Hermaprodit Adalah? Berikut Arti dan Contohnya

Posted on

daftarhewan.com. Hermaprodit adalah organisme yang mempunyai organ reproduksi lengkap atau sebagian dan menghasilkan gamet yang umumnya berasosiasi dengan jenis kelamin jantan dan betina. Banyak hewan tidak mempunyai jenis kelamin yang terpisah.

Dalam kelompok-kelompok ini, satu wujud reproduksi seksual terjadi di mana satu diantara pasangan bisa bertindak selaku “betina” atau “jantan”. Misalkan, sebagian besar hewan tunicates, siput pulmonate, siput opisthobranch, cacing tanah, dan siput merupakan hermaprodit.

hewan hermafrodit
Hawkfish – via : liveaquaria.com

Hermafroditisme diketemukan pada beberapa spesies ikan dan tumbuhan, yang disebutkan berumah satu atau biseksual. Mayoritas spesies hermafrodit memperlihatkan beberapa derajat pembuahan sendiri.

Beragam jenis hermafroditisme atau hermaprodit terhitung hermaprodit berurutan, hermaprodit simultan, dan pseudohermafroditisme.

  • hermaprodit atau dikogami berurutan terjadi pada spesies di mana individu dilahirkan sebagai satu jenis kelamin, tapi selanjutnya bisa beralih menjadi lawan jenis. Jenis kelamin hanya bisa diganti sekali. Ini umumnya kelihatan pada ikan (umumnya ikan teleost), banyak gastropoda, dan beberapa tanaman berbunga.
  • hermaprodit simultan adalah di mana individu bisa mempunyai alat kelamin pria dan wanita yang berperan penuh. Mayoritas, pembuahan sendiri terjadi. Misalkan siput pisang, cacing tanah, bakau killifish, dan lain-lain.
  • Pseudohermafroditisme terjadi pada hyena tutul. Laki-laki mempunyai penis dan wanita mempunyai klitoris yang membesar yang kadang disalahartikan sebagai penis. Jenis kelamin mereka susah ditentukan sampai mereka mencapai kematangan seksual. Saat hyena tutul betina melahirkan, mereka melalui anaknya lewat serviks secara intern, tapi selanjutnya mengeluarkannya lewat klitoris yang memanjang.

Di dunia hewan, ada beberapa makhluk yang bisa dibilang abu-abu. Tidak dapat ditegaskan betina maupun jantan. Beberapa dari mereka bahkan juga dapat mempunyai organ betina dan jantan sekalian. Mereka adalah hewan yang bisa merubah jenis kelamin, dapat berganti-ganti sesuai keadaan dan keperluannya.

Faktornya pun bermacam-macam. Ada yang muncul karena proses alami, hingga dapat memberi elastisitas reproduksi. Ada pula yang muncul karena dipacu oleh polutan kimia dan temperatur global yang kerap meningkat.

Contoh Hewan Hermaprodit

1. Bearded Dragon (Pogona Vitticeps)

hewan hermaprodit adalah, hewan hermafrodit, hermafrodit artinya, hermaprodit artinya, arti hermafrodit, arti hermaprodit adalah, arti kata hermaprodit

Berdasar hasil study, saat sedang proses inkubasi telur, kadal Bearded Dragon, yang disebut juga naga berjenggot ini melakukan pertukaran jenis kalamin dari jantan ke betina. Secara genetiknya, mereka masih jantan.

Tetapi mereka sanggup mereproduksi dan berlagak seperti betina. Justru, mereka sanggup jadi supermom. Disamping itu, lonjakan iklim global bisa juga mempengaruhi peralihan gendernya.

2. Belut Moray

hermaprodit, hermaprodit adalah, hermaphrodite, hermaphrodites, hermaprodit artinya, hewan hermaprodit yang mampu membuahi diri sendiri adalah, apa yang dimaksud dengan hermaprodit, arti kata hermaprodit, definisi hermaprodit, cara reproduksi hermaprodit

Sebagian besar kelompok belut ini hidup sebagai jantan atau betina saja. Tetapi ada pula sebagai hermaprodit. Misalnya ribbon moray, yang dapat beralih jenis kelamin.

Jadi ribbon moray ini akan tercipta sebagai jantan. Lantas sesudah proses mengagumkan yang berwarna, mereka beralih menjadi betina.

Awalannya mereka mempunyai sirip punggung kuning. Ketika mulai dewasa dan memupuk telur, perlahan-lahan badannya membiru dan mukanya menguning kehijauan. Organ betina mulai berkembang. Mereka akan hidup sebagai induk yang tetap membuat perlindungan telurnya.

3. Burung Kardinal Merah

Peristiwa gynandromorphism bilateral (satu sisi betina dan satu sisi laki-laki) terkadang ada pada burung ini. Misalkan mereka mempunyai sisi betina berbentuk warna bulu-bulu abu-abu cokelat, sedangkan yang jantan mempunyai bulu-bulu merah jelas. Tidak hanya performanya, tindak-tanduknya juga berlainan.

4. Hawkfish

Makhluk dengan warna ceria ini sebagai hemafrodit protogini, atau lahir dengan organ betina lalu dapat diubah jadi organ jantan. Maka mereka sebagai sekumpulan ikan betina yang berbagi satu ikan jantan. Tetapi saat keadaan membutuhkan, mereka beralih menjadi jantan.

Baca Juga:   10 Flora dan 10 Fauna di Indonesia Beserta Gambarnya

Peristiwa ini terjadi saat pemimpin, yang berjenis kelamin jantan, mempunyai pasangan betina yang terlalu banyak. Ikan terbesar juga beralih menjadi jantan dan memisahkan diri dari barisan betina yang lain. Uniknya, dia dapat kembali ke gendernya yang sebelumnya. Ini terjadi saat ada ikan jantan yang semakin kuat menentang mereka, atau saat ikan betina mulai berkurang.

5. Ikan Badut

hermaprodit, hermaprodit adalah, hermaphrodite, hermaphrodites, hermaprodit artinya, hermaphrodite meaning, hewan hermaprodit yang mampu membuahi diri sendiri adalah, apa yang dimaksud dengan hermaprodit, hermaphroditos, arti kata hermaprodit, definisi hermaprodit, hermaphrodite synonyms, hermaprodit hewan adalah, cara reproduksi hermaprodit, menjelaskan hermaprodit

Karena film animasi “Finding Nemo”, ikan ini menjadi populer. Warna oranye berpijar dan tiga garis putihnya yang unik membuatnya mudah diingat orang. Tapi ikan ini mempunyai kekhasan lain, yaitu kebolehan mereka untuk melakukan perubahan jenis kelamin.

Mereka memang hewan yang mempunyai 2 jenis kelamin hingga disebut hewan hermaprodit, sehingga baik si jantan maupun si betina dapat melakukan reproduksi. Meskipun begitu, mereka bukanlah hemafrodit yang menghasilkan sperma dan sel telur secara berbarengan.

Jadi ikan badut ini hidup berkelompok, Tapi hanya ada 2 yang termasuk dewasa untuk beraktivitas seksual. Satu jantan besar, satu betina yang kemungkinan lebih besar. Anggota lain sebagai jantan yang mempunyai perawakan kecil.

Jika terjadi suatu hal pada ikan betina saat dia sedang berkembang-biak, maka partnernya yang jantan akan beralih menjadi betina. Selanjutnya dia akan mencari pasangan jantan yang lain dipandang siap untuk kawin.

6. Katak

Tidak cuman yang berada di laboratorium, katak di alam liar juga sanggup mengganti jenis kelaminnya. Banyak katak jantan yang beralih menjadi betina. Tetapi ternyata, semuanya bukan proses alami. Ada herbisida namanya atrazine, penghilang rumput liar, yang sebetulnya kontroversial.

Eropa melarang pemakaian atrazine. Tetapi atrazine telah terlanjur sering dipakai lalu memasuki sungai dan danau. Tidak sangsi jika perubahan seksual pada katak.

Hormon sex betina (estrogen) melesat, sementara testosteron malah menukik. Walau sebenarnya komunitas hewan amfibi ini selalu menurun karena peralihan cuaca. Jika proses kembang-biaknya terusik, pasti dapat berbahaya juga.

Baca Juga:   10 Hewan Khas Papua yang Langka dan Dilindungi

7. Kupu-Kupu

Berbicara penggantian gender tidak perlu mengenai hermafroditisme, di mana pengertian jantan dan betina cuman berdasar alat kelamin saja. Untuk beberapa hewan, pemecahan gender itu dapat terlihat dari seluruh badan.

Jadi watak dan warna juga mewakili gender. Keadaan dual-gender sangat jarang ini diberi nama gynandromorphism. Peristiwa ini sendiri terjadi pada serangga, krustasea, burung, dan sudah pasti kupu-kupu. Mengagumkan!

8. Penyu Hijau

Seirama dengan bearded dragon, penyu hijau juga mempunyai sensitifitas tinggi pada temperatur. Jika pasirnya hangat, penyu hijau betina juga banyak muncul. Pasalnya keadaan itu pas untuk menempatkan telur.

Sebuah riset menyebukan jika pemanasan global benar-benar intensif, hingga ada 99,8% penyu betina di Great Barrier Reef, Australia. Sementara di pantai yang lebih sejuk, di teritori selatan, rasio gendernya ialah 65% betina dan sisanya jantan. Beberapa periset terus mempelajari imbas tidak seimbangnya perbandingan gender ini. Bagaimana pun juga, penyu hijau dapat berada di tingkat kepunahan.

9. Siput Pisang / Banana Slug

hermaprodit, apa itu hermaprodit, hermaprodit makna, makna dari hermaprodit, macam macam hermaprodit, apakah pengertian hermaprodit, apa artinya hermaprodit, apa maksud hermaprodit

Jika disaksikan dari bentuknya, Anda tentu mahfum mengapa hewan ini mempunyai nama aneh. Fenomena lain yakni bukti jika mereka sebagai hermaprodit berbarengan.

Karenanya mereka dapat memakai organ reproduksi jantan dan betina secara bertepatan. Dalam kata lain, mereka sebetulnya sanggup lakukan fertilisasi.

Tetapi siput ini lebih senang mencari pasangan. Masing-masing akan bertukar sperma untuk menyuburkan sel telur keduanya. Jika sudah usai, mereka akan menyimpan telur itu di bawah tangkai kayu atau daun, lalu pergi tanpa keterkaitan kembali.

10. Ular

Ada banyak ular betina, sebutlah saja cottonmouths dan copperheads, yang mempunyai kapabilitas yang disebut parthenogenesis. Mereka bisa jadi masih “perawan”, tetapi mereka dapat menjadi induk untuk anak-anaknya. Ya, mereka dapat membuahi telurnya sendiri tanpa pasangan seksual si jantan.