Domba Merino, Karakteristik dan Asal-Usulnya

daftarhewan.com. Domba Merino adalah jenis domba berukuran sedang dan sangat penting dalam industri peternakan domba. Telah lama ada sebagai domba domestik selama berabad-abad dan dihargai karena bulunya yang sangat halus.

Domba Merino juga merupakan salah satu jenis domba paling populer yang dapat ditemukan di seluruh dunia karena sangat mudah beradaptasi sehingga mudah bereproduksi atau berkembang biak di hampir semua iklim dan atau lingkungan.

domba merino bandung, domba merino super, domba merino jantan, domba merino adalah, domba merino asli, domba merino australia, asal domba merino, domba merino bertanduk, ciri domba merino, ciri ciri domba merino, domba merino dari, merino domba, foto domba merino, gambar domba merino, keunggulan domba merino

Domba merino bertanduk

Mereka ada yang memiliki tanduk ataupun tidak memiliki sama sekali. Versi bertanduk memiliki tanduk panjang yang melingkar seperti spiral. Versi tidak bertanduk bisa jadi karena proses alami ataupun sengaja dihilangkan (dehorn) oleh peternaknya.

1. Asal Usul Domba Merino

Pada tahun 1797, domba Merino pertama, yang berasal dari Spanyol, diperkenalkan ke Australia. Meskipun domba-domba ini telah mempunyai serat halus yang dihasilkan dari bulunya, pembiakan selektif lebih lanjut oleh petani Australia sehingga menghasilkan Merino asli Australia dengan bulunya yang lebih halus.

Wol Merino Australia telah memainkan peran utama dalam mode (fashion) gaya pakaian Internasional. Karena sangat tahan banting, wol sebagian besar digunakan dalam pakaian dinas, terutama seragam militer dan pakaian kerja.

Baca Juga:   10 Jenis Kelinci Pedaging Unggul Beserta Gambarnya

Namun perubahan mode besar dari wol datang dalam dekade setelah Perang Dunia Pertama ketika Coco Chanel (perancang busana asal Prancis) menemukan kembali aturan mode dan menghasilkan gaun dari wol yang halus. Sejak saat itu, wol selalu digunakan dalam berbagai mode pakaian.

2. Makanan Domba Merino

Seperti sapi, makanan utama mereka adalah rumput, mereka merumput di padang rumput, meskipun jenis ini juga dapat menjelajah di semak belukar dan memakan tanaman lainnya.

Para peternak di peternakan juga biasanya menyediakan pakan jadi atau pelet (kosentrat) yang diproduksi secara komersial dan rumput kering (hay) untuk mereka makan. Ini adalah hal yang penting, terutama di daerah dengan akses yang susah mendapatkan rumput.

domba merino super, domba merino adalah, domba merino asli, domba merino australia, asal domba merino, ciri domba merino, ciri ciri domba merino, merino domba, foto domba merino, domba merino garut, gambar domba merino, harga domba merino super, domba merino jual, keunggulan domba merino, kambing domba merino

Domba merino asli di peternakan Australia

3. Karakteristik Domba Merino

Sebagai hewan berukuran sedang, bobot atau berat rata-rata domba merino dewasa jantan bisa mencapai sekitar 80 sampai 107 kg, sedangkan domba betina 57 sampai 82 kg.

Kegunaan Domba Merino utamanya adalah jenis domba wol. Mereka dibesarkan terutama untuk produksi wol. Tapi mereka juga bisa jadi bagus untuk produksi daging.

Domba Merino adalah hewan yang kuat dan tangguh. Mereka beradaptasi dengan baik di hampir semua iklim dan mereka adalah penjelajah yang sangat baik. Mereka perlu dicukur setidaknya setahun sekali karena bulunya tidak berhenti tumbuh.

Baca Juga:   Jenis dan Bentuk Desain Kandang Ayam Sederhana

Jika bulu dibiarkan tumbuh, dapat menyebabkan tekanan panas pada tubuhnya, masalah mobilitas atau pergerakannya, dan bisa jadi tidak dapat melihat karena matanya tertutup bulu. Wol hewan ini memiliki kualitas yang sangat baik, dan istilah ‘merino’ digunakan secara luas di industri tekstil. Seiring dengan produksi wol, trah ini juga cukup baik untuk produksi daging domba tanpa lemak.

4. Perbedaan Domba Merino dan Texel

a. Domba Merino

Merino berasal dari Spanyol. Trah ini tumbuh dengan baik dalam kondisi kering seperti yang ditemukan di Australia,  Afrika Selatan, dan sebagian Selandia Baru.

Merino Australia adalah tulang punggung negara sebagai penghasil wol terbesar di dunia dan jenis ini adalah satu-satunya jenis domba yang diternakan utamanya untuk produksi wol. Trah ini ditemukan di banyak negara di dunia dan kualitas bulu yang dihasilkan sangat bervariasi, tergantung pada kondisi pertumbuhan dan peternakan. Ukuran karkas domba ini biasanya lebih kecil daripada domba ras pedaging .

domba texel super, perbedaan domba texel dan merino, asal domba texel, ciri ciri domba texel, gambar domba texel, foto domba texel, harga domba texel 2020-2021-2022-2023, jenis domba texel, ternak domba texel, tentang domba texel, ciri ciri domba texel yang bagus, domba texel jantan

Foto domba texel jantan asli super

b. Domba Texel

Texel adalah jenis domba yang berasal dari Belanda, yang juga ditemukan di negara lain, termasuk Inggris. Mereka adalah domba yang ideal untuk kawin silang. Domba tersebut menghasilkan bulu yang lebat dengan kualitas sedang, yang cocok untuk benang karpet halus, kaus kaki dan pakaian rajut, di ujung penghitungan yang lebih kasar. Wol didominasi warna putih.

Baca Juga:   Daftar Ayam Hias Termahal yang Harus Anda Ketahui, Apa Saja?

Domba Texel adalah ras bermuka putih tanpa wol di kepala atau kakinya. Trah ini memiliki ciri khas pendek, wajah lebar dengan hidung hitam yang juga lebar, telinga pendek dengan punggung yang hampir horizontal. Mereka mempunyai warna kuku hitam.

Domba Texel perlahan-lahan dikembangbiakkan menjadi jenis pedaging dengan kualitas karkas yang luar biasa bagus. Sekarang menjadi salah satu ras pedaging yang paling umum di Belanda, mencapai tujuh puluh persen memenuhi pasar nasional.

5. Harga Domba Merino Termahal

Menurut wikipedia: Harga rekor dunia untuk seekor domba merino jantan adalah A$ 450.000, yang dijual pada penjualan Merino tahun 1988 di Adelaide, Australia Selatan. Pada tahun 2008, seekor domba Merino betina Australia dijual seharga A$ 14.000 di Sheep Show yang pelelangan tersebut diadakan di Dubbo, New South Wales, Australia.

Ket: (A$ = Dollar Australia). Untuk harga pertama kalau di konversi dengan harga sekarang adalah sekitar Empat miliar lima ratus juta rupiah. Dan untuk harga kedua yaitu Seratus empat puluh juta rupiah. Wow, harga yang super fantastis, ya!.

error: