Harga 6 Jenis Monyet Kecil Peliharaan

Posted on

daftarhewan.com. Harga Monyet Kecil Peliharaan. Monyet kelihatan lucu menggemaskan dan nyaris terlihat cocok untuk dipelihara, karena katanya manusia berbagi materi genetik dengan makhluk ini, tapi merawat monyet bisa jadi menantang.

Ada lebih dari 350 spesies primata yang datang dari habitat mereka di Asia, Afrika, dan Dunia Baru. Dari primata itu, umumnya ada 6 jenis monyet kecil lucu yang dipelihara sebagai hewan peliharaan.

Semua primata (simpanse secara teknis bukan monyet) mempunyai kebutuhan yang unik. Tinjau beberapa point singkat tentang memiliki hewan peliharaan seperti monyet kapusin, simpanse, dan lain-lain. Dan, lihatlah beberapa pertimbangan penting saat sebelum Anda membawa mereka ke rumah.

A. Memelihara Monyet Sepertinya Menyenangkan ya?

Bila Anda berniat untuk mengadopsi atau membeli monyet peliharaan, ada banyak hal yang penting Anda pahami saat sebelum Anda memutuskannya. Secara keseluruhan, monyet bukan hewan peliharaan yang baik, dan yang semakin besar ukurannya, seperti simpanse adalah hewan peliharaan rumah tangga yang paling buruk.

Harga primata, apa itu monyet kecil seperti capuchin sekitar $7.000 atau setara kurang lebih 99 juta rupiah atau kera besar seperti simpanse yang sangat mahal, biasanya hampir mendekati 1 milyar. Tetapi, ongkos penempatan seperti stok makanan, popok, dan biaya perawatan dokter hewan sepanjang umur dapat benar-benar mahal.

Semua primata mempunyai potensi memunculkan resiko untuk Anda dan keluarga, termasuk bekantan yang tidak boleh dipelihara. Bahkan juga bila Anda memelihara hewan itu semenjak lahir, dia tetaplah makhluk liar yang bisa kehilangan kendali kapan pun dan mencelakakan Anda. Monyet yang lebih kecil kemungkinan menjadi agresif, menggigit Anda, atau jadi perusak barang-barang di dalam rumah Anda atau kandang mereka.

Baca Juga:   6 Bahaya Hewan Peliharaan Bagi Ibu Hamil, Waspadalah!

Monyet yang lebih besar berpotensi membuat kerusakan yang lebih besar, cedera personal, atau bahkan juga kematian. Walau ada banyak kasus di mana monyet terlatih secara baik dan menjalani kehidupannya tanpa mengakibatkan kerusakan, tetapi resikonya terlalu tinggi dalam beberapa kasus.

B. Kandang Monyet

monyet kecil, harga monyet kecil peliharaan, 2 monyet, hewan monyet, jual monyet kecil jinak, monyet kecil lucu, harga monyet kecil jinak, tentang monyet, harga monyet kecil lucu, monyet langka, monyet kecil harga, gambar monyet kecil, harga hewan monyet kecil, marmoset
Cotton-Top Tamarin – via : marmosetmonkeysfl.com

Umumnya primata ialah makhluk yang berumur panjang, dan walau kelihatan bisa dipeluk, mereka bukan makhluk yang senang diemong. Mereka memerlukan banyak waktu Anda setiap hari dan memerlukan kandang besar.

Dalam hal keperluan ruangan, sampai beberapa kebun binatang dengan kandang naturalistik besar dikritik karena tidak menyediakan ruangan yang cukup. Walau beberapa hewan bisa hidup di kandang selebar 9 meter persegi ataupun lebih, beberapa tak pernah beradaptasi secara baik untuk hidup di kandang.

Baca Juga:   6 Rekomendasi Kandang Kelinci yang Cantik dan Terbaik

Monyet atau kera memerlukan makanan segar yang bervariatif, dan beberapa jam pengayaan dan interaksi harian dengan Anda. Bila keperluan ini tidak dikerjakan secara tepat, hewan bisa menjadi kesepian atau tertekan dan lalu menjadi agresif.

C. Jenis Monyet Kecil Peliharaan dan Harganya

1. Capuchin

harga monyet kecil jinak, tentang monyet, harga monyet kecil lucu, monyet langka, monyet kecil harga, gambar monyet kecil, harga hewan monyet kecil, marmoset

Capuchin adalah monyet Dunia Baru yang kerap ada di tv atau film sebagai monyet bertopi serta memakai rompi yang mengumpulkan uang dari atraksi jalanan, ia juga merupakan hewan peliharaan Justin Bieber. Monyet berusia panjang ini (umur reratanya adalah 40 tahun) benar-benar pintar, nakal, dan teritorial.

Secerdas apapun mereka, mereka tak pernah belajar memakai toilet apabila dipelihara tentu saja memerlukan popok sepanjang umur mereka. Harga : 70 juta sampai 99 juta rupiah.

2. Guenon

hewan monyet, monyet langka, apa monyet, kenapa monyet mirip manusia, fakta tentang monyet, beli monyet kecil dimana, apakah monyet bisa dipelihara
Monyet Guenon – via : loveugandasafaris.com

Monyet seberat kurang lebih 4 kg ini datang dari hutan Afrika sub-Sahara dan bisa hidup sampai 25 tahun di penangkaran. Guenon memerlukan  perawatan yang tinggi. Ada hampir dua lusin spesies guenon; monyet hijau, vervet, dan grivet ialah spesies terpopuler yang dipelihara sebagai hewan peliharaan.

Menurut allpetsmedical.com: Tidak seperti monyet penghuni pohon dan pemakan daun lainnya, Guenon memiliki pola makan yang lebih bervariasi. Memutar makanan sehingga Guenons memiliki pilihan yang berbeda setiap hari juga ideal. Makanan ini biasanya mencakup beberapa hal berikut: Apel, Anggur, Melon, Kacang hijau, Jagung, Terong, Kubis, Selada, Kale, Biji-bijian dan serangga

Mereka berkembang dalam kelompok besar. Untuk memelihara hewan ini sebagai hewan piaraan, Anda harus memelihara dengan beberapa anggota kelompoknya. Harga : 56 juta sampai 110 juta rupiah per ekor.

3. Macaque

monyet peliharaan, harga monyet kecil peliharaan, hewan monyet, monyet piaraan, harga monyet peliharaan, pp monyet, monyet yang boleh dipelihara, monyet yang bisa dipelihara, jenis monyet peliharaan di indonesia, jual monyet kecil peliharaan, kandang monyet peliharaan

Makaka atau dalam Bahasa Inggris disebut Macaque merupakan monyet kecil yang datang dari Asia, di Indonesia biasa dipelihara sebagai pembantu manusia memetik buah-buahan seperti buah kelapa. Berat tubuh mereka bisa mencapai 18 kg dan bisa hidup sampai 30 tahun. Mereka perlu menggunakan popok sepanjang hidup mereka.

Mereka memerlukan kandang yang besar dan aman supaya tidak tersesat di dalam rumah Anda atau lari keluar dan memanjat tiang listrik. Walau ini ialah primata yang lebih kecil, mereka memerlukan kandang besar yang minimal 9 meter persegi. Harga : 56 juta sampai 110 juta rupiah per ekor, tergantung pada usia dan jenis kelaminnya.

4. Marmoset

Marmoset, monyet piaraan, harga monyet peliharaan, pp monyet, monyet yang boleh dipelihara, monyet yang bisa dipelihara, jenis monyet peliharaan di indonesia, jual monyet kecil peliharaan, kandang monyet peliharaan
Marmoset

Serupa dengan tamarin dalam ukuran dan persyaratan kandang, marmoset ialah monyet mirip tupai dari Amerika Selatan. Makanan alami mereka adalah serangga, buah, getah pohon, dan hewan kecil yang lain. Mereka ialah makhluk yang cepat dan cepat berlari yang tidak cocok untuk ditangani pemula. Harga monyet kecil peliharaan ini sekitar : 21 juta sampai 56 juta rupiah.

5. Squirrel Monkey

harga monyet kecil peliharaan, hewan monyet, monyet piaraan, harga monyet peliharaan, pp monyet, monyet yang boleh dipelihara, monyet yang bisa dipelihara, jenis monyet peliharaan di indonesia, jual monyet kecil peliharaan
Squirrel Monkey by Karen McCrorey – via : cutewallpaper.org

Monyet tupai adalah tukang akrobat. Mereka hidup sampai 25 tahun, memakai ekornya untuk menggantung di cabang, dan memerlukan banyak ruangan dan cabang menggantung untuk bergelantungan dan bergerak. Mereka akan menggunakan popok sejauh hidup mereka. Mereka mempunyai syarat diet yang luas dan memerlukan beragam jenis makanan. Harga : 126 juta rupiah.

6. Tamarin

hewan dari huruf t, nama hewan dari huruf t, nama hewan dari t, nama hewan t, nama hewan huruf t, hewan depannya t, hewan depanya t, binatang huruf t, hewan huruf depan t, binatang dari huruf t, hewan yang huruf depannya t, hewan berawalan huruf t, hewan berawalan t, hewan inisial t, hewan yang depannya t

Tamarin ialah monyet Dunia Baru berukuran kecil yang beratnya kurang dari 1 kg tapi bisa hidup sekitaran 15 tahun di penangkaran. Walau mulutnya kecil, mereka bisa memberi gigitan yang menyakitkan. Mereka memerlukan kandang aman dengan jarak bar kecil; bila tidak, mereka akan melarikan diri atau terjerat di jeruji.

Untuk kandang di dalam ruang, Anda bisa menempatkan satu di kandang 2 meter persegi. Tetapi, mereka akan memerlukan akses ke ruangan tertutup luar ruangan yang lebih besar untuk mendapatkan cahaya matahari guna mendukung vitamin D yang paling diperlukan untuk perkembangan dan kesehatan mereka. Harga monyet kecil peliharaan ini sekitar : 21 juta sampai 35 juta rupiah

Comments are closed.