Domba Texel, Asal Usul dan Keunggulannya yang Super

daftarhewan.com. Domba Texel berasal dari Pulau Texel di lepas pantai Belanda pada awal abad kesembilan belas. Old Texel mungkin adalah jenis domba berekor pendek. Impor terbatas Jenis Domba Lincoln dan Domba Leicester Longwool disilangkan dengan stok ternak ini selama pertengahan 1800-an.

domba texel super, perbedaan domba texel dan merino, asal domba texel, ciri ciri domba texel, gambar domba texel, foto domba texel, harga domba texel 2020-2021-2022-2023, jenis domba texel, ternak domba texel, tentang domba texel, ciri ciri domba texel yang bagus, domba texel jantan

Foto domba texel jantan asli super

Asal : Belanda

Jenis : Jenis Domba Pedaging dan Pengasil Wol

Wol : Hasil Wol Sedang

Deskripsi Domba Texel – Otot lebar yang bagus, rangka kecil, wajah putih, tidak ada wol di kepala atau kaki, ciri khas pendek, wajah lebar dengan hidung hitam dan telinga pendek.

Nama lain Domba Texel : Texelaar, Texelse, Improved Texel, Verbeterde Texelse

Karakteristik trah ini dibentuk sejak dini melalui serangkaian kompetisi pertunjukan lokal di pulau tersebut. Penekanannya adalah pada domba yang akan menghasilkan domba berotot dengan kualitas makan yang unggul. Karena pasar utama domba-domba ini adalah Eropa Kontinental di mana lemak berlebih pada potongan daging selalu tidak populer, upaya yang signifikan juga dilakukan untuk menghasilkan domba yang memiliki banyak daging dan kecenderungan rendah untuk penumpukan lemak.

Texel pertama di Amerika Serikat diimpor oleh Meat Animal Research Center di Clay Center, Belanda pada tahun 1985. Setelah karantina selama lima tahun, beberapa di antaranya dilepaskan untuk dibeli oleh perorangan pada tahun 1990 dan tahun-tahun berikutnya. Impor pribadi telah dilakukan oleh segelintir peternak di Amerika Serikat.

Baca Juga:   Domba Merino, Karakteristik dan Asal-Usulnya

Trah Domba Texel saat ini adalah trah bermuka putih tanpa bulu atau wol di kepala atau kakinya. Trah ini memiliki ciri khas pendek, wajah lebar dengan hidung hitam dan posisi lebar, telinga pendek dengan kerangka hampir horizontal. Domba ini juga memiliki kuku hitam. Wolnya berkualitas sedang (46’s-56’s) tanpa serat hitam. Domba dewasa menghasilkan bulu wol seberat 3,5-5,5 kg.

Keunggulan Domba Texel

Namun, ciri yang paling menonjol dari trah Texel adalah perkembangan ototnya yang luar biasa dan tidak kurus. Hasil penelitian dari Clay Center dan University of Wisconsin menunjukkan bahwa domba texel jantan dewasa biasanya memiliki keunggulan 6-10% di area loin-eye (has dalam) jika dibandingkan dengan domba bermuka hitam Amerika.

Faktanya, banyak peternak Texel secara rutin memindai bagian daging loin-eyes sebagai alat seleksi dan menemukan bahwa 4 inci (10 cm) persegi cukup umum dengan mata 5 inci (12 cm) persegi cukup sering muncul.

Domba dewasa texel juga menunjukkan keunggulan skor satu kaki penuh dalam perbandingan karkas dan lebih sedikit lemak total terutama lemak lipatan kecil. Hal ini penting karena lemak yang berlipat atau berkerut jauh lebih sulit untuk dipotong secara manual selama penurunan daging daripada timbunan lemak subkutan dan internal.

Baca Juga:   12 Daftar Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit

Anehnya, meskipun domba Texel dalam uji coba ini tumbuh sedikit lebih lambat daripada domba bermuka hitam, efisiensi pakan mereka lebih baik. Dalam percobaan yang membandingkan domba Texel dengan domba domba jantan berwajah hitam, Texels membutuhkan sekitar 15, lebih sedikit pakan untuk menghasilkan 60 keuntungan.

domba texel super, gambar domba texel, domba texel jatim, domba texel wonosobo (dombos), keunggulan domba texel, karakteristik domba texel wonosobo, domba texel adalah, ternak domba texel wonosobo, tentang domba texel, ternak domba texel, jenis domba texel, asal domba texel, ciri domba texel, foto domba texel, bobot domba texel, harga domba texel jantan, domba texel indonesia, perbedaan domba texel dan merino

Domba Texel betina dan anaknya

Karena hasil susu yang baik dari domba Texel betina dan kemampuan berkembang biak untuk pertumbuhan yang cepat, domba dapat memperoleh pertambahan bobot rata-rata 250 gram per hari. Pada saat penyapihan (12 minggu) berat rata-rata anak domba adalah 25 kg dan berat akhir saat penyembelihan (24 minggu) rata-rata 44 kg. Texel adalah domba berukuran sedang dengan bobot domba texel betina seberat 68 kg (150 pound) – 90 kg (200 pound). Mereka adalah hewan yang mudah dipelihara dan mudah memproduksi dan membentuk daging jika dipelihara di tempat dengan rumput yang banyak dan subur. Baca : Perbedaan domba texel dan merino

Karakteristik Domba Texel

Domba texel memiliki temperamen yang sangat baik. Mereka jinak, mudah diajak bekerja sama, dan memiliki sifat ingin tahu. Mereka cenderung santai tidak mudah bergairah atau gugup.

Perangai dan karakteristik Domba texel memiliki temperamen yang sangat baik. Mereka jinak, mudah diajak bekerja sama, dan memiliki sifat ingin tahu. Mereka cenderung santai tidak mudah bergairah atau gugup.

Lamanya musim kawin domba texel dewasa hampir 5 bulan. Domba Texel betina datang dalam keadaan bergairah atau mempunyai keinginan untuk kawin pertama kalinya pada usia sekitar 7 bulan. Yang terpenting adalah total produksi domba tahunan domba betina, efek gabungan dari produktivitas dan frekuensi beranak.

Baca Juga:   Sapi Peranakan Ongole: Asal Usul dan Keunggulannya

Pemilihan ukuran anak domba telah menghasilkan tingkat produksi domba yang tinggi. Rata-rata ukuran anak domba telah menghasilkan tingkat produksi domba yang tinggi. Domba betina texel adalah induk yang sangat baik dan memberikan hasil susu yang tinggi untuk anak dombanya.

Domba Texel jantan khususnya telah menjadi trah unggul dan super yang biasa dijadikan indukan yang dominan di Eropa. Saat ini hampir sama dengan Suffolk dalam pangsa pasar di Inggris Raya dan meningkat dengan cepat. Jenis ini juga semakin populer di Australia dan Selandia Baru karena sistem produksi mereka telah bergeser dari penekanan utama pada wol ke penekanan yang lebih besar pada produksi daging domba. Domba Texel jelas menawarkan kesempatan bagi industri domba Amerika Utara untuk meningkatkan kualitas karkas dari produknya.

error: