Hewan Huruf i Bahasa Inggris dan Penjelasannya

daftarhewan.com. Hewan huruf i. Dunia binatang seakan selalu punya caranya sendiri untuk membuat kita merasa takjub. Tentu, Anda mungkin pernah mendengar fenomena kepiting terbesar di dunia?

Hewan dari Huruf i

Memang sih, masih banyak jenis hewan di dunia ini beserta keunikannya. Di page ini, kita akan mengetahui nama hewan yang diawali huruf i.

Hewan apakah itu? Tapi sebelumnya baca dulu : Nama Hewan A-Z Bahasa Inggris.

1. I’iwi

hewan dari huruf i, nama hewan dari huruf i, hewan berawalan huruf i, nama hewan huruf i, hewan yang berawalan huruf i, binatang huruf i, hewan berawalan i, binatang dari huruf i, nama hewan depannya i

Burung I’iwi – via : jessicapaster.com

I’iwi adalah sub-spesies burung kolibri yang banyak ditemukan di daerah Hawaii. Nama lain dari hewan ini adalah Scarlet Honeycreeper karena bulunya yang didominasi warna merah pada tubuhnya.

Sementara itu, ia juga memiliki sepasang sayap berwarna biru dan paruh yang tajam. Ukuran burung ini relatif kecil. Dengan warnanya yang mencolok, I’iwi memang terlihat cantik dan lebih terlihat dibandingkan burung lainnya.

Saat ini, populasi burung yang tersisa tidak lebih dari 350.000. Selain itu, mereka hanya dapat ditemukan di beberapa pulau termasuk Hawai’i, Maui, dan Kaua. Makanan utama yang dikonsumsi burung ini adalah nektar yang langsung disedot dari bunga sekitar.

2. Ibex

nama hewan dari huruf f indonesia, nama hewan dari huruf i bahasa indonesia, nama hewan yang huruf depannya i

Ibex adalah hewan mirip kambing yang hidup di beberapa daerah gurun di Aljazeera, Yordania, Israel, Arab Saudi, Oman, Mesir, dan negara-negara lain di Afrika dan Timur Tengah.

Sebelumnya, hewan ini dianggap sebagai salah satu sub spesies dari hewan serupa yang hidup di Alpena, yang dikenal dengan Ibex Alpena. Namun kemudian, para ilmuwan sepakat bahwa keduanya adalah spesies yang berbeda.

Tinggi Ibex sekitar 70 cm dengan bobot mencapai 50 kg. Ini memiliki warna coklat dengan gradien putih di sekitar perut. Pada beberapa laki-laki, ada garis-garis coklat tua di punggung. Ciri ciri utama adalah tanduk yang panjang dan melingkar.

Baca Juga:   Hewan Undur-undur, Berikut Fakta Menariknya!

3. Ibis

hewan yang berhuruf i, hewan yang berawalan i, hewan yang berawal huruf i, nama hewan yg berawalan huruf i, hewan yang huruf depanya i, huruf hewan i, binatang awalan huruf i

Ibis adalah sejenis burung dalam keluarga Threskiornithidae. Beberapa ciri khas Ibis adalah paruh yang panjang dan bengkok serta bentuk tubuh yang tembem. Badannya ditutupi oleh bulu dengan berbagai warna seperti hitam, putih, dan merah tergantung jenisnya.

Nama Ibis sendiri berasal dari bahasa Yunani yang mengacu pada kata “burung”.

Ibis tinggal di koloni dan mereka menggali lumpur untuk mencari mangsa. Makanannya biasanya krustasea dan serangga kecil. Sebagian besar spesies Ibis bersarang di atas pohon. Khusus untuk Ibis merah, mereka tinggal di pulau tropis. Mereka terutama ditemukan di pulau-pulau di kawasan lautan Karibia.

4. Iguana

hewan yang berawalan huruf i, binatang huruf i, hewan berawalan i, binatang dari huruf i, nama hewan depannya i

Iguana merupakan salah satu kadal yang umumnya hidup di daerah tropis antara lain di Amerika Tengah dan Selatan, Karibia, dan beberapa negara di Asia. Terutama ada dua spesies Iguana, yang dikenal sebagai iguana Antilla hijau dan kecil.

Kedua spesies tersebut memiliki lipatan pada kulit di bawah rahang. Kulitnya cenderung menebal dan berjejer mulai dari brisket hingga ekor. Meski memiliki dua mata, masih ada satu mata lagi di kepalanya. Mata ketiga ini dikenal dengan nama mata Parietal, berbentuk seperti tongkat kecil tepat di kepala. Sedangkan leher bagian belakang ditutupi sisik yang agak mirip kuku panjang.

5. Impala

nama hewan impala, binatang impala, impala hewan, gambar hewan impala

Impala merupakan salah satu antelop dan hewan endemik Afrika. Kebanyakan dari mereka ditemukan di daerah stepa khususnya di selatan gurun Sahara. Selain di padang rumput, hewan ini juga terlihat di hutan Afrika dengan persediaan air yang cukup.

Impala dikenal sebagai pelari cepat. Ia juga bisa melompat tinggi hingga 3 m. Meskipun diperkirakan ada lebih banyak spesies di masa lalu, namun saat ini yang ditemukan hanya 2, yaitu Melampus dan Impala berwajah hitam (black-faced Impala).

Baca Juga:   Pesut Mahakam, Si Irrawaddy Dolphin

6. Indian Giant Squirrel

nama hewan depannya i, hewan yang berhuruf i, hewan yang berawalan i, hewan yang berawal huruf i, nama hewan yg berawalan huruf i

Jika tupai lain umumnya memiliki tubuh yang relatif kecil, yang ini sangat berbeda. Ya, bahkan Indian Giant Squirrel (Tupai raksasa India) ini memiliki ukuran tubuh yang hampir mirip dengan primata. Secara umum, panjang tubuh umumnya sekitar 36 inci dari kepala hingga buntut.

Selain ukurannya yang “raksasa”, tupai ini masih memiliki beberapa ciri yang lebih unik termasuk dari segi warna bulunya. Ada gradasi dari hitam menjadi cokelat dan dari cokelat menjadi merah dan oranye di sekujur tubuhnya. Beberapa di antaranya bahkan terlihat dengan gradien ungu dan merah marun. Untuk makanannya, mereka makan buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, bahkan serangga.

7. Indian Rhinoceros

badak india, apa itu badak india, nama latin badak india, populasi badak india

Indian Rhinoceros (Badak India) merupakan mamalia besar yang banyak ditemukan di India dan Nepal. Secara umum, badak hidup bebas di padang rumput dan kawasan hutan tepat di lereng Gunung Himalaya. Meski tubuhnya sangat besar, ia bisa berlari lebih cepat hingga 55 km per jam. Sementara itu, hewan itu juga bisa berenang dengan baik.

Berbeda dengan jenis badak lainnya, badak india lebih dikenali melalui kulitnya yang terlihat terlipat dan tergores. Kulit tubuh umumnya berwarna abu-abu serta memiliki penglihatan dan sistem penciuman yang sangat baik.

8. Indian Star Tortoise

kura kura bintang india, jenis kura kura dari india, kura-kura dari india

Indian Star Tortoise (Kura-kura Bintang India) merupakan salah satu jenis kura-kura darat dengan ukuran yang relatif kecil dibandingkan dengan yang lainnya. Kura-kura ini terkenal dengan cangkangnya yang indah. Cangkangnya memiliki warna coklat metalik sehingga sedikit terlihat seperti bongkahan emas yang besar. Sementara itu, warna yang sama juga terlihat pada kaki mereka yang kekar.

Hewan ini ditemukan di wilayah Asia Selatan termasuk India dan Sri Lanka. Namun, kura-kura bintang India dan Srilanka memiliki beberapa perbedaan meskipun memiliki nama yang sama. Srilanka Indian Star cenderung memiliki lebih banyak “bintang” pada cangkangnya dibandingkan dengan India.

Baca Juga:   Iguana Laut Raksasa Galapagos yang Mirip Godzilla

9. Indri

hewan huruf i, nama hewan huruf i, nama hewan dari huruf f indonesia, nama hewan dari huruf i bahasa indonesia, nama hewan yang huruf depannya i, nama hewan 6 huruf bahasa indonesia, hewan apa yang depannya huruf i, nama hewan berawalan huruf i, hewan apa yang berawalan huruf i, nama hewan 4 huruf bahasa inggris

Indri atau babakoto merupakan salah satu primata yang populasinya sangat terbatas. Termasuk dalam kelompok lemur dan dikenal sebagai lemur terbesar yang masih bertahan hingga saat ini. Ya, tinggi hewan ini sekitar 64-72 cm dengan perkiraan berat 6 kg.

Ciri khas Indri adalah pola rambutnya yang hitam dan mampu berdiri tegak saat memanjat pohon. Primata ini bersifat monogami dan hidup bersama keluarga dalam koloni. Indri juga tergolong herbivora karena sangat suka memakan daun, biji, dan buah-buahan.

10. Insect

berbagai jenis serangga, macam-macam serangga

Istilah Insect atau (serangga) berasal dari bahasa latin (insectum) yang artinya terpisahkan menjadi beberapa bagian. Dengan melihat ukuran serangga yang memang tergolong kecil. Ini adalah nama umum untuk hewan dari golongan invertebrata dengan kerangka luar dengan kitin (zat berserat yang terdiri dari polisakarida dan membentuk konstituen utama di exoskeleton arthropoda dan dinding sel jamur).

Umumnya tubuh serangga dipisahkan menjadi tiga bagian; mereka adalah kepala, dada, dan perut. Sementara itu, terdapat sepasang kaki yang terhubung ke toraks serta mata majemuk dan sepasang antena. Serangga merupakan salah satu kelompok hewan dengan varian terbanyak. Ada lebih dari satu juta spesies di bawah kategori serangga.

11. Isopod

binatang dari huruf i, nama hewan yang huruf depannya i, nama hewan 6 huruf bahasa indonesia, hewan apa yang depannya huruf i, nama hewan berawalan huruf i, hewan apa yang berawalan huruf i

Isopod atau Isopoda mengacu pada sekelompok Crustacea termasuk kuman, ligia, dan semua kerabatnya. Mereka hidup di hampir semua wilayah di bumi baik di darat, air tawar, dan lautan.

Meskipun Isopoda memiliki banyak spesies sebagai anggotanya, namun penampilan spesies tersebut relatif sama. Mereka memiliki eksoskeleton serta warnanya abu-abu dan tubuhnya tersegmentasi.

Kelompok hewan ini juga dikenal memiliki ruang khusus di bawah dada sebagai tempat bertelur. Distribusi kosmopolitan mencakup lebih dari 10.000 spesies isopoda. Uniknya, hewan tersebut dianggap sebagai salah satu makhluk primordial karena penemuan beberapa fosil yang diperkirakan 300 juta tahun lalu.

error: