7 Burung Elang Terbesar dan Terkuat di Dunia

daftarhewan.com. Burung Elang terbesar di dunia. Ketika berbicara Elang kita selalu teringat pada burung pemakan daging, pemangsa yang besar dan kuat. Mereka dikenal juga karena ketajaman dan kegigihannya. Tidaklah aneh jika elang sering dipakai sebagai lambang nasional beberapa negara, terhitung Jepang dan Amerika Serikat.

Dalam kingdom avian atau unggas, status paling atas rantai makanan ditempati oleh elang. Mereka dipandang sukses dalam soal mengincar mangsa, apa lagi disokong oleh kekuatannya beradaptasi dengan lingkungan. Mereka lebih cepat beradaptasi menghadapi lingkungan keras. Tidak mengagetkan jika beberapa ilmuwan dan periset tertarik memperlajari komunitas dan langkah adaptasi elang.

Berikut 7 Burung Elang Paling Besar di Dunia :

1. Elang Haast

elang terbesar, 5 elang, elang terbesar di dunia, elang terbesar didunia, burung elang terbesar di dunia, burung elang terbesar, jenis elang terbesar, foto elang terbesar di dunia, gambar elang terbesar, burung elang yang terbesar di dunia

Elang terbesar, Hars Eagle – via : wikipedia.org

Elang yang telah punah yang bernama lain Elang Harpagornis atau Haast’s Eagle ini pernah hidup di pulau selatan Selandia Baru. Sampai saat ini dia dikenali sebagai burung elang terbesar yang sempat ada. Disamping memiliki ukuran besar, elang ini dikenal juga terkenal kejam di ekosistemnya.

Baca Juga:   Burung Branjangan, si Gacor yang Terbang Vertikal

Berat Elang Harpagonis 17,8 kg. Sedang lebar sayapnya sekitaran 3 mtr.. Sayapnya mengepak dengan gagahnya. Mereka sanggup mengerjakan manuver menawan. Elang ini memangsa burung-burung besar yang tidak dapat terbang, seperti moa. Tetapi karena populasi mangsanya makin turun dan punah, keberadaan mereka juga tidak dapat ditolong.

2. Elang-laut Steller

elang terbesar di dunia, burung elang terbesar di dunia, burung elang terbesar, jenis elang terbesar, jenis elang terbesar di dunia, elang paling besar

Burung Steller’s Sea Eagle yang besar ini datang dari family Accipitridae. Mereka mempunyai ukuran berat di antara 6,8-9 kg, hingga dikukuhkan sebagai burung paling berat di dunia. Mereka hidup di teritori pesisir Asia Timur.

Makanan kegemarannya ialah burung laut dan ikan. Panjang elang ini di antara 85-105 cm. Rentang sayapnya di antara 195-250 cm. Paruh dan cakarnya warna kuning. Selainnya besar, elang ini terlihat kekar.

3. Elang Ekor Putih

poto elang terbesar di dunia, elang terbesar yang pernah ada, elang terbesar mirip manusia, binatang elang terbesar di dunia, jenis burung elang terbesar didunia, elang terbesar dan terkuat di dunia, burung elang terbesar dunia, gambar burung elang terbesar di dunia, 10 elang terbesar di dunia, spesies elang terbesar

Elang paling besar di Eropa ini bertubuh warna cokelat dan ekornya putih. Itu mengapa dia dinamakan sebagai White-tailed Eagle. Paruh, mata dan kakinya mempunyai warna kuning. Panjangnya di antara 74-92 cm, sedang lebar sayapnya menggapai ukuran sekitar 193-244 cm. Mereka mengincar dan memakan burung lain, ikan, dan mamalia seperti domba atau rusa.

Baca Juga:   Manfaat Burung Merpati Bagi Manusia dan Lingkungan

4. Garuda Australia (Wedge-tailed eagle)

elang terbesar di dunia, burung elang terbesar di dunia, burung garuda terbesar di dunia, burung elang terbesar, burung rajawali terbesar di dunia, burung garuda asli terbesar, burung rajawali terbesar, jenis elang terbesar, burung garuda terbesar, jenis elang terbesar di dunia, elang paling besar

Elang yang memiliki banyak sebutan diantaranya Elang Ekor Baji, Bunjil, Eaglehawk, Australian Wedge-Tailed Eagle. Adalah burung pemangsa paling besar di Papua dan Australia. Lebar sayapnya dapat memiliki ukuran sampai 2,3 mtr.. Paruhnya pucat. Sekitaran matanya memiliki warna cokelat serta kakinya putih. Elang betina berbobot badan sekitaran 5,3 kg.

Sedang elang jantan lebih ringan, sekitaran 3,2 kg. Mereka umumnya hidup di wilayah pegunungan serta permukaan laut. Umumnya mereka suka dengan teritori lanscape rimba dan tanah terbuka.

5. Elang Emas

foto elang terbesar di dunia, gambar elang terbesar, burung elang yang terbesar di dunia, elang terbesar di dunia ini, urutan elang terbesar di dunia, poto elang terbesar di dunia, elang terbesar yang pernah ada, elang perampas terbesar, jenis burung elang terbesar didunia

Elang emas (Golden Eagle) jadi burung nasional terpopuler, terutamanya di beberapa negara seperti Austria, Jerman, Albania dan Meksiko. Mereka lumayan banyak diketemukan di belahan bumi utara. Di Amerika Utara sendiri, elang emas dikenali sebagai burung pemangsa terkuat dan cepat.

Sama sesuai namanya, burung ini mempunyai warna coklat tua dan keemasan di bagian kepala dan lehernya. Berat badannya di antara 3,1-6,2 kg. Sedang lebar sayapnya di antara 185-220 cm. Mereka memakan mamalia kecil seperti kelinci, terkadang sampai mengincar kambing dan domba.

6. Elang Filipina

elang terbesar, elang terbesar di dunia, burung elang terbesar di dunia, burung elang terbesar, urutan elang terbesar di dunia, elang terbesar dan terkuat di dunia

Sama sesuai namanya, Philippine Eagle adalah sebagai hewan endemik empat pulau khusus Filipina, yaitu Mindanao, Luzon, Kabur dan Leyte. Mereka dikenali sebagai elang paling berat dan peling besar. Komunitas liarnya demikian kecil, hingga elang Filipina jadi salah-satu burung terlangka yang eksotik.

Baca Juga:   9 Fakta Ayam Pegar Ring-neck Pheasant

Bulu-bulu elang ini demikian panjang, diperlengkapi dengan surai yang mengagumkan. Mereka mempunyai rekam jejak sebagai elang pemakan monyet. Berat tubuhnya di antara 4,5-8 kg dan lebar sayapnya natara 184-220 cm.

Mereka senang tinggal di teritori rimba lebat, hingga bentang sayapnya terbatas. Elang ini juga tidak mempunyai catatan pemilik lebar sayap yang panjang. Bagaimana juga, mereka mempunyai kekurangan saat terbang bermanuver di hutan.

7. Elang Harpa

poto elang terbesar di dunia, binatang elang terbesar di dunia, jenis burung elang terbesar didunia, burung elang terbesar dunia, gambar burung elang terbesar di dunia

Harpy Eagle ini sebagai burung nasional kebanggaan Panama. Mereka dikenali tangguh dan kuat. Cakar mereka demikian gagah, bahkan juga dapat dibanding dengan cakar beruang. Kakinya pun demikian tebal, dapat dengan tebal pergelangan tangan manusia.

Mereka sebagai navigator yang bagus di teritori Amerika Selatan dan tengah. Lebar sayapnya sekitaran 2 mtr.. Badannya warna hitam dan kepala dan lehernya warna abu-abu. Elang ini umumnya memakan mamalia arboreal, atau hewan yang hidup di pohon, seperti monyet maupun sloth.

error: