15 Daun untuk Pakan Ikan Mas, Lele dan Lain-lain

daftarhewan.com. Daun untuk pakan ikan. Pernah melihat orang dengan sengaja menaburkan daun-daunan atau tanaman ke kolamnya, untuk pakan ikan mujair (nila), ikan gurame, ikan mas (kancra), bawal, ikan lele atau ikan apa saja yang berada di kolam?

Di antara daun tanaman pakan itu antara lain : Daun talas, Daun Singkong, Daun Pepaya, Apu-apu, Azola dan sebagainya. Itu ditujukan sebagai pakan tambahan untuk ikan supaya cepat besar.

daun makanan ikan apa makanan ikan daun untuk pakan ikan mas nama atau jenis makanan ikan daun untuk makanan ikan patin tumbuhan pakan lele tumbuhan pakan ikan daun makanan ikan gurame daun pakan ikan pakan ikan dari tumbuhan tanaman makanan ikan daun makanan ikan nila daun makanan ikan lele

Apu-apu

Di habitat alami mereka, ikan bisa bertahan hidup secara mandiri. Ikan herbivora dan omnivora demikian terampil dan senang saat mendapati tanaman yang bisa dikonsumsi. Tidak terkecuali, ikan herbivora dan omnivora sebagai ikan hias atau peliharaan.

Kelompok ikan yang hidup di kolam maupun atau akuarium, pasti akan senang jika mereka mendapat tanaman air sebagai makanannya. Nah, dapatkah kamu menyiapkan tanaman sedap buat mereka? Cari infonya, yok!

Persyaratan Tanaman untuk Makanan Ikan

Berlainan dengan perairan alami yang terbangun oleh hukum alam, akuarium dan kolam mempunyai kekurangan. Karenanya, untuk mengontrol unsur seni, ada banyak persyaratan tanaman air yang penting kamu cermati menjadi makanan ikan, diantaranya:

  • Kokoh, supaya tidak gampang tercerabut
  • Aman, secara fisik (tidak tajam atau mempunyai potensi melukai ikan) dan memiliki kandungan zat yang tidak beresiko untuk semua jenis ikan akuarium dan kolam.
  • Memiliki unsur seni
  • Cepat tumbuh, tetapi tidak begitu agresif dan menguasai ekosistem.
daun yang disukai ikan gurame, daun berprotein tinggi untuk ikan, daun pakan gurame, daun untuk pakan gurame, daun makanan gurame

Daun pepaya sebagai pakan ikan

Jenis Daun Tanaman untuk Makanan Ikan

Berdasar persyaratan yang sudah disebut sebelumnya, berikut 10 referensi jenis daun tanaman yang bisa jadi makanan ikan:

  • Hygrophila, tanaman tropis yang kuat, cepat tumbuh, gampang dirawat, dan lumayan banyak ada di toko hewan peliharaan. Kamu bisa memetiknya, jika hygrophila tumbuh terlampau cepat.
  • Duckweed, atau terkenal dengan panggilan “lentil air atau Kareo,” bisa tumbuh dengan cepat, terutama jika terkena cahaya matahari secara langsung. Tanaman ini mempunyai daun-daun kecil dan bulat, yang mengapung disekitaran permukaan air.
  • Cabomba, menghadirkan tampilan daun-daun cantik yang serupa lembaran bulu-bulu unggas, dengan warna  merah atau hijau. Pancaran sinar bisa membuat warna cabomba makin ceria.
  • Egeria densa, termasuk makanan favorite untuk macam-macam ikan. Tanaman ini bisa menahan perkembangan alga, tetapi berpotensi invasif, hingga kamu harus mengawasi perubahannya dalam akuarium atau kolam.
  • Aponogeton, datang dari umbi, dengan daun yang muncul sampai ke permukaan air. Dengan pancaran cahaya matahari yang cukup, tanaman ini dapat berbunga dan menambahkan elemen keindahannya.
  • Rotala, termasuk tanaman yang kuat, ringan, dengan daun-daun halus yang dicintai ikan. Ada banyak varietas rotala, satu diantaranya bisa menjadi merah jelas saat kesirami sinar yang cukup.
  • Myriophyllum, berupa kipas cantik, dengan daun hijau ceria dan tangkai merah dengan bulu. Tanaman ini bisa tumbuh dengan cepat, dan tidak membutuhkan perawatan yang khusus..
  • Nymphaea lotus, ataupun lebih dikenali sebagai lotus air, menjadi makanan ikan dengan elemen dekorasi yang memikat, karena mempunyai bunga yang cantik dan harum, dan daun warna ungu atau cokelat kemerahan.
  • Limnophila, atau Ambulia, mempunyai daun halus yang sedap untuk ikan, dan bisa tumbuh relatif singkat dengan paparan sinar yang bagus. Namun, dapat jadi terlalu panjang, hingga perlu kamu pantau supaya selalu tumbuh dengan seimbang.
  • Water sprite, berbentuk tanaman tropis akuatik yang tumbuh di atas air. Bukan hanya elok, tetapi dapat menahan perkembangan alga.

Selesai mengenali semua info di atas, apa kamu siap memberi ikan berupa daun tanaman?

error: