Fakta Kucing British Shorthair, Ras Tertua Britania Raya

Posted on

daftarhewan.com. Kucing British Shorthair. Dengan bulu pendek yang padat dan postur tubuh gempal, kucing British Shorthair terlihat elegan, sekaligus menggemaskan. Mereka juga memiliki tampilan klasik, berupa warna abu-abu kebiruan yang nampak berkelas.

semua jenis kucing besar, jenis-jenis kucing besar, jenis jenis kucing besar, macam jenis kucing besar, nama jenis kucing besar, berapa jenis kucing, berapa jenis kucing di dunia, tipe kucing besar, macam macam kucing besar, macam macam jenis kucing besar, macam kucing besar

Kucing British shorthair Asli

Di sisi lain, mengukuhkan posisinya sebagai ras tertua di Inggris, British Shorthair menjadi inspirasi bagi beragam karakter fiksi klasik dan modern.

Namun, apakah mereka dapat menjadi hewan peliharaan yang ideal bagi Anda? Yuk, cari tahu dengan menelusuri fakta-fakta tentang ras kucing British Shorthair, berikut ini:

a. Ukuran

Sedang, hingga besar.

b. Berat

  • Jantan: 6-9 kg
  • Betina: 4,5-7,5 kg

c. Mantel Bulu

Pendek dan padat

d. Variasi Warna

Abu-abu kebiruan, putih, hitam, jingga, krem, abu-abu, silver, dan keemasan, dengan beragam corak dan gradasi.

Baca Juga:   Kucing American Wirehair, yang Ikal dan Menarik Perhatian

e. Karakter dan Perilaku

Kepribadian ras kucing ini begitu santai. Mereka menyukai perhatian dari manusia, namun cukup independen dan tidak terlalu nyaman berada dalam gendongan.

Rasa ingin tahunya yang tinggi, bisa jadi akan membuat mereka mengikuti Anda menjelajahi rumah. Namun, mereka bukan tipe kucing yang senang dipangku, dan lebih suka suka meringkuk di samping pemiliknya.

British Shorthair jantan cenderung lebih agresif dibandingkan kucing betina. Meskipun begitu, mereka ramah terhadap anak-anak yang dapat bersikap baik dan tidak keberatan dengan keberadaan anjing.

Di sisi lain, seiring pertambahan usianya, mereka cenderung menjadi semakin kalem dan mengurangi keaktifannya.

f. Ciri fisik

Ras ini dapat menampilkan beragam gradasi dan corak. Namun, warna paling populer dan menjadi tampilan klasiknya, yaitu abu-abu kebiruan, yang membuat mereka kerap disebut British Blue.

Dari segi postur, British Shorthair cenderung gempal, dengan dada lebar dan kaki yang kokoh. Sementara mantel bulu mereka pendek dan padat.

Warna mata British Shorthair bervariasi, tergantung warna bulu mereka. Umumnya, British Blue memiliki mata emas, sedangkan British Shorthair dengan warna pada spot tertentu, memiliki mata biru. Dan yang lain, berkisar antara emas hingga tembaga.

Baca Juga:   Kucing Ras Singapura, Si Imut yang Memesona

g. Masa hidup

12-17 tahun.

h. Perawatan Bulu

Ras British Shorthair dapat mengalami shedding musiman selama musim semi dan musim gugur. Maka, sikatlah secara teratur dalam periode tersebut untuk menyingkirkan bulu-bulu yang terlepas. Sementara di luar musim-musim tersebut, cukup dengan menyikat tubuh mereka setiap pekan.

i. Kesehatan

Meski cenderung sehat, ras ini rentan terhadap radang gusi, kardiomiopati hipertrofi, dan hemofilia B. Mereka juga dapat mengalami obesitas, karena ras kucing ini suka sekali makan dan relatif tidak banyak bergerak.

j. Makanan Kucing British Shorthair Dewasa

Penambahan berat badan yang berlebihan kerap menjadi masalah pada British Shorthair yang kurang bergerak, terutama di usia tua. Maka, untuk menjaga berat badan mereka tetap ideal, pilih makanan kucing yang diformulasikan khusus untuk pengendalian berat badan. Ikuti pedoman pemberian makan berdasarkan usia dan berat kucing, atau konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan panduan yang lebih komperhensif.

kucing british shorthair abu abu, kucing british shorthair bicolor, sejarah kucing british shorthair, kucing british shorthair gambar, kucing jenis british shorthair, kucing british shorthair kitten, kucing british shorthair putih, kelebihan kucing british shorthair, kucing british shorthair lucu, kucing ras british shorthair, kucing british shorthair asli
Kucing British Shorthair Abu dan Putih – via : olx.co.id

k. Makanan Anak Kucing British Shorthair

Butuh waktu 3 tahun hingga kucing ini mencapai kematangan. Dan, agar proses tumbuh kembangnya berlangsung optimal, berikan makanan khusus anak kucing dengan gizi lengkap dan seimbang dalam satu tahun pertama kehidupannya.

Baca Juga:   Jenis-Jenis Pasir Kucing dan Fungsinya

l. Asal Muasal British Shorthair

Sebagai ras kucing tertua di Inggris, diduga British Shorthair merupakan keturunan kucing domestik yang diimpor dari Mesir, oleh bangsa Romawi ketika invasi Inggris Raya di tahun 43 Masehi. Mereka semakin populer selama era Victoria, ketika standar pengembangbiakkan menjadi lebih ketat. Dan, pada awal 1900-an, terlahir gen bulu panjang dari hasil persilangan ras Shorthair dengan Persia.

Ras kucing ini sempat hampir punah pasca Perang Dunia I dan II. Namun, berkat perkawinan silang, mereka berhasil direvitalisasi.

Hingga pada tahun 1967, American Cat Association menyetujui keberadaan ras kucing ini. Namun The International Cat Association (TICA) baru menerima mereka di tahun 1979 dan Cat Fanciers Association (CFA) pada satu tahun berikutnya.

m. Fakta Menarik

  • Dua karakter kucing fiksi populer, Puss in Boots dan Cheshire Cat dalam Alice in Wonderland, merupakan ras British Shorthair.
  • British Shorthair menjadi satu-satunya kucing pedigree yang tampil di beberapa kontes kucing terdahulu.

Comments are closed.