Gajah Laut dan Makanan Kesukaannya

daftarhewan.com. Disamping gajah yang mempunyai kaki empat, berdaun telinga lebar serta hidup di darat, rupanya ada juga lho “gajah” yang hidupnya di laut.

gajah laut, gajah mina laut, gambar gajah laut, foto gajah laut, gajah laut terbesar di dunia, gajah laut adalah, gajah laut vs walrus, jamu gajah laut, gajah laut kawin, gajah laut raksasa, gajah laut meme, gajah laut makanannya

Tetapi, sudah pasti ke-2 nya datang dari keluarga yang lain. Panggilan “gajah laut” tersebut karena mamalia gemuk ini mempunyai belalai, alias hidung besar yang panjang dan besar seperti gajah. Selebihnya, yang di laut dan di darat tentunya berbeda. Walau, sudah pasti, ke-2 nya sama-sama spesial.

Gajah Laut

Gajah laut adalah satu dari dua pinniped terbesar (Salah satunya adalah Walrus. Mamalia air dari subordo Pinnipedia): utara (spesies Mirounga angustirostris), sekarang ditemukan terutama di pulau-pulau pesisir di lepas pantai California dan Baja California; atau selatan (M. leonina), ditemukan di seluruh wilayah sub-Antartika.

Nach, apa kamu ingin tahu dengan figur gajah penghuni samudera ini? Yok, kita susuri! Berikut info penting mengenai gajah laut yang memikat buat kamu kenali:

Baca Juga:   Burung Unta: Klasifikasi, Makanan dan Fakta Lainnya

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Carnivora
Family: Phocidae
Genus: Mirounga
Nama latin: Mirounga
Type: Mamalia
Pola makan: Karnivora
Ukuran: 3 meter – 5 meter
Berat: 900kg – 3,000 kg
Kecepatan maksimal: 19km / jam
Umur rata-rata: 18 – 22 tahun
Interaksi : Hidup berkelompok
Status pelestarian: beresiko rendah (least concern)
Warna: hitam, coklat, abu-abu
Type kulit: tebal dan memiliki rambut lembut
Makanan favorite: ikan
Habitat: Pesisir hangat yang dekat sama daratan
Makanan: Ikan, cumi-cumi, gurita
Predator: Manusia, hiu, Orca atau paus pembunuh

Makanan Gajah Laut

Mereka mencari makan secara eksklusif di laut. Sumber makanan utama adalah ikan dan cumi-cumi. Mangsa ditangkap baik di dekat permukaan maupun di bawah air yang sangat dalam. Caranya mendekati dan memakan ikan yang tinggal di dasar laut dari kedalaman paling gelap di lautan.

Ada dua jenis yang hidup di dunia. Pertama, jenis utara, yang sering ditemui di belahan bumi utara, persisnya di samudera Pasifik, pada daerah pesisir Meksiko, Kanada, dan Amerika Serikat. Ke-2 , jenis selatan, yang menempati belahan bumi selatan seperti di pesisir Argentina, Afrika Selatan, serta Selandia Baru.

Baca Juga:   Jenis-Jenis Siput Laut, Darat, dan Air Tawar

gajah laut, kenapa gajah belalainya panjang, gajah laut di mana, gajah laut hidup dimana, asal gajah laut, cara gajah laut kawin, cara gajah laut berkembang biak, gajah laut selatan, apa itu hewan gajah laut

Disamping dipisahkan oleh batasan teritorial, tidak ada perbedaan yang berarti antara ke-2 type. Rerata ukuran mereka capai 5 meter untuk jantan dan 3 meter untuk betina. Jantan mempunyai probosis atau belalai, yang berperan sebagai alat pernafasan, sekalian bisa mengeluarkan raungan keras, khususnya pada musim kawin.

Sejauh hidup, mereka menghabiskan 80% waktu mereka di samudera, untuk mengincar ikan, cumi-cumi, gurita, belut, sampai hiu kecil. Dan, selatan dijumpai mengincar beberapa spesies pinguin.

Sepanjang berburu mangsa, yang jantan sanggup meredam napas sepanjang 2 jam dalam air. Tetapi, walau jantan bisa bertahan di dalam hitungan waktu di di air, betina harus ambil napas di atas air tiap 20 menit. Biasanya, yang jantan bisa menyelam sampai kedalaman 500 meter, dan ada juga yang capai 1500 meter.

Baca Juga:   20 Hewan dari Huruf N Bahasa Inggris

Disamping belalai, karakter fisik yang bisa kamu ketahui dari gajah laut yakni kulit tebal memiliki rambut dengan susunan lemak yang melindungi tubuh mereka masih tetap hangat di di air yang dingin. Mereka berubah kulit tiap tahun, di luar musim kawin. Dengan begitu, gajah laut jantan bisa istirahat sesaat dari perkelahian saat melindungi gajah laut betina yang sedang memiliki kandungan.

Cara Gajah Laut Berkembang Biak

Perkawinan terjadi sekitar tiga minggu setelah betina melahirkan. Mereka akan kawin dengan pejantan yang telah mempertahankan haremnya dari serangan pejantan lain selama masa menyusui. Dipercaya bahwa hanya sekitar satu persen dari semua gajah laut jantan yang benar-benar dapat kawin selama hidup mereka.

Nah, sesudah ketahui sejumlah fakta mengenai kehidupan gajah laut, kamu tak perlu terkejut saat kelompok mereka tiba menyerbu pantai, ya!

error: