Apa Itu Grooming Hewan?

daftarhewan.com. Familier dengan istilah ‘grooming’ pada hewan?

Grooming hewan peliharaan tidak sesederhana memandikan mereka saja. Orang yang melakukan grooming, ‘groomer’, memiliki tugas untuk merawat penampilan fisik hewan. Caranya dengan membersihkan, memandikan, memotong bulu/rambut, serta menggunting kukunya. Biasanya ada pelatihan khusus di tempat kerja mereka, sehingga treatment pada hewan pun tidak sembarangan.

grooming hewan adalah, grooming hewan terdekat, grooming hewan jogja, grooming hewan bekasi, grooming hewan di makassar, grooming hewan kesayangan, grooming hewan di bekasi, grooming hewan shampoo, pelatihan grooming hewan, pengertian grooming pada hewan

Grooming hewan adalah tentang menjaga kesehatan fisik dan penampilan hewan peliharaan Anda.

Secara umum, pada groomers memandikan tubuh, menyikat rambut/bulu, serta menata rambut/bulu hewan domestik, misalnya kucing dan anjing. Mereka juga bertanggung-jawab membersihkan telinga, memotong kuku, dan mempertahankan penampilan agar tetap bersih dan enak dilihat. Seorang groomer bisa bekerja di klinik hewan, pet shop, kandang, shelter atau tempat penampungan hewan. Beberapa diantara mereka bisa saja jadi tenaga lepas, mengoperasikan salon sendiri, atau menyediakan jasa yang bisa ditelepon untuk datang sendiri.

Informasi Pendidikan Ahli Grooming

Umumnya, para groomers belajar dan mengasah skill mereka dengan cara magang. Mereka mesti menyelesaikan agenda tersebut di bawah pengawasan groomers lain yang sudah ahli dan berpengalaman. Bahkan groomers tersebut bisa saja lulusan sekolah resmi khusus tentang animal grooming. Program tersebut biasanya mendidik para siswanya untuk merawat dan menangani hewan kecil dan besar.

Pilihan Sertifikat Bagi Groomers

Biasanya program pelatihan formal tidak begitu diperlukan untuk menjadi seorang groomer andal. Namun anda pasti membutuhkan sertifikat atau status sebagai groomer terlatih. Sebab anda mesti mampu mendemonstrasikan pelatihan ilmu sekaligus profesional. Bagaimana pun, banyak klien yang sudah paham dan hanya mau ditangani oleh groomer bersertifikat.

Baca Juga:   10 Jenis Hewan Peliharaan dan Makanannya

Pilihan Pelatihan Jarak Jauh

Beberapa tempat pelatihan, kampus, atau sekolah menyediakan opsi pelatihan daring. sambil kursus atau menerima pelatihan, calon groomer mesti sambil praktik. Sehingga mereka tidak hanya tahu secara teoritis, namun aplikasinya juga unggul.

Karir Groomer

Bisa jadi groomers tidak hanya fokus pada kebersihan dan penampilan fisik hewan. Pada praktiknya, mereka juga memiliki tugas tambahan seperti merespons telepon, merekam disposisi hewan secara rinci, mengatur jadwal grooming, atau berdiskusi dengan klien. Bagi groomers yang bergerak atau memiliki mobilitas tinggi, anda tentu dituntut untuk memiliki alat transportasi yang memadai serta pengetahuan perjalanan yang mumpuni.

Apa anda tertarik menjadi groomer atau menjalani bisnis grooming hewan? #RD

Baca Juga:   Kenali Kelinci Peliharaan Lebih Dekat, Melalui 6 Fakta Ini!
error: