Harimau Makan Apa? Cari Tahu Yuk, Makanan Favoritnya!

daftarhewan.com. Apa makanan harimau? Harimau adalah pemburu tangguh dengan gigi tajam, rahang kuat, dan tubuh lincah. Mereka tersebar di seluruh Asia dari Rusia sampai ke Sumatera dan Indochina. Para peneliti masih harus banyak belajar tentang kucing soliter yang cantik dan terancam punah ini.

apa makanan harimau, harimau makan apa, harimau makan daging, harimau makan sapi, harimau makan ayam, macan makan, harimau makan binatang, harimau makan lembu

Mengenali harimau di kebun binatang itu mudah. Namun di habitat aslinya di area kecil yang tersebar di Asia, harimau sangat sulit ditemukan. Itu karena pola garis oranye, hitam, dan putih yang unik membantu mereka menyatu dengan hutan dan area berumput tempat mereka tinggal dan berburu.

Seperti sidik jari manusia, setiap harimau memiliki pola garis unik yang dapat digunakan untuk mengidentifikasinya. Gigi taring harimau memiliki panjang 3 inci atau 7,6 cm. Penglihatan malam harimau 6 kali lebih baik daripada penglihatan manusia.

Ciri-Ciri Harimau

Harimau memiliki mantel oranye kemerahan dengan garis-garis hitam yang menonjol, perut putih dan bintik-bintik putih di telinga mereka. Seperti sidik jari manusia, tidak ada dua harimau yang memiliki tanda yang sama persis.

Baca Juga:   Apa yang Terjadi Jika Semua Ular Mati?

Karena itu, peneliti dapat menggunakan pola garis untuk mengidentifikasi berbagai individu saat mempelajari harimau di alam liar. Harimau adalah pemburu tangguh dengan gigi tajam, rahang kuat, dan tubuh lincah. Mereka adalah mamalia darat terbesar yang makanannya seluruhnya terdiri dari daging. Kerabat terdekat harimau adalah singa. Padahal, tanpa bulu, sulit membedakan harimau dengan singa.

Berburu dan Diburu

Harimau adalah karnivora, artinya harimau memakan daging. Mereka pendiam, pemburu yang sabar dengan cakar dan gigi besar yang kuat untuk membantu mereka menangkap dan memakan mangsanya. Beberapa makanan favorit mereka termasuk babi, rusa, badak, dan bahkan gajah kecil.

Harimau berburu untuk makanan mereka, tetapi mereka juga diburu oleh manusia untuk diambil kulit berbulunya dan bagian tubuhnya yang berharga. Karenanya, para peneliti harimau berpendapat bahwa mungkin hanya ada 3.500 harimau yang tersisa di dunia. Ini menjadikan mereka spesies yang terancam punah.

Makanan Harimau

Harimau memakan berbagai mangsa mulai dari rayap hingga anak gajah. Namun, komponen integral dari makanan mereka adalah mangsa berbadan besar dengan berat sekitar 20 kg (45 lbs.)

Baca Juga:   COVID-19: Mematikan atau Bisa Disembuhkan?

Harimau adalah predator penyergap soliter yang mengandalkan kemampuan siluman dan kekuatan untuk menjatuhkan mangsa. Predator puncak ini terutama berburu hewan berkuku besar, seperti babi hutan dan rusa, tetapi juga diketahui memakan monyet, kerbau, beruang kungkang, macan tutul, dan bahkan buaya. Saat harimau ditemukan di dekat manusia, mereka mungkin juga memakan hewan peliharaan, seperti ayam, sapi atau kambing. Harimau adalah perenang yang mahir dan bahkan tercatat pernah berburu di alam liar.

Kucing yang kuat ini berburu terutama di malam hari, menggunakan penglihatan dan suara untuk mengidentifikasi mangsa. Mantel bergaris membantu mereka menyatu dengan lingkungan sekitar, di mana mereka berbaring menunggu mangsa lewat. Pada saat yang tepat, harimau menerkam mangsanya, membawanya ke tanah, dan menyelesaikan pembunuhan dengan mematahkan atau menggigit leher. Harimau berburu sekitar sekali seminggu dan mengonsumsi makanan sebanyak 75 pon (34 kilogram) dalam satu malam.

Di Kebun Binatang, harimau makan daging giling, dan makanan mereka dilengkapi dengan makanan tambahan setiap minggunya. Mereka menerima tulang sapi betina dua kali seminggu dan kelinci seminggu sekali untuk melatih rahang dan menjaga kesehatan gigi.

Baca Juga:   Menilik Badak Jawa, Badak Bercula Satu dari Indonesia

Di alam liar, Harimau lebih mengandalkan indra penglihatan dan pendengarannya daripada penciuman saat berburu mangsa. Mereka dengan hati-hati membuntuti mangsanya dari belakang dalam upaya mendekati mangsanya yang tidak menaruh curiga. Kemudian mereka mencoba untuk menjatuhkan mangsanya dengan gigitan yang kuat di leher dan / atau tenggorokan. Harimau dapat mengonsumsi hingga 40 kg (88 lbs.) Daging sekaligus. Diperkirakan setiap harimau mengkonsumsi sekitar 50 ekor hewan seukuran rusa setiap tahun, sekitar satu ekor per minggu.

Umur Harimau

Masa hidup atau umur harimau di alam liar biasanya antara 10 dan 15 tahun. Dalam perawatan manusia, penangkaran, kebun binatang, atau pada kesempatan langka di alam liar, harimau dapat hidup hingga 20 tahun.

Namun, sekitar setengah dari semua anak harimau liar tidak dapat bertahan hidup setelah dua tahun pertama kehidupannya. Hanya 40 persen dari mereka yang mencapai kemerdekaan benar-benar hidup untuk membangun wilayah dan menghasilkan anak. Risiko kematian harimau dewasa tetap tinggi karena sifat teritorialnya, yang sering mengakibatkan persaingan langsung dengan anggota spesies yang sama.

error: