Domba Suffolk, Asal Usul dan Ciri-Cirinya

Posted on

daftarhewan.com. Domba Suffolk asli adalah hasil persilangan domba jantan Southdown dengan domba betina Norfolk Horned yang keduanya berasal dari Inggris.

Rupanya hasil dari persilangan ini menghasilkan perbaikan yang signifikan dan bagus dari salah satu indukannya.

1. Domba Southdowns

Di tahun 1930, Southdowns digambarkan sebagai domba besar tanpa tanduk, wajah dan kaki gelap, tulang halus dan leher kecil yang panjang.

Perawakannya rendah di depan dengan bahu tinggi dan bagian depan yang ringan. Tubuh bagian samping mereka ideal, agak lebar di pinggang, dan penuh daging yang berurat di paha.

2. Norfolk Horned

Domba bertanduk Norfolk (Norfolk Horned) yang sekarang langka, adalah jenis liar yang kuat. Mereka mempunyai wajah hitam. Kedua jenis kelamin dari domba ini bertanduk.

Baca Juga:   Ayam Cemani untuk Ritual Penangkal Black Magic?

Daerah dataran tinggi Suffolk, Norfolk dan Cambridge di pantai tenggara Inggris sangat terjal dan pakan ternaknya jarang.

Di daerah yang kering, dingin, dan berangin inilah ras Norfolk menyesuaikan diri untuk menempuh jarak yang jauh untuk mencari makanan, sehingga mengembangkan tubuh berotot yang luar biasa.

3. Domba Suffolk

Dari persilangan kedua jenis domba tersebut lahirlah domba Suffolk. Domba Suffolk saat ini masih dikembangbiakkan di Southdown Inggris lama, sebagai penghasil wol dan daging yang baik.

jenis domba suffolk, ciri ciri domba suffolk, domba suffolk indonesia, domba suffolk sheep, domba suffolk adalah, domba sulfox, domba suffolk bandung

Pada tahun 1886, English Suffolk Society dibentuk untuk menyediakan layanan pendaftaran dan untuk lebih mengembangkan penggunaan breed atau jenis domba ini.

Melalui seleksi dan pembiakan yang hati-hati oleh banyak penggembala domba Inggris yang hebat, Suffolk dipertahankan kualitas hasil persilangannya seperti awal.

Baca Juga:   5 Jenis Budidaya Tambak Udang di Indonesia

4. Ciri-Ciri Domba Suffolk

Ciri-ciri domba suffolk : Berukuran besar, berdiri tegak, bertubuh panjang. Wajah hitam panjang bebas kerutan dengan sedikit lekukan. Telinga panjang dan hitam, tekstur halus yang sedikit terkulai ke depan. Bulu berwarna putih dengan panjang serat sedang.

Bobot dewasa untuk domba jantan Suffolk berkisar antara 113-159 kg, bobot domba betina bervariasi dari 81-113 kg.

Bobot bulu domba betina dewasa adalah antara 2,25 sampai 3,6 kg dengan hasil 50 hingga 62 persen.

Bulu domba Suffolk dianggap jenis wol sedang dengan diameter serat 25,5 hingga 33,0 mikron dan jumlah pemintalan 48 hingga 58. Panjang pokok bulu domba Suffolk berkisar antara 5 – 8,75 cm.

domba suffolk, jenis domba suffolk, ciri ciri domba suffolk, domba suffolk indonesia, domba suffolk sheep, domba suffolk adalah, domba sulfox, domba suffolk bandung
jenis domba suffolk setelah di potong bulunya

***

Jenis domba Suffolk banyak di impor ke berbagai negara termasuk ke Kanada pada tahun 1888 dan minat pada trah ini berkembang pesat setelah tahun 1920.

Baca Juga:   Ayam Brahma: Sejarah, Ukuran dan Karakteristik

Lebih dari delapan puluh tahun kemudian, trah ini masih menjadi salah satu trah dominan di industri Kanada.

Karena domba Suffolk melebihi semua jenis lain dalam hal tingkat keuntungan, dan merespon dengan baik ketika mereka berada dalam penangkaran, mereka menawarkan keuntungan ekonomi yang sangat baik serta terus mendominasi pasar domba di Kanada.

Domba jantan banyak digunakan sebagai pejantan unggulan dalam kawanan domba komersial karena kemampuannya menghasilkan keturunan domba dengan pertumbuhan dan sifat karkas yang sangat baik.

Domba Suffolk adalah domba yang baik untuk di ternak di bawah sistem manajemen yang lebih terkontrol, karena telah terbukti menguntungkan dalam mengeksploitasi sifat daging mereka dengan cara yang efisien dan ekonomis.