Home » Hewan Ternak » Jenis dan Bentuk Desain Kandang Ayam Sederhana

Jenis dan Bentuk Desain Kandang Ayam Sederhana

daftarhewan.com. Setiap orang sudah tentu akan memilih jenis usaha seperti apa yang memang bisa sejalan dengan keinginan dan juga harapannya. Banyak orang yang memiliki keinginan untuk bisa menjalankan usaha dalam bidang peternakan. Ayam menjadi salah satu hewan yang cukup banyak dipilih untuk di budidayakan. Bagi kamu yang memang memiliki niat untuk memulai usaha atau bisnis dalam sektor peternakan ayam, memiliki atau membuat kendang yang cocok dan sesuai akan menjadi pekerjaan paling utama yang mesti dilakukan.

Dalam membuat kandang yang disesuaikan dengan keinginan dan juga lahan, kamu harus mengetahui terlebih dahulu perihal jenis dan perbedaan bentuknya. Hal tersebut nantinya akan bisa membantu kamu semua untuk membangun kandang ayam yang memiliki fungsi dan sesua dengan keadaaan lahan yang dimiliki. Dengan mengetahui hal tersebut juga, harapan kamu untuk bisa lebih mengembangkan bisnis tersebut bisa lebih mudah tercapai tentunya.

Sebelum memulai beternak ayam, kamu harus mengetahui seperti apa ternak yang akan kamu pelihara tersebut. Karena memang berbeda peternakan akan berbeda juga jenis atau bentuk dari kandang ayamnya. Seperti peternakan ayam telur, dan pedaging. Kali  ini informasi yang akan kami berikan, akan membuat kamu lebih bsia menyesuaikan jenis dan desain kandang ayam sederhana yang seperti apakah yang ingin kamu miliki.

Daftar Isi :

Baca Juga:   Cara Memelihara dan Merawat Burung Merak

Desain Kandang Ayam Sederhana Berdasarkan Bentuk dari Lantai

Jenis Kandang Litter

kandang sederhana ayam petelur, kandang ayam bertelur sederhana, kandang ayam petelur sederhana dari bambu, foto kandang ayam petelur sederhana, gambar kandang ayam petelur sederhana, kandang ayam petelur close house sederhana, harga kandang ayam petelur sederhana, kandang ayam petelur sederhana

Kandang yang satu ini bisa kamu pilih dan langsung kamu terapkan pada kandang ayam yang ingin kamu buat tentunya. Kandang yang satu ini pada biasanya menggunakan tanah sebagai lantainya. Selain sederhana, kamu juga tidak memerlukan sejumlah bahan atau barang lain yang akan digunakan untuk membuat kandang ayam jenis yang satu ini. Nah untuk bisa mengantisipasi penyebaran penyakit, maka lantai bisa dilapisi dengan litter atau sekam padi, serbuk gergaji atau jerami kering. Ketebalannya bisa kamu kira-kira, sekitar 5-10 cm saja tentunya.

Karena sederhana, maka perihal biaya untuk desain kandang ayam sederhana ayam petelur yang satu ini, kamu tidak memerlukan biaya yang banyak dan membludak tentunya (hemat biaya). Meskipun sederhana namun kamu bisa mendapatkan kendang ayam yang kokoh dan bisa melindungi ayam kamu dari sejumlah ancaman tentunya.

Jenis Kandang Ayam Slat

kandang ayam bangkok sederhana, gambar kandang ayam bangkok sederhana, kandang ayam petelur close house sederhana, harga kandang ayam petelur sederhana, kandang ayam petelur sederhana, kandang ternak ayam bangkok sederhana, ukuran kandang ayam bangkok sederhana, kandang umbaran ayam bangkok sederhana

Kandang ayam bangkok sederhana

Selanjutnya adalah jenis kandang ayam yang satu ini. Jika pada jenis yang diatas tadi, menggunakan tanah dan litter sebagai lantainya. Namun pada yang satu ini, kamu harus membuatnya berjarak dari tanah. Kandang yang satu ini lebih familiar dengan sebutan kendang panggung, oleh karena itulah sudah tentu harus menggunakan bambu sebagai lantainya tentu saja. Namun kini sudah ada slat yang terbuat dari plastik dan ram kawat yang bisa pilihan alternative untuk kamu semua.

Jenis Kandang Ayam Campuran

Nah, dalam desain kandang ayam sederhana yang satu ini, menjadi model atau desain jenis kendang ayam yang menggabungkan kedua unsur atau bentuk dari jenis kandang ayam yang tadi telah kami informasikan diatas. Pada biasanya, jenis kendang ayam yang satu ini, hanya akan digunakan untuk peternakan pembibitan ayam ras.

Baca Juga:   Domba Merino, Karakteristik dan Asal-Usulnya

Jenis Kandang Ayam Sangkar (Baterai / Batre)

Jenis kandang ayam yang dikelompokkan berdasarkan cara pemeliharannya yang satu ini, umumnya akan lebih dipilih dan digunakan oleh peternak ayam yang berfokus pada ayam petelur. Dalam setiap sangkar yang tersedia, setidaknya terdapat 2 ekor ayam dalam sangkarnya. Selain bisa digunakan dan menjadi pilihan tepat bagi ayam petelur, namun untuk ayam kecil atau remaja pun bisa kamu gunakan jenis kandang ayam yang satu ini.

Ukuran kandang bisa kamu buat sesuai dengan kapasitas penggunaan serta berapa banyak ayam yang akan berada di kandang, agar tidak terlihat berhimpitan atau terlalu memakan banyak ruangan. Dalam desain kandang ayam sederhana yang satu ini mayoritas peternak akan menggunakan pipa paralon yang tentunya telah dibelah sebelumnya dan kemudian diposisikan dibagian luar kendang untuk tempat makan.

Desain Kendang Ayam Sederhana Berdasarkan Atap yang Digunakannya

Jenis Kandang Ayam Dengan Dinding Terbuka

Yang satu ini, bisa menjadi pilihan bagi kamu semua yang memang tidak ingin dipersulit dalam hal membuat dinding pada kandang ayam. Maka pilihan sempurnya maka kamu bisa membuat kandang ayam dengan desain sederhana dengan hanya membuatnya terbuka pada bagian dindingnya. Kamu bisa membuat lantainya agak berjarak dengan tanah, dengan dinding terbuka, agar ayam bisa mendapatkan udara dengan mudah.

Menggunakan desain kandang ayam sederhana yang satu ini, maka kamu harus bisa mengontrol dan mengurusnya dengan sangat baik. Hal tersebut dimaksudkan agar nantinya ayam yang kamu miliki bisa lebih terjaga dan juga tentunya bisa lebih terhindar dari penyakit yang mungkin bisa menjangkitinya. Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk bisa membuat jenis kandang ayam ini relative murah.

Baca Juga:   Ketahui Jenis Ayam Kate yang Bagus untuk Peliharaan

Jenis Kandang Ayam Portable

jenis atau masukan perihal kandang ayam yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tentunya bisa sangat berguna bagi kamu semua. Pada biasanya jenis kendang ayam yang satu ini hanya digunakan oleh peternak biasa yang dengan jumlah ayam yang tidak terlalu banyak. Uniknya, kandang ayam ini bisa kamu pindah-pindahkan dengan mudah ke tempat yang diinginkan.

Jenis Kandang Ayam Dibawah Pohon

Bagi kamu yang tidak ingin diribetkan dengan bahan atau juga desain kandang ayam sederhana yang lain. Maka membuat kendang ayam yang kemudian ditempatkan pada bawah pohon bisa menjadi pilihannya. Dengan begitu, kandang ayam yang kamu miliki akan sedikit terhindar dari sengatan sinar matahari langsung. Dengan begitu juga, udara yang bisa masuk dan menyelinap kepada kandang ayam kamu, bisa lebih sejuk karena memang terdapat atau dibuat dibawah pohon yang rindang.

Itulah sejumlah jenis dan rekomendasi desain kandang ayam sederhana yang bisa kamu pilih, dan gunakan. Kamu juga bisa menyesuaikannya dengan keinginan dan tujuan kamu membuat peternakan. Pastikanlah kamu tidak memilih desain atau jenis kandang ayam yang memang tidak bertolak belakang dengan peternakan yang akan kamu bangun nantinya. Semoga informasi kali ini perihal kendang ayam yang kami rekomendasikan bisa bermanfaat untuk kamu semua.

error: