Fakta Tentang Kucing Savannah yang Suka Main Air

daftarhewan.com. Jika Anda menyukai hewan peliharaan berpenampilan eksotis dengan persona kucing liar, kucing ras Savannah dapat menjadi salah satu pilihan. Meski masih memiliki insting berburu, mereka sangat jinak, dan bahkan ramah terhadap anak-anak. Kucing Savannah yang energik dan atletis ini, akan menjadi pelengkap sempurna bagi Anda yang menjalani gaya hidup aktif dan gemar berolahraga.

kucing savannah harga, kucing savannah f1, kucing jenis savannah, keunggulan kucing savannah, kucing ras savannah, sifat kucing savannah, tinggi kucing savannah, ukuran kucing savannah, anak kucing savannah, kucing baka savannah, foto kucing savannah, fakta kucing savannah, gambar kucing savannah, kucing hutan savannah

Gambar anak kucing Savannah

Fakta Kucing Savannah

Tapi, sebelum Anda memutuskan untuk mengadopsi mereka, cermati dulu fakta tentang ras kucing Savannah, berikut ini:

a. Ukuran

Besar.

b. Berat Tubuh

6-12,5 kilogram.

c. Tipe Bulu

Pendek dan agak kasar.

d. Variasi Warna

Hitam, tabby berbintik cokelat, tabby berbintik hitam silver, dan hitam asap.

e. Karakter dan Perilaku

Kucing Savannah sangat suka bermain, eksploratif, dan loyal. Tidak seperti mayoritas kucing yang takut air, Savannah justru suka bermain air. Mereka juga sangat cerdas, sehingga dapat dilatih untuk berjalan menggunakan tali dan bermain lempar tangkap.

Baca Juga:   Kucing Jenis Russian Blue, si Abu yang Suka Naik ke Bahu

Di sisi lain, meski memiliki temperamen yang cenderung lembut, kucing Savannah punya naluri berburu yang kuat. Dengan begitu, ada baiknya Anda tidak membuat mereka berdampingan dengan hewan peliharaan yang dapat menjadi mangsa, seperti ikan, hamster, atau burung.

Lagipula, Anda tidak perlu khawatir. Kucing Savannah dapat hidup harmonis dengan kucing lain, anjing yang ramah kucing, dan anak-anak, terutama jika telah terbiasa bersosialisasi dengan manusia sejak kecil.

gambar kucing savannah, kucing hutan savannah, kucing jenis savannah, keunggulan kucing savannah, kucing ras savannah, sifat kucing savannah, tinggi kucing savannah, ukuran kucing savannah, kucing savannah harga, kucing savannah f1, anak kucing savannah, kucing baka savannah, foto kucing savannah, fakta kucing savannah

f. Ciri Fisik

Meski Savannah memiliki berat tidak jauh berbeda dengan ras kucing lain, mereka tampak lebih besar karena memiliki postur tubuh tinggi. Kucing Savannah juga mempunyai ciri khas berupa leher yang panjang dan ramping, kepala segitiga, serta telinga lebar dan besar yang terletak di atas kepalanya. Selain itu, mereka juga memiliki kaki jenjang dengan panjang di atas rata-rata.

g. Masa Hidup

12-20 tahun.

h. Perawatan Bulu

Kucing Savannah berbulu pendek, dengan tingkat kerontokan yang rendah. Karena itu, mereka tidak membutuhkan perawatan intensif seperti kucing berbulu panjang. Namun, kepribadian mereka yang suka bermain dan bereksplorasi, membuat tubuh kucing Savannah menjadi lebih sering kotor dan membutuhkan mandi secara rutin.

Baca Juga:   Asal-Usul Kucing Siam, Ciri dan Fakta Menarik

i. Kesehatan

Tergolong ras yang sehat, kucing jenis Savannah tidak memiliki gangguan kesehatan yang menurun secara genetik. Kendati demikian, mereka tetap berisiko mengalami kardiomiopati hipertrofi (penebalan otot jantung), meski tidak lebih rentan jika dibandingkan dengan ras hasil persilangan lainnya. Lagipula, peternak kucing yang bertanggung jawab, tentu akan berupaya untuk meminimalisir kondisi yang berdampak negatif pada kucing.

j. Makanan Kucing Savannah Dewasa

Tingkat aktivitas yang tinggi, berimplikasi pada kebutuhan protein yang tinggi pula. Maka, sajikan makanan kucing berkualitas yang kaya protein, serta mengandung gizi lengkap dan seimbang untuk menjaga kebugaran kucing Savannah. Pastikan, mereka juga punya akses untuk mendapatkan air yang segar.

Anda pun dapat berkonsultasi dengan dokter hewan, untuk mendapatkan informasi terkait porsi pemberian makan berdasarkan berat badan kucing, atau menanyakan perihal lain yang Anda khawatirkan.

k. Makanan Anak Kucing Savannah

Anak kucing Savannah sering kali diberi susu botol selama empat minggu pertama kehidupannya, karena prematuritas pada generasi pertama. Setelah itu, anak kucing Savannah harus mendapatkan asupan yang terbaik, berupa makanan kering dengan gizi yang lengkap dan seimbang, untuk mendukung tumbuh kembangnya selama 3 tahun.

Baca Juga:   Apa Saja Penyakit Kulit Pada Kucing?

Ikuti pedoman pemberian makan yang tepat, atau konsultasikan dengan dokter hewan, untuk memastikan anak kucing Savannah memperoleh asupan dalam porsi yang sesuai dengan usia dan ukurannya.

l. Asal muasal

Ras kucing Savannah merupakan hasil persilangan antara kucing domestik dengan Serval Afrika. Anak kucing pertama yang bernama “Savannah”, lahir pada tanggal 7 April 1986. Kucing Savannah generasi pertama ini memiliki ciri fisik yang mirip dengan Serval Afrika, namun dengan karakter yang jinak sebagaimana kucing domestik. Pada tahun 2012, The International Cat Association (TICA) pun mengakui Savannah sebagai ras kucing yang resmi.

m. Fakta Menarik

  • Kaki belakang Kucing Savannah sedikit lebih panjang dari kaki depannya.
  • Kucing Savannah membutuhkan waktu sekitar 3 tahun, untuk mencapai kematangan dan ukuran dewasa.
  • Kucing Savannah merupakan pelompat yang andal. Mereka bisa melompat hingga 2,5 meter secara horizontal, serta memanjat dengan mudah.
  • Pelarangan eksistensi kucing Savannah terjadi di beberapa negara bagian, termasuk Hawaii, Massachusetts, dan Georgia karena mereka berstatus hibrida.
  • Kucing Savannah generasi pertama (F1) berharga lebih dari 20.000 USD. Meski harga untuk generasi selanjutnya jauh lebih rendah, namun masih berkisar di taraf 1.000 USD.
error: