Hewan Bison, Klasifikasi dan Fakta Menarik Lainnya

daftarhewan.com. Hewan Bison. Bison Amerika adalah hewan darat paling besar di Amerika Utara. Jantan bisa berdiri sampai tinggi enam kaki (1,8 m) dari kuku ke pundak dan berat di antara 1000-2000 pon (453 – 907 kg). Betina tingginya sekitaran lima kaki (1,5 m) dan beratnya di antara 800-1000 pon (363 – 453 kg).

Bison Amerika (Bison bison), umumnya di Amerika dikenal sebagai buffalo atau plains buffalo, Bison merupakan hewan khas yang berasal dari Benua Amerika khususnya Negara di Amerika Utara, dan bison Eropa (Bison bonasus), atau wisent, berasal dari Eropa.

hewan bison, binatang bison, gambar hewan bison, bison hewan, bison merupakan hewan khas yang berasal dari negara, foto hewan bison, hewan bison adalah, hewan bison terbesar, nama hewan bison, gambar bison amerika, bison hewan mamalia, hewan langka bison, hewan bison berasal dari negara

Klasifikasi Hewan Bison

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Subfilum : Vertebrata
Kelas : Mamalia
Ordo : Artiodactyla
Family : Bovidae
Genus : Bison
Nama ilmiah : Bison bison

Bison mempunyai bulu-bulu coklat yang panjang, surai dan janggut di bawah dagunya dan ekor panjang dengan seberkas rambut di ujungnya. Dia mempunyai kepala besar dengan tanduk hitam pendek dan punuk di pundaknya.

1. Habitat

Bison Amerika hidup di dataran, padang rumput, serta lembah sungai. Bison Amerika pernah diketemukan di sebagian besar Kanada, Amerika Serikat, dan sebagian Meksiko. Sebagian besar di kawasan pelestarian atau konservasi, cagar alam dan peternakan. Masa hidup atau Umurnya bisa bertahan sekitar 15-40 tahun.

Baca Juga:   12 Hewan yang Beradaptasi dengan Hibernasi

Bison Eropa pernah ditemukan di seluruh Eropa. Tetapi, sekarang ini ditemukan di Polandia, Belarusia, Lithuania, Rusia, Ukraina dan Slovakia.

2. Makanan Hewan Bison

Bison ialah herbivora (graminivora) lebih khusus, pemakan rumput, mengunyah rumput sepanjang tahun. Tetapi, bila tidak ada rumput, mereka makan tanaman hijau yang lain diketemukan di tempat itu seperti semak belukar.

Kehadiran air ialah bagian utama lain dari kehidupan mereka, mereka tidak bisa tahan lama tanpa sumber air. Pada musim dingin, bison memakai kepala dan kukunya untuk memindahkan salju dari vegetasi.

Makanannya mayoritas terbagi dalam rumput-rumputan dan alang-alang (semacam rumput teki-tekian). Terkadang akan makan buah beri dan lumut.

3. Cara Hewan Bison Berkembang Biak

hewan bison, binatang bison, apa itu hewan bison, nama hewan bison, apa hewan bison, apakah hewan bison, apakah hewan bison masih ada

Bison adalah poligini, artinya jantan dominan atau bull, kawin dengan sekelompok betina. Musim kawin berjalan pada musim panas, dari bulan Juni sampai September dan periode kehamilan betina berlangsung sekitaran 285 hari.

Baca Juga:   8 Jenis Spons Laut, Penghasil Bakterisida Alami

Saat musim kawin dimulai, banteng jantan pindah ke kelompok betina dan memilih betina. Mereka selanjutnya “menjaga” betina.

Bison Jantan menjaga betina dengan masih tetap berada di antara dia dan kawanan lainnya. Perawatan bisa berjalan sepanjang beberapa menit atau beberapa hari. Bila betina tidak tertarik dengan jantan, ia akan pergi.

Pejantan akan memberikan ancaman dan kadang menyerang pejantan lain yang mencoba terlalu dekat dengan betina yang diasuhnya. Perkelahian di antara jantan bisa beradu tanduk, mendorong, atau mengunci tanduk.

Satu ekor betina bisa melahirkan satu anak tiap musim. Berat pedet yang baru lahir sekitaran 15-25 kg. Untuk melahirkan, Bison betina memilih tempat berlindung, lokasi yang jauh dari kawanan.

Pelindungan anak jadi tanggung-jawab betina dan jantan tidak ikut serta pada proses ini. Bison yang baru lahir memiliki warna coklat kemerahan. Bayi disusui sepanjang 7-8 bulan dan disapih saat berumur setahun. Jantan mencapai kematangan seksual pada umur 3 tahun dan betina dari 2 sampai 3 tahun.

hewan bison berasal dari negara, hewan bison adalah hewan khas benua, hewan bison hitam, hewan bison terdapat di wilayah fauna, hewan bison itu apa, apa hewan bison, apakah hewan bison, ciri2 hewan bison, hewan bison berasal dari, pertarungan hewan bison

4. Populasi

IUCN mendata sekitaran 15.000 ekor bison hidup di alam liar. Tetapi hingga 0,5 juta bison hidup di tempat pribadi dan 30.000 di cagar alam dan taman nasional. Mereka diklasifikasikan sebagai Hampir Terancam (NT) dengan tren populasi yang stabil.

Baca Juga:   4 Fungsi Ekor Pada Burung, Ternyata Epic dan Mengagumkan!

5. Ceruk Ekologis

Bison sebagai bagian utama ekosistem dataran rendah di habitatnya. Saat merumput, bison menanamkan kukunya ke tanah, hingga menyuburkannya. Mayat bison liar adalah makanan lezat untuk beberapa pemulung sementara dagingnya adalah sumber makanan khusus untuk populasi serigala dan manusia setempat.

6. Fakta Tentang Hewan Bison

  • Bulu atau mantel bison yang lebat melindunginya dari elemen kasar dataran Amerika. Pada musim dingin, bulu-bulunya jadi padat dan bahkan menjadi lebih tebal, hingga bison nampak dengan salju di punggungnya, tidak meleleh karena bulu-bulunya mengisolasi kulit hangatnya dari permukaan luar.
  • Sekelompok bison disebut dengan gangs atau herds (kawanan).
  • Punuk di punggungnya tidak lain ialah sekumpulan otot atau daging.
  • Bison ialah pelompat yang baik sekali, sanggup melompat sampai 6 kaki (1,8 m) dari tanah.
  • Bison mempunyai indera pendengaran yang tajam, sanggup mengidentifikasi beberapa benda besar dari jarak 1 km dan benda bergerak pada jarak 2 km.
  • Selain melompat, Bison jantan benar-benar baik dalam berlari dan berenang.
  • Anaknya yang baru lahir mulai berjalan dan lari beberapa jam setelah dilahirkan.
error: