Aneka Macam Hewan Khas Manado yang Unik

daftarhewan.com. Hewan khas Manado. Wilayah Manado di Propinsi Sulawesi Utara populer dengan surganya para penyelam karena kecantikan bawah lautnya. Dengan lebih dari 30 lokasi menyelam kelas dunia, pulau ini menawarkan beragam kehidupan laut yang indah dengan spesies langka dan terumbu karang yang masih asli.

Namun tahukah Anda bahwa ada binatang atau hewan khas manado yang menakjubkan yang dapat kita temukan juga di daratan? Cagar Alam Tangkoko adalah tempat paling terkenal untuk melihat hewan-hewan khas Manado ini.

Wisata Cagar Alam Tangkoko menyajikan sekumpulan spesies endemik yang hanya ada di Sulawesi. Ada ratusan spesies hewan Indonesia yang hidup di taman ini.

Hewan Khas Manado

Kemungkinan untuk melihat Yaki, burung langka seperti (kingfisher, burung hantu, dan burung enggang atau burung rangkong merah), kadal, ular, jangkrik, tarsius, dan banyak lagi). Anda juga dapat melihat beruang kuskus dan tarantula hitam besar di sini.

Berikut daftar hewan khas Manado yang bisa Anda temukan :

1. Babi Rusa

babi rusa, hewan aneh berbahaya, hewan berbentuk aneh, hewan bentuk aneh, hewan aneh dan unik, hewan aneh dari indonesia, fenomena hewan aneh, foto hewan aneh dan menyeramkan, fakta hewan aneh, hewan hewan aneh di dunia

Babi rusa disebut juga deer-pigs, Babirusa hanya ditemukan di pulau Sulawesi, Pulau Togian, Pulau Sula serta pulau Buru. Babi Rusa jantan yang tampak seperti hewan prasejarah ini mempunyai taring-taring melengkung ke atas yang menonjol serta taring bawah yang besar.

Baca Juga:   Mengapa Nyamuk Bisa Berjalan Di Atas Air?

Mereka juga memiliki rambut yang sangat pendek sehingga membuat mereka tampak hampir botak.

Mereka mungkin bukan makhluk yang menarik dan terkesan aneh, tetapi melihatnya dengan jelas merupakan pemandangan serta pengalaman yang menarik.

Lukisan prasejarah babirusa yang ditemukan di gua-gua menunjukkan kepada kita bahwa mamalia ini telah memberi informasi bahwa Sulawesi sebagai rumah mereka setidaknya sejak 35.400 tahun yang lalu.

Namun, babirusa sekarang dilindungi di Indonesia dan telah terdaftar sebagai terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature setidaknya sejak tahun 2010.

Hilangnya habitat karena operasi penebangan komersial serta perburuan ilegal terus mengancam populasi Babirusa.

2. Beraneka Burung

Burung khas sulawesi, Hewan khas sulawesi utara

Para pengamat burung akan kewalahan dengan banyaknya kehidupan burung di Sulawesi. Kerennya lagi, hampir 100 dari 330 spesies burung di Sulawesi merupakan endemik atau setengah endemik, membuat pemandangan burung sekali seumur hidup menjadi nyata.

Sebagian besar jenis burung ini dapat dijumpai di kawasan Manado di Cagar Alam Tangkoko serta Taman Nasional Dumoga Bone.

Baca Juga:   5 Perbedaan Anjing Laut dan Singa Laut

Anda pasti akan melihat seluruh pilihan spesies burung Cekakak atau kingfisher si burung pemakan ikan yang berwarna cerah, burung beo, dan banyak burung enggang yang aneh dan indah.

Ketika malam hari ada sejumlah spesies burung hantu yang fantastis termasuk burung Hantu Sulawesi, burung hantu Punggok Oker (ochre-bellied) dan speckled hawk, dan bahkan burung hantu Minahasa (Serak minahasa) yang langka serta sangat sulit ditangkap.

3. Tarsius tarsier (Spectral tarsier)

hewan khas manado, hewan khas sulawesi, hewan khas sulawesi utara, binatang khas manado, hewan khas manado adalah, hewan khas manado asli

Primata terkecil di dunia ini menjadi maskot resmi Sulawesi Utara. Makhluk imut ini hanya berukuran antara 8-16 centimeter dengan berat antara 60 – 180 gram.

Dengan matanya yang besar dan bulu yang lembut, ia terlihat sangat lucu dan menggemaskan, tetapi sebenarnya ia adalah satu-satunya primata yang 100% adalah karnivora.

Tarsius ditemukan di sejumlah tempat di Asia Tenggara, tetapi banyak orang mengunjungi Sulawesi Utara hanya untuk melihat hewan menakjubkan ini di habitat aslinya.

Namun, hewan yang terancam punah ini aktif di malam hari dan keluar saat matahari terbenam untuk memakan serangga, jadi cara terbaik untuk melihat mereka adalah perjalanan ke Cagar Alam Tangkoko.

Baca Juga:   Penjelasan Tentang Hewan Ovovivipar dan Contohnya

Anda tiba di sore hari dan melakukan perjalanan ke hutan dengan pemandu tepat sebelum matahari terbenam.

Dua spesies endemik dan terancam punah lainnya yang hanya hidup di Sulawesi adalah Macaca Nigra dan Macaque Hecki.

4. Yaki

yaki, hewan sulawesi utara, hewan sulawesi, hewan dari sulawesi, hewan di sulawesi, hewan khas sulawesi utara, hewan endemik sulawesi utara, hewan sulawesi selatan, binatang khas sulawesi utara, binatang di sulawesi

Yaki disebut juga disebut Kera Jambul Celebes (Celebes crested macaque), Monyet hitam sulawesi atau Monyet wolay.

Monyet hitam dengan seberkas rambut panjang berupa jambul yang tumbuh di ujung kepalanya ini juga dapat ditemukan di Cagar Alam Tangkoko.

Kera ini cukup banyak di Tangkoko, jadi kemungkinan besar Anda dapat melihat kelompok kera-kera tersebut di hutan.

Tetapi, populasi Yaki yang semakin lama semakin merosot. Kera ini dianggap sebagai hama di luar bagian wilayah cagar alam serta sering dibunuh guna diambil dagingnya.

Informasi yang dikutip dari ganggaisland.com. Di pulau Bacan terdekat ada kurang lebih 100.000 ekor individu saja sementara di Sulawesi Utara jumlahnya sekarang sekitar 4.000 sampai 6.000-an saja.

Manado sepertinya tempat yang menarik untuk dikunjungi, setidaknya sekali dalam seumur hidup yah!

error: