English Bull Terrier, si Gladiator Dog

daftarhewan.com. English Bull Terrier, badannya yang kekar dengan leher besar seperti leher betonnya Tyson, membuat anjing ini semakin tampak tegap dan gagah. Tidak heran kalau kekekaran tubuhnya itu mengantarkannya menjadi seekor “gladiator” alias anjing aduan.

english bull terrier puppies, english bull terrier for sale, english pitbull terrier, english bull, are english bull terriers aggressive, are english bull terriers dangerous, how big do english bull terriers get, english bull terrier

Bull Terrier yang berasal dari Inggris ini merupakan hasil persilangan Bull (Bulldog) dengan Terrier. Tentu saja sifatnya pun merupakan perpaduan keduanya. Dengan mutu seekor anjing Bull dan pembawaan seperti Terrier yang menghasilkan karakter anjing aduan. Dari moyang Bull, ia memperoleh warisan tubuh yang kekar, sifat kalem tapi galak dan kesan sifat pemalas.

Sedangkan dari moyang Terrier ia memperoleh tabian pemberani, waspada dan lincah. Di negara asalnya dan di Amerika bertarung sudah biasa baginya. Tetapi sekarang semuanya itu cukup menjadi bahan kenagan. Fungsinya kini telah berubah, hanya sekedar menjadi anjing penjaga dan anjing kesayangan saja.

Baca Juga:   5 Jenis anjing yang tidak terlalu banyak berliur

Di Indonesia, anjing yang berukuran 53 – 56 cm dengan bobot 23 – 28 kg ini masih jarang dipelihara, fungsinya pun tidak berbeda jauh dengan di negara lain, sebagai anjing penjaga. Gonggongan keras dan ekspresi yang galak bakal menciutkan hati orang yang bermaksud tidak baik. Selain itu, ia juga setiap pada majikannya. Bull Terrier termasuk anjing yang cerdas.

Dengan latihan teratur ia bisa secerdik anjing herder. Bahkan bisa juga dilatih untuk memainkan skateboard dan ski air pun bisa dilakukan. Daya tahan tubuhnya yang kuat, si gladiator ini sangat mudah beradaptasi dengan segala macam cuaca. Hanya raut mukanyamemang tidak terlalu bagus. Kepalanya menurut beberapa orang mirip kepala kuda dan ada pula yang mengatakan mirip kepala babi. Tetapi justri disitulah letak keunikannya.

Baca Juga:   Anjing Siberian Husky Warna Putih "White Husky" yang Langka

Makanan Bull Terrier

Selera makannya teratur dan dengan jumlah besar. Satu kali makan porsinya setengah panci dogfood yang telah dibasahi air dicampur dengan potongan kecil daging ayam seperempat ekor dan empat sampai lima buah hati ayam. Pakan ini cukup diberikan dua kali sehari, pagi dan sore.

Selain itu masih ada lagi tambahan vitamin seperti Esbilac nutrition untuk menjaga kesehatannya. Calcium phosphorus untuk pertumbuhan tulang-tulangnya dan Mirra coat untuk perawatan bulunya.

Selain diberi vitamin untuk perawatan bulunya, ia juga perlu disisir secara rutin setiap hari agar bulu-bulunya tetap bersih dan bebas kutu. Tetapi tidak perlu sering dimandikan, cukup sekali seminggu. Itupun bila bulunya terlihat sangat kotor. Terlalu sering dimandikan bisa menyebabkan cepatnya kerontokan bulu-bulunya yang pendek dan berwarna putih, coklat, fawn (coklat muda kekuningan) atau kombinasi ketiganya.

Baca Juga:   7 Jenis Anjing Galak Paling Berbahaya di Dunia

English Bull terrier ini berkaki pendek dan punya saudara sepupu diantaranya Miniature Bull Terrier, Stamffordshire Bull Terrier, dan American Staffordshire Terrier.

error: