Fakta Tentang Kucing Anggora, yang Berbulu Indah

daftarhewan.com. Secara umum, ras kucing berbulu panjang masih jadi pujaan di Indonesia, bahkan dunia, karena menampilkan persona yang lekat dengan kemewahan. Dan, bersama dengan Persia, tentu saja Turkish Angora atau di Indonesia disebut dengan Kucing Anggora yang menduduki peringkat teratas dalam popularitas.

jenis jenis kucing cantik, jenis kucing tercantik, jenis kucing lucu di indonesia, jenis kucing kucing, jenis kucing yang imut, jenis kucing terindah, jenis kucing bagus, jenis kucing dan foto, jenis jenis kucing yang cantik, jenis jenis kucing imut, 10 jenis kucing, jenis kucing favorit, jenis kucing paling jinak, jenis kucing terbagus, beberapa jenis kucing

Fakta-fakta Tentang Kucing Anggora

Apakah Anda tertarik menelusuri seluk-beluk kucing yang cantik dan anggun ini? Yuk, simak fakta terkait ras kucing Turkish Angora!

a. Ukuran

Sedang.

b. Berat Tubuh

  • Jantan: 3,5-5 kilogram.
  • Betina: 2,5-4 kilogram.

c. Tipe Bulu

Semi-panjang.

d. Variasi Warna

Putih, hitam, biru, krem, ​​dan merah, dengan berbagai corak dan gradasi.

e. Ciri Fisik

Mantel bulu semi-panjang yang anggun dan indah, menjadi keistimewaan ras kucing Turkish Angora. Bulu-bulu yang lembut dan halus tersebut, menyelubungi postur tubuh mereka ramping, dengan ekor panjang yang meruncing.

f. Karakter dan Perilaku

Berkat keanggunan yang mereka tampilkan dalam setiap gerakan, Turkish Angora mendapat julukan “balerina” di dunia kucing. Mereka aktif dan suka bermain, serta cerdas dan amat lincah. Turkish Angora juga termasuk salah satu kucing ekstrover, yang senang menjadi pusat perhatian, dan menghibur teman manusianya.

Baca Juga:   6 Panduan Ringkas: Cara Memberi Makan Anak Kucing

Sebagai kucing yang menyukai interaksi sosial, Turkish Angora akan senang berbagi rumah dengan hewan peliharaan lain, selama ia tetap bisa mendominasi.

g. Masa Hidup

Umur bisa mencapai 12-18 tahun.

h. Perawatan Bulu

Bulu-bulu semi-panjang pada Turkish Angora, tidak begitu mudah kusut, dan relatif lebih mudah dirawat, dibandingkan ras bulu panjang lainnya. Mereka hanya membutuhkan penyisiran tiap pekan, dan barangkali, mandi sekali dalam beberapa bulan. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan kondisi kucing, terutama untuk Turkish Angora putih atau berwarna cerah, agar mereka senantiasa tampil prima dan menawan.

nama kucing anggora, nama kucing anggora betina, nama kucing anggora jantan, nama kucing anggora lucu, nama kucing anggora yang lucu, nama kucing anggora betina lucu, nama kucing anggora cowok, nama kucing anggora putih, nama kucing anggora laki laki, nama kucing anggora yang bagus, nama kucing anggora asli, nama kucing anggora bagus, nama kucing anggora betina yang bagus, nama kucing anggora betina dan jantan, nama untuk kucing anggora jantan, nama buat kucing anggora jantan

i. Kesehatan

Secara umum, Turkish Angora tergolong sehat dan berumur panjang. Namun, ada beberapa kondisi khusus yang perlu Anda cermati.

Turkish Angora putih dengan mata biru, memiliki kecenderungan tuli. Sementara Turkish Angora putih odd-eye, bisa jadi kehilangan pendengaran pada satu telinganya. Tekait hal ini, Anda tidak perlu khawatir, karena dengan perawatan yang tepat, kucing tuli tetap bisa menjalani hidup dengan baik, sehat, dan berumur panjang.

Baca Juga:   Kucing Mau Mesir, yang Unik dan Suka Main Air

Di sisi lain, Turkish Angora berisiko mengalami kardiomiopati hipertrofi, sebagai penyakit jantung yang paling umum dialami oleh kucing. Meski tentu saja, peternak kucing yang bertanggung jawab, akan berupaya untuk meminimalisir peluang terjadinya kondisi tersebut.

j. Makanan Kucing Anggora

Seperti ras kucing lainnya, Turkish Angora akan berkembang baik, jika Anda memberikan asupan nutrisi terbaik, berupa makanan kucing dewasa yang berkualitas. Sementara untuk Turkish Angora yang mengalami masalah berat badan, berikan formulasi khusus untuk membantu mereka mendapatkan berat badan ideal.

Anda juga perlu memberikan produk makanan yang diformulasikan khusus untuk anak kucing, selama tahun pertama kehidupannya, agar tumbuh kembang mereka berlangsung optimal.

k. Asal muasal Kucing Anggora

Turkish Angora berasal dari ibu kota Turki, Ankara, yang sebelumnya lebih populer dengan sebutan Angora.

Referensi tertulis yang paling awal untuk kucing jenis ini, merujuk pada Prancis di abad ke-16 dan akhir abad ke-19. Sementara pada awal abad ke-20, Turkish Angora populer di kalangan peternak kucing Eropa.

Karena dianggap sebagai harta nasional, Kebun Binatang Ankara membuat program pengembangbiakan Turkish Angora, dengan berfokus pada pelestarian galur yang menghasilkan kucing putih bermata biru, mata emas, dan odd-eye. Mereka sangat berdedikasi, dan bersikap protektif, terkait perpindahan Turkish Angora ke tempat lain.

Baca Juga:   25 Nama Kucing Perempuan Islami yang Bagus

Hingga pada 1950-an, informasi terkait Turkish Angora yang eksotis sampai ke Amerika Serikat, melalui prajurit Amerika yang mengunjungi Kebun Binatang Ankara. Pada tahun 1962, pihak kebun binatang mengizinkan Kolonel dan Nyonya Walter Grant untuk membawa seekor kucing jantan berwarna putih dengan odd-eye bernama Yildiz, dan seekor kucing betina putih bermata kuning bernama Yildizcek.

Sepasang kucing tersebut, lantas menjadi indukan dari program pengembangbiakkan Turkish Angora di Amerika Serikat.

Kemudian, pada tahun 1968, Cat Fanciers’ Association (CFA) mulai meregistrasi Turkish Angora putih dan mengakui status kejuaraannya di tahun 1972. CFA baru mengakui Turkish Angora yang berwarna, pada tahun 1978.

l. Fakta Menarik Kucing Angora

  • Nama Kucing Angora merujuk pada ibu kota Turki, yang sekarang lebih dikenal sebagai Ankara.
  • Turkish Angora senang bermain air. Beberapa di antara mereka, menyukai cipratan di wastafel atau kamar mandi, bahkan ada pula yang menceburkan diri ke sungai atau kolam, lantas berenang mengelilinginya.
  • Diperkirakan, Turkish Angora menjadi ras kucing berbulu panjang pertama di Eropa, dan mengukuhkan statusnya sebagai harta nasional di Turki.
error: