalam jumlah tinggi.

e. Apakah Ikan Cupang Giant Agresif?

Ya, terkadang mereka bisa menjadi agresif. Itu tergantung pada ikan individu. Agar terlihat lebih mengesankan, cupang giant jantan dan betina mengobarkan atau mengembangkan insangnya untuk menakut-nakuti lawan atau menarik perhatian pasangan, serta saat mereka terkejut. Baca : Ikan Cupang Ngedok

Mereka tidak ideal untuk akuarium komunitas pada umumnya karena sifatnya yang agresif, terutama terhadap spesies ikan dengan sirip yang panjang dan mengalir. Semua cupang, juga dalam tangki soliter, membutuhkan tempat untuk bersembunyi sesekali. Mereka dapat mengatur wilayah yang akan mereka jaga secara agresif, berdasarkan tanaman atau batu.

Baca Juga:   15 Jenis Penyakit Ikan Cupang: Cara Mencegah dan Menanganinya

f. Perawatan Ikan Cupang Giant

Pelihara Cupang Raksasa di dalam akuarium yang ditata dengan tanaman akuarium yang baik dengan dilengkapi tempat persembunyian. Mereka lebih menyukai air yang lembut, sedikit asam, dan mengalir rendah.

Ikan cukup mudah dirawat, tetapi tetap membutuhkan kualitas air yang bagus, seperti halnya semua spesies ikan, pastikan bahwa mereka memiliki sistem filtrasi yang sesuai dan sering terjadi perubahan air.

g. Ukuran Akuarium untuk Cupang Giant

Ikan cupang raksasa membutuhkan minimal 10 galon (37 liter), tetapi lebih besar selalu lebih baik karena mereka suka banyak bergerak. Jika Anda menaruhnya di tangki atau akuarium yang terlalu kecil, mereka tidak akan pernah mencapai ukuran full. Selalu pilih tangki dengan space yang cukup untuknya dan tidak terlalu dalam. Beberapa orang menyimpannya dalam tangki 5 galon (18 liter). Tapi tidak disarankan.

Apakah ikan cupang king sama dengan cupang giant?

Tidak. Cupang King dan Cupang giant berasal dari spesies yang sama. Cupang giant adalah cupang yang tumbuh melebihi cupang biasa. Biasanya ukuran tubuh cupang raksasa berkisar antara 12 – 15 cm. Cupang raja lebih agresif daripada cupang giant karena mereka dibiakkan secara selektif untuk bertarung atau ikan cupang aduan. Jadi, cupang raja cenderung lebih agresif daripada cupang giant

Secara umum, pigmennya berwarna krem cerah hingga putih. Betta raja betina kurang berwarna dibandingkan jantan. Umur cupang raja pendek, biasanya 2–3 tahun, jarang lebih dari empat tahun. Cupang Raja adalah anggota Osphronemidae (Gurami) juga.

h. Sejarah Cupang Giant

Athapon Ratanapichad (Paman Sara), putranya Natee, dan Wasan Sattayapun adalah bagian dari tim breeder ikan cupang giant ini. Pada tahun 1999, Athapon dan Natee menemukan di antara ikan cupang lain di pertanian mereka sebuah plakat jantan hijau yang sangat besar. Athapon telah menemukan bahwa cupang hijaunya tampak jauh lebih besar daripada warna lain, dan panjangnya lebih dari 7 cm.

Baca Juga:   7 Ikan Cupang Termahal dan Terbagus, Cocok Buat Investasi!

Ukuran ikan ini hampir pasti merupakan hasil dari mutasi genetik yang mungkin telah meningkatkan kecepatan perkembangan atau menyebabkan apapun yang membatasi pertumbuhan cupang. Ternyata, apapun mekanismenya, ini adalah mutasi yang sangat menguntungkan bagi para penyuka ikan cupang.

Dengan harapan menghasilkan lebih banyak cupang giant dan mengembangkan strain baru, Athapon Ratanapichad membiakkan jantan raksasa ini dengan betina terbesar yang mereka miliki saat itu. Hanya sebagian kecil benih atau burayak yang tumbuh menjadi besar pada generasi pertama.

Namun demikian, mereka mampu meningkatkan persentase cupang giant di setiap induk dengan secara konsisten memilih ikan terbesar untuk dikawinkan pada setiap generasi berikutnya. Tim Giant membutuhkan sedikitnya lima generasi untuk menghasilkan cupang tiga inci (7 cm) pertama, yang merupakan sekitar seperlima dari benih pemijahan.

Setelah mereka berhasil menghasilkan cupang giant, Tim Giant mulai memperluas cakupan mereka dengan melampaui ikan cupang giant tersebut dalam berbagai warna menjadi cupang berukuran standar dari berbagai ras lain. Mereka harus menjalani proses yang melelahkan dalam memilih ikan terbesar dari setiap induk setiap kali mereka mencoba warna baru untuk menghasilkan ikan dengan ukuran yang tepat.

Berkat kerja keras Team Giant dan jumlah peternak yang terus meningkat di seluruh dunia, giant akan tetap ada dan tersedia dalam berbagai bentuk yang terus meningkat. Meskipun dua yang paling populer adalah ikan cupang giant plakat dan ikan cupang giant halfmoon yang telah dikembangkan dengan berbagai pilihan warna.

error: