Nyari Dokter Hewan Terdekat? Kenali Dulu 5 Profesi Mereka

daftarhewan.com. Dokter hewan terdekat. Apa kamu punya keinginan untuk menjadi dokter hewan dengan mengambil jurusan pendidikan ke arah sana? Atau mungkin sedang mencari jasa dokter hewan untuk hewan kesayangan?

Sebaiknya kenali dulu jenis dokter hewan berikut ini:

Pekerjaan veterinarian? Istilah ini telah masuk ke Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Veterinarian mengarah pada dokter hewan atau orang yang mempunyai ketrampilan dalam pengetahuan penyakit hewan. Kata ‘veterinarian’ sendiri datang dari Veterinary Physician (American English) atau Veterinary Surgeon (British English), yang dipersingkat jadi veterinarian.

dokter hewan terdekat dari lokasi saya, rumah sakit hewan, dokter hewan 24 jam, kedokteran hewan, dokter hewan terdekat dan murah, drh terdekat, dokter hewan, dokter hewan terdekat, dokter hewan terdekat dari lokasi saya, dokter hewan 24 jam, dokter hewan kucing, dokter hewan terdekat dan murah, dokter hewan bahasa inggris, dokter hewan terdekat 24 jam, dokter hewan kucing terdekat, dokter hewan cirebon, dokter hewan Kuningan Jawa Barat, Veterinarian

Ilustrasi Dokter Hewan – via : warrensburgpetsitting.com

Untuk beberapa orang, jadi veterinarian adalah sebuah mimpi. Tetapi tahukah anda, ternyata dokter hewan juga mempunyai bermacam jenis? Bahkan juga ada yang fokus dalam soal penelitian, pendampingan, maupun penjagaan sistem pangan hewan.

Berikut 5 Macam Dokter Hewan dan Pekerjaan yang Mereka Kerjakan:

1. Dokter Hewan Khusus Makanan

Saat berbelanja daging sapi giling paket ke beberapa toko, sebagian besar dari kita sedikit pertimbangan, apa daging itu aman atau mungkin tidak. Berbeda kembali dengan dokter hewan yang khusus menanggulangi rumor berkaitan hewan untuk konsumsi. Mereka umumnya menganalisis dan mengobati penyakit, mengawasi keadaan sanitasi, melaksanakan usaha pencegahan, dan lain-lain. Umumnya mereka bekerja di lingkup area peternakan. Mereka cenderung kerap bepergian.

2. Dokter Hewan Pendamping

Kelompok paling besar ini bekerja sebagai pendamping hewan. Berdasarkan data dari American Veterinary Medical Association (AVMA), 75% dokter hewan terdekat yang membuka praktek swasta bekerja secara terbatas sebagai pendamping hewan.

Dokter hewan ini mengerjakan bermacam perawatan primer. Mereka bekerja menganalisis penyakit, menyembuhkan cedera, memberikan vaksin, mengerjakan operasi, memberinya resep obat, dan lain-lain. Mereka bisa juga mengerjakan euthanasia menjelang akhir hayat beberapa binatang. Disamping itu, saat ini banyak pegiat hewan skala kecil yang dapat berperan serta pada tempat tempat penampungan hewan.

3. Dokter Hewan untuk Keselamatan dan Pemeriksaan Makanan

Sepintas, dokter hewan ini seperti dokter hewan khusus makanan. Walau sebenarnya pekerjaan mereka tidak begitu sama. Umumnya dokter hewan untuk keselamatan dan pengawasan makanan akan bekerja untuk Institut Kesehatan Nasional, Departemen Pertanian atau seperti badan khusus makanan dan beberapa obat.

Mereka bisa juga mengecek kualitas produk hewani dan ternak. Entahlah itu telur, daging, dan susu supaya standar sanitasinya tercukupi. Untuk beberapa kasus tertentu, mereka umumnya mengerjakan karantina supaya tidak ada penyebaran penyakit dari hewan yang terinfeksi. Ada pula yang bekerja untuk menguji keamanan aditif dan obat. Mereka mempersembahkan diri untuk meningkatkan kesehatan pada masyarakat.

4. Veterinari Specialist

Seperti dokter specialist, dokter hewan ini konsentrasi pada spesialis tertentu. Pilihan profesi mereka mencakup kedokteran gigi, anestesiologi, operasi, serta patologi. Beberapa dokter bisa juga fokus pada kumpulan atau spesies hewan tertentu. Ada yang specialist anjing, kucing, satwa liar, hewan eksotis, maupun unggas.

Dokter hewan specialist ini mengarah pada karier yang membutuhkan ketrampilan atau perlengkapan khusus. Pekerjaan mereka berbeda, bergantung dengan ketrampilan yang diperlukan. Misalnya seorang ahli patologi yang bekerja untuk mengerjakan biopsi, mengecek sampel jaringan, dan membantu pengembangan obat.

Penghasilan mereka bervariatif, bergantung dengan pekerjaan yang sudah dilakukan. Bahkan juga mereka dapat naik ke tingkat atau level lebih tinggi bila menjalankan training tambahan, supaya pengetahuan dan ketrampilannya semakin meningkat.

5. Veterinarian Khusus Penelitian

Semua dokter hewan membutuhkan ilmu dan pengetahuan yang baik. Apa lagi dokter hewan yang berikut ini, karena mereka dibuat khusus untuk kebutuhan analisis atau penelitian. Mereka umumnya bekerja untuk organisasi pemerintahan, kampus, atau perusahaan riset biomedis. Umumnya dokter hewan yang berperan di lembaga pendidikan sebagai bagian dari fakultas yang mengajarkan ilmu kepada mahasiswa veteriner.

Sekolah dan badan pemerintahan memberikan tugas dokter ini untuk mengevaluasi temuan masa lampau atau teknologi saat ini. Mereka ingin membuat sistem yang lebih bagus dan pas untuk mendiagnosis, menyembuhkan, mencegah penyakit, dan mengawasi kondisi kesehatan.

Ada juga dokter yang bekerja dengan perusahaan farmasi dan biomedis akan turut andil menguji serta mengembangkan produk obat atau biomedis yang lain. Karena pekerjaannya yang kompleks, gajinya juga diprediksikan lumayan tinggi.

Opsi profesi sebagai dokter hewan benar-benar sangat bervariasi. Anda dapat menyesuaikan diri dengan minat, semangat, budget, dan kesempatan yang ada.

error: