Pengertian Hewan Karnivora dan Contohnya

daftarhewan.com. Hewan Karnivora Adalah? Berikut Pengertian, Jenis, Ciri-ciri, dan Contoh-contohnya. Karnivora adalah organisme yang memakan sebagian besar daging, atau daging hewan. Kadang-kadang karnivora juga disebut predator.

Keanekaragaman hayati, adalah kunci agar bumi masih tetap lestari. Hukum rimba yang kelihatan kejam, sebetulnya hanya sedikit proses alam untuk mengatur kepadatan makhluk hidup. Sepanjang jumlah populasi masih tetap seimbang, maka rantai makanan akan terjaga dan masih tetap aman.

Karnivora besar termasuk Singa dan Harimau dan Buaya. Karnivora besar bisa saja memburu herbivora besar seperti rusa dan kijang. Karnivora berukuran sedang termasuk elang dan ular, dan hewan ini biasanya memakan hewan pengerat, burung, telur, katak, dan serangga. Contoh karnivora kecil termasuk beberapa burung kecil dan kodok.

Amfibi seperti kodok dan katak adalah karnivora ketika dewasa, mereka memakan serangga dan juga terkadang vertebrata berukuran kecil. Namun, ketika masih berudu mereka adalah herbivora yang memakan alga dan materi yang membusuk.

1. Apakah Ikan termasuk Karnivora atau Omnivora?

Ikan bisa disebut hewan Omnivora. Kebanyakan ikan laut adalah omnivora, yang berarti mereka perlu makan daging dan makanan nabati.

Jadi, jika Anda memelihara ikan hias, salah satu pilihan mudah untuk makanan omnivora adalah makanan ikan komersial, seperti serpihan atau pelet. Namun, menawarkan makanan yang bervariasi akan memberi Anda ikan yang lebih sehat dan lebih berwarna.

hewan karnivora, karnivora adalah, karnivora artinya, contoh karnivora, pengertian karnivora, karnivora pemakan, makanan karnivora

Contoh hewan karnivora – via : pinterest.com

2. Contoh Hewan Karnivora

1. Serigala

2. Singa

3. Orca (Paus Pembunuh)

4. Ikan Hiu

5. Buaya

6. Harimau

7. Ular

8. Katak

Ya, semua elemen setiap ekosistem selalu bekerja sama. Jalinan timbal balik atau simbiosis yang sama-sama menopang kelangsungan dunia. Karena itu, manusia sebagai salah satunya makhluk yang dipercaya oleh Tuhan dalam pengendalian sumber daya, harus memahami ilmu-ilmu pengetahuan alam.

Termasuk juga, dunia flora dan fauna, yang ikut mempengaruhi dan dikontrol oleh dampak peradaban manusia.

Satu diantaranya, adalah hewan karnivora, yang kerap kali membuat kita merinding ngeri. Karnivora, sebagai salah satu kelompok dari pembagian hewan berdasarkan jenis makanannya.

Baca Juga:   COVID-19: Mematikan atau Bisa Disembuhkan?

3. Apa itu Karnivora Herbivora Omnivora?

Herbivora, adalah hewan pemakan tumbuhan, omnivora adalah pemakan daging hewan dan tumbuhan, dan karnivora adalah hewan pemakan daging.

Secara etimologis, karnivora datang dari 2 suku kata, yakni caro yang berarti daging, dan vorare yang memiliki arti memakan. Karnivora mendapat gizi dan energi yang dari jaringan tubuh hewan lain. Mereka umumnya mengonsumsi daging dengan memakannya hidup-hidup atau mengonsumsi hewan yang telah mati atau bangkai.

Sementara itu, ada juga karnivora sejenis insektivora dan piskivora. Insektivora, adalah jenis hewan yang memakan serangga sebagai makanan utama, seperti echidna dan laba-laba. Serta, piskivora adalah hewan pemakan ikan, seperti anjing laut, penguin, dan lumba-lumba. Dan, ada juga karnivora pemakan daging mamalia, misalnya singa, harimau, dan cheetah.

4. Ciri-ciri Hewan Karnivora

Walau mempunyai kebutuhan nutrisi dan opsi yang lain, tetapi hewan karnivora pada umumnya mempunyai beberapa ciri seperti berikut:

  1. Memiliki kuku-kuku yang tajam, hingga bermanfaat di saat bertarung, melumpuhkan mangsa, dan mengoyak makanan yang telah mereka dapatkan.
  2. Memiliki taring, yang berperan untuk menyobek tubuh mangsa dan memakan dagingnya.
  3. Bisa lari atau bergerak cepat, agar berburu dan menangkap mangsa.
  4. Memiliki racun yang dapat melumpuhkan dan melemahkan mangsa sebagai targetnya.
  5. Sebagian besar terhitung mamalia, hingga berkembang biak secara vivipar (melahirkan). Tetapi, ada beberapa yang lain ovovivipar dan ovipar.
  6. Tergolong hewan vertebrata (mempunyai tulang belakang).
  7. Sebagian besar hidup di darat, tetapi ada juga yang hidup di air.
  8. Memiliki radar, pendengaran, penglihatan atau indera perasa yang sangat tajam.
Baca Juga:   10 Cara Hewan Menyesuaikan Diri dengan Lingkungannya

Kamu dapat melihat ciri-ciri itu pada hewan-hewan karnivora yang terpopuler, diantaranya singa, harimau, serigala, serigala, macan, elang, ular, buaya, hiu, dan lain-lain. Tetapi, tidak semua hewan karnivora adalah hewan buas atau liar. Ada juga hewan karnivora yang jinak dan ramah terhadap manusia, seperti kucing dan beberapa anjing.

Ada saatnya, kucing ataupun anjing terlihat memakan rumput. Tetapi, hal itu tidak memperlihatkan jika mereka tergolong omnivora. Umumnya, kucing dan anjing menelan rerumputan hanya untuk bersihkan organ pencernaan mereka.

Nah, setelah kamu mengenali hewan karnivora, rupanya mereka tidak semenakutkan yang kamu pikirkan, bukan?

error: