Home » Pengetahuan » Hewan Langka di Indonesia Beserta Gambar dan Asalnya

Hewan Langka di Indonesia Beserta Gambar dan Asalnya

daftarhewan.com. Indonesia merupakan negara yang terdiri dari ratusan ribu pulau dengan aneka ragam flora dan fauna. Hampir di setiap kepulauan Indonesia memiliki berbagai hewan yang unik dan menarik. Sayangnya, sebagian habitat hewan-hewan tersebut terancam punah.

Ini disebabkan karena perusakan lingkungan, maraknya perburuan liar, dan perdagangan ilegal yang kerap dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, sebagai warga negara yang baik sudah sepatutnya untuk ikut melestarikan spesies hewan-hewan langka tersebut. Sebagai sumber informasi, berikut ini beberapa spesies langka yang ada di Indonesia.

Hewan Langka di Indonesia Gambar dan Keterangannya

1. Badak Sumatera

hewan langka indonesia dan asalnya, hewan langka indonesia yang hampir punah, hewan langka indonesia dan keterangannya, hewan langka indonesia terancam punah, hewan langka indonesia dan asal daerahnya, hewan langka indonesia beserta asalnya, hewan langka di indonesia gambar dan keterangannya, gambar hewan langka indonesia dan penjelasannya, gambar hewan langka di indonesia beserta keterangannya

Hewan langka di Indonesia beserta gambar yang pertama adalah Badak Sumatera. Nama latin badak bercula dua ini adalah Dicerorhinus Sumatrensis. Ukuran kedua cula itu sendiri tidak sama, yaitu bagian depan yang merupakan cula dengan ukuran paling besar. Sedangkan cula kedua ukurannya lebih kecil dan letaknya di atas mata. Terkadang, cula kecil ini hanya berupa gumpalan saja.

Dikarenakan posturnya yang cenderung lebih kecil dibandingkan jenis badak lainnya, tidak heran jika Badak Sumatera sering disebut sebagai Badak Primitif. Diukur dari mulut sampai pangkal ekor, satwa berkulit tebal yang satu ini memiliki panjang sekitar 240-270 cm. Sedangkan tingginya sekitar 120-135 cm dengan bobot mencapai 909 kg. Walaupun sudah dilakukan berbagai upaya di Ujung Kulon, namun sayangnya populasi Badak Sumatera ini semakin menurun.

2. Badak Jawa

gambar hewan langka di indonesia dan asalnya, gambar hewan langka di indonesia beserta penjelasannya, hewan langka yang dilindungi di indonesia beserta gambarnya, gambar hewan langka di indonesia dan keterangannya, gambar hewan langka di indonesia beserta daerah asalnya, gambar hewan langka di indonesia beserta asalnya, hewan langka di indonesia dan habitatnya, hewan hewan langka indonesia, hewan langka di indonesia yang hampir punah dan keterangannya

Untuk hewan langka di Indonesia beserta gambar berikutnya adalah Badak Jawa. Berbeda dengan badak yang ada di Sumatera, hewan dengan nama latin Rhinoceros Sondaicus ini hanya memiliki satu cula. Namun, ukuran badannya lebih besar, yaitu dengan panjang hampir mencapai 4 meter dan tingginya sekitar 165-175 cm.

Baca Juga:   10 Daftar Hewan Terancam Punah di Indonesia dan Keterangannya

Walaupun terkenal sebagai badak bercula satu yang berasal dari Jawa  Barat, namun terdapat perbedaan antara yang jantan dengan betina. Untuk badak dengan jenis kelamin betina tidak terdapat cula. Sedangkan pada badak jantan, panjang cula bisa mencapai 27 cm.

3. Komodo

hewan buas yang langka, hewan buas yang memakan manusia, hewan buas yang memangsa manusia, hewan buas yang menyeramkan, hewan yang paling buas di dunia, hewan buas yang paling ditakuti, binatang buas paling berbahaya di dunia, binatang paling buas dunia, binatang paling buas didunia, hewan buas yang dilindungi

Komodo

Salah satu satwa populer dan termasuk sebagai hewan langka di Indonesia beserta gambar yang harus Anda ketahui berikutnya adalah Komodo atau Varanus Komodoensis. Sayangnya, habitat Komodo semakin berkurang. Itu sebabnya pemerintah Indonesia berupaya menjaganya agar tidak punah.

Sebagai reptil berukuran besar dan tertinggi di dunia, Komodo memiliki panjang sekitar 3 meter dengan berat mencapai 70 kg. Selain itu, lidahnya yang bercabang memiliki racun yang mematikan. Itu sebabnya penting bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Komodo untuk membaca peraturan keselamatan yang berlaku saat menjelajahi pulau tersebut.

4. Penyu Belimbing

hewan langka indonesia yang hampir punah, hewan langka indonesia dan keterangannya, hewan langka indonesia yang dilindungi, hewan langka indonesia terancam punah, hewan langka indonesia dan asal daerahnya, hewan langka indonesia beserta asalnya, hewan langka asal indonesia, hewan langka di indonesia adalah, hewan langka tanaman asli indonesia

Salah satu hewan langka di Indonesia beserta gambar yang berasal dari Papua Barat adalah Penyu Belimbing. Ukurannya yang super besar hampir mencapai 220 cm dengan berat antara 250-700 kg membuat hewan ini sering diburu dan dijual secara ilegal.

Keunikan yang ada pada hewan ini adalah, Penyu Belimbing tidak memiliki cangkang yang keras seperti layaknya penyu pada umumnya. Namun, satwa yang satu ini mampu menyelam hingga kedalaman 4.000 kaki (sekitar 1.200 meter) dan mampu bertahan hingga 85 menit di bawah permukaan laut.

5. Rangkong Helm

macam2 hewan langka indonesia, hewan di indonesia menjadi langka, observasi hewan langka di indonesia, hewan langka di indonesia dan penyebabnya, hewan langka dari indonesia, sebutkan hewan langka indonesia, hewan satwa langka indonesia, hewan langka di indonesia tentang, hewan langka di indonesia bagian tengah

Pulau Kalimantan Barat yang terkenal dengan sebutan Borneo juga memiliki salah satu hewan langka yaitu Rangkong Helm. Disebut demikian karena pada bagian kepala burung ini gumpalan mirip helm berwarna cerah yang ikonik. Selain itu, bentangan sayapnya juga lebar dan luas. Suara burung Rangkong Helm tidak merdu, bahkan cenderung seperti tawa aneh yang nyaring dan bisa terdengar sampai jarak 2 km.

Baca Juga:   Metamorfosis: Daur Hidup Kupu-kupu dan Penjelasannya

6. Anoa

hewan langka di indonesia yang terdapat, hewan dan tumbuhan langka indonesia, wikipedia hewan langka di indonesia, ,hewan langka di indonesia yang dilindungi, 10 hewan langka di indonesia dan asal daerahnya, 10 hewan langka di indonesia beserta asalnya, 15 hewan langka di indonesia dan asalnya, 10 hewan langka di indonesia beserta habitatnya, 10 hewan langka di indonesia dan daerah asalnya

Sulawesi Tenggara juga memiliki salah satu hewan langka di Indonesia beserta gambar yang mirip kerbau. Hewan ini berukuran kerdil dan oleh warga setempat dikenal dengan nama Sapiutan atau Kerbau Anoa. Sekilas, satwa yang satu ini mirip dengan kambing, yang membedakan adalah adanya sepasang tanduk runcing sepanjang 30 cm.

Maraknya perburuan liar Anoa untuk dimanfaatkan bagian kulit, tanduk dan dagingnya membuat hewan ini menjadi langka. Menurut penduduk setempat, daging Anoa aman untuk dikonsumsi. Namun, bagi sebagian orang daging hewan ini bisa memabukkan sehingga tidak aman untuk dikonsumsi.

7. Burung Merak Hijau

sebutkan 4 hewan langka yang dilindungi di indonesia, 5 hewan langka di indonesia beserta keterangannya, 5 hewan langka di indonesia beserta asalnya, 5 hewan langka di indonesia dan penjelasannya, 5 hewan langka yang ada di indonesia, sebutkan 5 hewan langka di indonesia, 5 hewan langka yang dilindungi di indonesia, 5 jenis hewan langka di indonesia, sebutkan 6 hewan langka yang ada di indonesia

Dari beragam jenis burung, Merak Hijau termasuk sebagai hewan langka di Indonesia beserta gambar bisa Anda temukan di pulau Jawa. Habitatnya bisa ditemukan di Taman Nasional Baluran Situbondo, Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, dan beberapa lokasi lainnya di Jawa Timur.

Populasinya semakin menurun dengan semakin sedikitnya kawasan hutan yang tersedia untuk berkembang biak. Selain itu, bulunya yang indah membuatnya sering diburu untuk dijadikan bahan kesenian Reog Ponorogo.

8. Harimau Sumatera

apa hewan langka di indonesia, apa hewan paling langka di indonesia, apa tujuan pelestarian hewan langka di indonesia, hewan apa yang langka di indonesia, ada berapa hewan langka di indonesia, nama hewan langka indonesia, nama hewan langka di indonesia, nama hewan yang langka di indonesia, nama latin hewan langka di indonesia

Sebagai salah satu hewan langka di Indonesia beserta gambar yang harus Anda ketahui adalah Harimau Sumatera. Ciri-ciri hewan buas ini dengan nama latin Panthera Tigris Sumatrae adalah tubuhnya yang relatif lebih kecil dibandingkan jenis harimau lainnya. Warna kulitnya cenderung gelap berkombinasi dengan kuning kemerahan sampai oranye tua. Populasinya yang semakin berkurang membuatnya termasuk sebagai salah satu hewan langka yang hampir punah.

9. Elang Flores

hewan langka indonesia dan asalnya, hewan langka indonesia dan keterangannya, hewan langka indonesia yang dilindungi, hewan langka indonesia terancam punah, hewan langka indonesia dan asal daerahnya, hewan langka indonesia beserta asalnya, hewan langka di indonesia yang terdapat, hewan dan tumbuhan langka indonesia, wikipedia hewan langka di indonesia, hewan langka di indonesia yang dilindungi

Burung langka berikutnya adalah Elang Flores, Nusa Tenggara. Walaupun demikian, burung yang satu ini bisa Anda temukan di Pulau Lombok Sumbawa, Pulau Satonda dan Rinca. Ciri-ciri Elang Flores ini adalah panjangnya sekitar 71-82 cm dan warna putih yang ada di bagian bawah tubuhnya.

Baca Juga:   20 Contoh Daftar Nama Hewan Vivipar dan Gambarnya

10. Burung Cendrawasih

hewan langka di indonesia burung cendrawasih, contoh hewan langka indonesia, contoh hewan langka di indonesia, contoh hewan langka di indonesia beserta asalnya, hewan langka indonesia dan namanya, hewan langka di indonesia yang hampir punah, hewan di indonesia langka, binatang langka endemik indonesia, daftar hewan langka endemik indonesia

Salah satu jenis burung yang termasuk hewan langka di Indonesia beserta gambar yang sering diburu adalah Cendrawasih. Hewan cantik yang satu ini berasal dari Papua dengan warna bulunya yang terdiri dari coklat, oranye, kuning, merah, biru, dan ungu dengan kombinasi yang bervariasi.

Dengan variasi bulu yang berwarna cerah dan ekornya yang panjang menjuntai membuat burung ini tampak anggun. Jadi, tidak mengherankan jika Cendrawasih termasuk sebagai keluarga Paradisaeidae atau burung dari surga.

11. Monyet Hitam Yaki

hewan langka indonesia dan asalnya, hewan langka indonesia yang hampir punah, hewan langka indonesia terancam punah, hewan langka indonesia dan asal daerahnya, hewan langka asal indonesia, hewan langka di indonesia adalah, hewan langka tanaman asli indonesia, hewan langka di indonesia dan asalnya

Hewan langka berikutnya yang bisa ditemukan di Sulawesi adalah Monyet Hitam Yaki, atau Monyet Wolai ( . Sesuai dengan namanya, Yaki memiliki ciri-ciri warna bulu hitam diseluruh tubuhnya. Hanya bagian bahunya saja ada sedikit warna silver. Selain itu, terdapat jambul di bagian atas kepalanya.

12. Kura-Kura Paruh Betet

hewan langka indonesia yang hampir punah, hewan langka indonesia terancam punah, hewan langka indonesia dan asal daerahnya, hewan langka asal indonesia, hewan langka di indonesia adalah, hewan langka tanaman asli indonesia, hewan langka di indonesia dan asalnya

Satu lagi hewan langka di Indonesia beserta gambar yang bisa Anda temukan di Sulawesi, yaitu Kura-Kura Paruh Betet (Sulawesi Forest Turtle/ Leucocephalon Yuwonoi). Bentuk mulutnya yang khas dan mirip burung betet membuat hewan langka ini dinamakan demikian.

13. Pesut Mahakam

hewan langka di indonesia beserta penjelasannya, hewan langka di indonesia beserta keterangannya, hewan langka di indonesia beserta habitatnya, hewan langka di indonesia dan cara melestarikannya, hewan langka di indonesia dan ciri-cirinya, hewan langka di indonesia beserta ciri cirinya, hewan langka di indonesia dan cirinya, contoh hewan langka indonesia

Satwa mamalia yang termasuk sebagai hewan langka yang harus Anda ketahui adalah Pesut Mahakam Kalimantan Timur. Nama latin hewan ini adalah orcaella brevirostris atau lumba-lumba air tawar.

Habitatnya hampir punah karena beberapa sebab, yaitu pasokan makanan alam yang semakin berkurang, nelayan setempat yang sering menggunakan racun untuk menjaring ikan, dan banyaknya kapal ponton yang lewat di kawasan habitat Pesut Mahakam.

Sebagai warga negara yang baik, sudah sewajarnya jika ikut melestarikan hewan langka yang ada di Indonesia seperti Badak Jawa, Badak Sumatera, Elang Flores, Merak, Cendrawasih, Rangkong Helm, dan lain-lain. Salah satu caranya adalah dengan memberikan informasi seputar hewan langka di Indonesia beserta gambar yang menarik.

error: