10 Hewan Khas Papua yang Langka dan Dilindungi

Posted on

daftarhewan.com. Hewan Khas Papua. Apabila kita mendengar kata Burung Surga (Birds of Paradise) atau Cendrawasih, kita tentu ingat akan Pulau Papua (New Guinea).

Cendrawasih sendiri berawal dari nama burung yang unik disana. Disamping itu, Papua kaya akan flora dan fauna yang lain.

Hewan Langka dari Papua

Sangat disayangkan, banyak binatang endemik Papua yang jumlahnya makin melorot. Tidaklah aneh jika prediksi kepunahan selalu digaungkan, dengan keinginan supaya kita terus melindungi kelestariannya. Lantas hewan khas Papua apa yang rawan serta terancam punah dan dilindungi? Mari kita lihat!

1. Burung Cendrawasih Merah (Paradisaea rubra)

hewan papua, hewan khas papua, burung cendrawasih papua, hewan endemik papua adalah, hewan khas papua adalah, hewan endemik di papua, hewan papua adalah, hewan papua yang dilindungi, hewan khas dari papua, hewan hewan papua, hewan khas papua nugini
Burung Cendrawasih Merah (Paradisaea rubra)

Sama sesuai namanya, warna bulu burung ini merah. Tetapi paruhnya kuning. Badannya dihias dengan warna kuning dan cokelat. Sementara mukanya terlihat warna hijau. Cantik dan eksotik sekali!

Baca Juga:   Ekologi Adalah? Pengertian dan Contohnya

Tapi burung ini mulai langka untuk ditemui. Bakhan di habitat tempat mereka berasal, yaitu Pulau Waigeo dan Batanta, Raja Ampat, Papua Barat. Komunitasnya mulai terbatas.

2. Cendrawasih Mati-Kawat (Seleucidis melanoleuca)

burung papua, burung khas papua, burung cendrawasih papua, burung endemik papua, burung asal papua, burung papua langka, burung surga papua, burung khas papua adalah, foto burung papua
Cendrawasih Mati-Kawat (Seleucidis melanoleuca)

Burung dengan gabungan warna bulu hitam serta kuning ini mempunyai panjang sekitaran 33 cm. Yang betina condong berwarna cokelat. Paruhnya hitam dan berwujud lancip. Mereka hidup di perhutanan daratan rendah Pulau Papua.

3. Hiu Karpet Berbintik (Hemiscyllium freycineti)

papua terdapat hewan, hewan pulau papua, spesies hewan papua, hewan daerah papua adalah, hewan langka asli papua adalah brainly, hewan langka dari papua adalah, hewan yang ada papua, hewan asal papua, hewan papua yang terancam punah, hewan dilindungi di papua
Hiu Karpet Berbintik (Hemiscyllium freycineti)

Untuk menemuinya langsung, kamu perlu mencari di perairan di Kepulauan Raja Ampat. Statusnya yang nyaris punah, membuat hiu bintik ini dilindungi oleh Negara. Memiliki bentuk sama dengan hiu karang biasa, tetapi ada bercak-bercak ciri khas yang membuat unik.

Habitat asli mereka ialah terumbu karang. Tetapi rutinitas manusia, terutama pemburu ikan yang memakai dinamit, membuat tempat tinggalnya hancur. Disamping itu, kekhasan hiu ini jadi magnet untuk beberapa pemburunya.

4. Kanguru Pohon Mantel Emas (Dendrolagus pulcherrimus)

jenis hewan langka asli papua adalah, hewan khas papua, fauna di papua, fauna khas papua, fauna papua, kanguru pohon papua, hewan endemik papua, hewan berkantung papua, kanguru papua
Kanguru Papua (Dendrolagus pulcherrimus)

Kanguru khas dari Indonesia ini hidup di rimba pegunungan Papua. Mereka mempunyai bulu yang tebal warna dengan warna cokelat muda. Sementara di tempat pipi, leher, dan kakinya punya warna cokelat kekuningan. Keberadaan hewan lucu yang hidup di pohon ini telah terancam punah.

Baca Juga:   6 Ikan Laut Dalam yang Jarang Dijumpai, Apa Saja Sih?

5. Kanguru Pohon Mbaiso (Dendrolagus mbaiso)

kanguru papua, kanguru pohon papua, kanguru kecil, nama kanguru papua, jenis kanguru di papua, perbedaan kanguru papua dan australia, tentang kanguru papua, wilayah persebaran kanguru papua, kanguru pohon di papua, kanguru dari papua
Kanguru Pohon Mbaiso (Dendrolagus mbaiso)

Hewan montok yang lucu menggemaskan ini mempunyai ekor yang panjang. Bulunya berwarna coklat kehitaman, sementara bintik putih terlihat pada bagian mukanya. Namun pada 3 dasawarsa terakhir, jumlahnya semakin menurun, bahkan juga melorot sampai 50%.

Kecondongan itu disinyalir karena peralihan cuaca, pemburuan ilegal, dan gencarnya pembukaan tempat baru untuk pertanian.

6. Kasuari Gelambir Tunggal (Casuarius unappendiculatus)

kasuari, burung kasuari in indonesia, kasuari endemik indonesia, kasuari di indonesia, kasuari papua, burung kasuari dari papua, burung kasuari papua barat, gambar burung kasuari papua
Kasuari Gelambir Tunggal (Casuarius unappendiculatus)

Orang mengatakan sebagai kasuari leher emas. Walau terhitung burung, tetapi yang ini tidak dapat terbang. Mereka hidup menyendiri. Baru saat musim berkembang biak tiba, mereka akan berusaha mencari pasangan.

Jumlah burung asal Utara Papua ini semakin merosot. Tempat tinggalnya asli yang menyusut serta perburuan liar dituduh jadi pemicu intinya.

7. Kasuari Kerdil (Casuarius bennetti)

kasuari papua, burung papua, burung khas papua, burung endemik papua, burung asal papua, burung papua langka, burung khas papua adalah, foto burung papua
Kasuari Kerdil (Casuarius bennetti)

Walau disebutkan kerdil, tetapi kasuari yang dalam Bahasa Inggris disebut Dwarf Cassowary ini masih tetap mempunyai tinggi menggapai 1 m. Ukuran termasuk cukuplah besar.

Tetapi mereka kalah kecil dengan kasuari lainnya; kasuari gelambir tunggal dan double. Selainnya menempati Pulau Papua, mereka biasa diketemukan di Pulau Yapen, Pulau Horor, dan New Britania. Mereka suka ada di wilayah bukit-bukit, hutan pegunungan, dan daratan rendah.

8. Kura-Kura Reimani (Chelodina reimanni)

hewan endemik di papua, hewan papua yang dilindungi, hewan khas dari papua, hewan hewan papua, hewan khas papua nugini, papua terdapat hewan, hewan pulau papua, spesies hewan papua, hewan daerah papua adalah, hewan langka asli papua adalah brainly, hewan langka dari papua adalah, hewan yang ada papua, hewan asal papua, hewan papua yang terancam punah, hewan dilindungi di papua
Kura-Kura Reimani (Chelodina reimanni) – via : calphotos.berkeley.edu

Seringkali orang menyebutnya sebagai kura-kura berkepala ular. Makhluk aneh bin ajaib ini masih membutuhkan riset seterusnya berkaitan status taksonominya. Data biologi, komunitas, dan ekologinya diberitakan masih tidak ada. Tetapi hingga saat ini, kura-kura reimani dipercayai cuma berada di Merauke.

Baca Juga:   Singa Laut dan Anjing Laut, Mirip Tapi Tak Sama

Begitu daftar hewan di tanah Papua yang rawan punah. Jika tidak dapat berperanan langsung untuk melindung mereka, minimal sebarkan kesadaran untuk jaga dan melestarikannnya, ya.

9. Mambruk Victoria (Goura victoria)

hewan maskot papua, hewan yang melambangkan papua, burung papua, burung cendrawasih papua, burung endemik papua, burung mambruk papua, burung asal papua, burung papua langka, burung surga papua, burung khas papua adalah, foto burung papua, hewan khas papua, hewan lambang papua
Burung mambruk papua (Goura victoria) – via : birdsoftheworld.org

Spesies paling besar dari tipe burung merpati ini memiliki bulu biru keabu-abuan yang elok nan menarik. Mereka mempunyai panjang sekitaran 74 cm. Jambulnya seperti kipas warna putih. Paruhnya abu-abu.

Ruang dadanya terdiri dari paduan ungu dan merah marun. Sementara sayap serta ujung ekornya dihias dengan garis abu-abu. Kehadiran mereka di daratan rendah Pulau Papua mulai terbatas. Banyak pemburu yang memburunya secara liar dan melucuti bulu dan dagingnya. Di Papua Nugini ia termasuk hewan langka.

10. Nuri Sayap Hitam (Eos cyanogenia)

burung papua, jenis burung papua, macam macam burung papua, jenis jenis burung papua, nama nama burung endemik papua, nama burung papua, macam burung papua, jenis burung papua yang dilindungi

Burung nuri yang cantik serta cute ini memiliki ukuran sekitaran 30 cm. Mereka berkeliaran di Pulau Biak dan sejumlah pulau lain di Teluk Cendrawasih, Papua. Apesnya nasib mereka, yang tetap jadi sasaran penangkapan liar. Terlebih lagi teritori asli hutan mereka semakin berkurang.

One thought on “10 Hewan Khas Papua yang Langka dan Dilindungi

Comments are closed.