13 Fakta Tentang Kucing Persia, yang Penuh Pesona

daftarhewan.com. Pesona jenis kucing Persia telah lama memukau para cat lover di segala penjuru dunia. Keindahan mereka begitu universal, dengan sikap anggun, bulu panjang menjuntai, dan wajah datar yang menggemaskan.

jenis kucing persia berdasarkan warna, jenis kucing persia beserta gambarnya, berbagai jenis kucing persia, jenis kucing persia dan gambarnya, semua jenis kucing persia, jenis kucing persia dan ciri cirinya

Mengadopsi kucing Persia dapat menjadi pilihan sempurna, jika Anda menginginkan teman yang loyal, sekaligus menyenangkan. Dengan senang hati, mereka akan menemani Anda bersantai di sofa, namun juga tidak menolak jika dipancing dengan mainan.

Fakta Tentang Kucing Persia, yang Anggun Penuh Pesona

Terpikat dengan pesona mereka? Simak dulu fakta terkait ras kucing Persia, berikut ini:

1. Ukuran Kucing Persia

Medium, hingga besar.

2. Berat Tubuh Kucing Persia

  • Jantan: 4,5-7 kilogram
  • Betina: 3,5-5,5 kilogram

3. Tipe Bulu Kucing Persia

Panjang, tebal, dan mengkilap.

4. Variasi Warna Kucing Persia

Putih, abu-abu kebiruan, hitam, kemerahan, krem, cokelat, keunguan.

5. Karakter dan Perilaku Kucing Persia

Kucing Persia merupakan kucing jinak yang cenderung pendiam, dan menyukai lingkungan tenang.

Baca Juga:   15 Model Kandang Kucing Kayu yang Bagus

Mereka dapat duduk manis di pangkuan manusia, dan menjadi teman yang menenangkan. Kendati demikian, jenis kucing Persia juga suka duduk sendiri dan mengamati orang-orang datang dan pergi dari kejauhan. Dengan kata lain, mereka termasuk kucing yang independen dan selektif dalam menunjukkan kasih sayang.

Meski tampak begitu anggun dan elegan, kucing Persia juga menikmati permainan dan aktivitas yang membutuhkan gerak. Namun, tentu saja mereka lebih senang menggantungkan diri di atas kursi yang nyaman, alih-alih bereksplorasi dan memanjati rak.

Dengan sikap yang kalem dan santai, kucing Persia dapat bersahabat dengan anak-anak yang bersikap lembut, dan anjing yang ramah terhadap kucing.

kucing abu-abu, kucing abu putih, kucing abu abu namanya, fakta kucing abu abu, sifat kucing abu abu, nama kucing abu abu, nama kucing abu abu yg bagus, nama kucing warna abu abu, nama untuk kucing abu abu

Kucing Persia abu-abu

6. Ciri Fisik Kucing Persia

Bulu warna abu-abu mengkilap, menjadi tampilan klasik pada ras kucing Persia. Namun, melalui pengembangbiakan selektif, kini mereka menunjukkan berbagai warna berbeda, dengan total 7 divisi warna untuk keperluan kompetisi.

Variasi warna bulu kucing Persia, berkisar dari silver dan emas, hingga putih, corak asap, dan solid, dengan warna mata yang menyesuaikan. Misalnya, kucing Persia putih cenderung memiliki mata biru tua atau tembaga, sedangkan kucing Persia silver atau emas memiliki mata hijau, dan kucing Persia berwarna solid memiliki mata tembaga.

Di samping itu, kucing Persia juga memiliki beberapa ciri khas fisik, berupa kepala bulat dengan wajah cenderung datar, dan hidung pesek. Mereka memiliki pipi tembem, mata bulat besar, dan telinga bulat yang relatif kecil. Kucing Persia juga memiliki kaki yang pendek dan kuat, untuk menopang tubuhnya yang gempal.

Baca Juga:   Penyakit Kucing Buang Air Besar Berdarah

7. Masa Hidup Kucing Persia

15-20 tahun.

8. Perawatan Bulu Kucing Persia

Telah menjadi stereotip, bahwa bulu kucing Persia kerap mengalami kerontokan. Namun, dengan perawatan yang tepat, Anda dapat mencegah bulu-bulu mereka meninggalkan jejak di seantero rumah.

Lakukan penyisiran setiap hari untuk mencegah kusut dan menyingkirkan bulu-bulu yang terlepas. Beri mereka grooming, setidaknya sekali sebulan, untuk menjaga bulu dan kulitnya tetap bersih dan sehat.

9. Kesehatan Kucing Persia

Struktur wajah kucing Persia yang cenderung datar, membuat mereka rentan mengalami sejumlah komplikasi kesehatan, antara lain:

  • kesulitan bernapas,
  • susunan gigi yang tidak rata,
  • mata berair dan entropion, dan
  • sensitivitas panas yang berlebihan.

Selain itu, kucing Persia juga berisiko lebih tinggi mengalami penyakit ginjal polikistik dan kurap, yang mengakibatkan gatal, kulit kemerahan, dan rambut rontok.

Meskipun begitu, peternak kucing terus berupaya untuk mengembangbiakkan kucing Persia yang relatif sehat dan tidak lebih rentan terhadap penyakit, dibandingkan ras kucing lain.

10. Makanan Kucing Dewasa Kucing Persia

Struktur wajah datar dan rahang yang pendek, membuat kucing Persia lebih sulit mengonsumsi pelet kering dan minum cukup air. Maka, beri mereka produk makanan kering berkualitas yang diformulasikan untuk mengendalikan hairball, dan lengkapi dengan makanan basah, untuk memastikan asupan nutrisi mereka terpenuhi.

Selain itu, pilih wadah makanan yang lebar dan dangkal atau piring ceper, untuk memudahkan mereka ketika makan.

Baca Juga:   Jenis Kucing Chartreux, Legenda dari Masa Carthusian

11. Makanan Anak Kucing Kucing Persia

Kesulitan mengunyah menjadi salah satu poin yang harus Anda cermati ketika memilih makanan untuk anak kucing Persia. Sajikan makanan yang mudah dikunyah, gampang dicerna, dan dapat mencukupi kebutuhan air mereka. Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan kandungan gizi yang lengkap dan seimbang, untuk mendukung tumbuh kembang kucing Persia yang masih berusia di bawah satu tahun.

12. Asal muasal Kucing Persia

Kucing Persia berasal dari Mesopotamia, yang kemudian menjadi Persia, dan sekarang lebih populer sebagai Iran. Penampilan kucing Persia yang anggun, serta keperibadian mereka yang lembut, menarik perhatian Pietro Della Valle, seorang bangsawan Italia, yang lantas membawa kucing-kucing Persia ke Eropa pada abad ke-17.

Kucing Persia juga menjadi favorit Ratu Victoria, dan ras ini dibawa ke Amerika Serikat pada akhir abad ke-19. Popularitas mereka pun terus menanjak, dan terkenal di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

13. Fakta Menarik Kucing Persia

  • Fakta Kucing Persia modern dapat menampilkan hingga 80 kombinasi warna yang berbeda.
  • Kucing Persia berpartisipasi dalam kontes kucing modern pertama, yang berlangsung di London, pada tahun 1871.
  • Terdapat wacana di Amerika Serikat untuk menjadikan kucing Persia berwarna silver sebagai ras tersendiri yang disebut “Sterling”. Namun, wacana ini ditolak, sehingga kucing berwarna silver dan emas, masih termasuk dalam kategori Persia dalam berbagai kontes kucing.
error: