10 Hewan Laut Prasejarah Terbesar dan Terganas di Dunia

daftarhewan.com. Laut adalah tempat yang cukup menakutkan yang dipenuhi dengan hiu, ikan beracun, dan cumi-cumi raksasa dan banyak makhluk lainnya yang berbahaya bagi manusia, tetapi apa pun yang hidup di laut saat ini tidak dapat dibandingkan dengan monster besar yang pernah mendominasi kedalaman laut jutaan tahun yang lalu.

Monster yang dimaksud sudah lama punah, reptil laut dan dinosaurus. Meskipun orang-orang lebih mengenal dinosaurus yang hidup di darat, berikut ini adalah hewan yang bisa dibilang 10 Dinosaurus laut terbesar yang pernah ada;

Hewan Laut Zaman Prasejarah

1. Shastasaurus

hewan laut prasejarah terbesar, hewan laut purba, hewan laut zaman purba, binatang laut purba, hewan laut zaman prasejarah, 5 hewan laut

Shastasaurus adalah hewan atau reptil laut terbesar yang pernah ada. Hewan predator ini telah hidup selama periode Trias akhir, sekitar 210 juta tahun yang lalu. Raksasa yang luar biasa ini bisa mencapai panjang hingga 69 kaki (21 meter) dan beratnya lebih dari 75 ton.

Hal tersebut membuat Shastasaurus sama beratnya dengan paus biru. Meskipun tampaknya Shastasaurus sebenarnya cukup ramping untuk karena ukuran lebar tulang rusuknya hanya 6 kaki.

Jika kita berpikir hewan ini memakan dinosaurus lain, anda salah. Makanan mereka adalah ikan-ikan kecil dan gurita serta cumi-cumi raksasa.

2. Mosasaurus

dinosaurus penguasa lautan, dinosaurus laut terganas, sejarah dinosaurus laut

Mosasaurus adalah karnivora terbesar pada masanya, salah satu yang paling menarik adalah hal-hal menakutkan tentang makhluk ini yaitu kepalanya yang seperti buaya, dihiasi dengan ratusan gigi setajam silet, tersusun rapi menjadi baris pada kedua rahangnya. Mempunyai panjang sekitar 10 – 18 meter dan beratnya adalah 14 ton.

Baca Juga:   20 Contoh Daftar Nama Hewan Vivipar dan Gambarnya

3. Shonisaurus

raja dinosaurus laut, nama dinosaurus laut, gambar dinosaurus laut, dinosaurus laut terbesar, dinosaurus bawah laut, dinosaurus di laut dinosaurus yang ada di laut, dinosaurus leher panjang di laut, dinosaurus yang hidup di laut, film dinosaurus laut

Shonisaurus tinggal di planet kita selama periode trias akhir sekitar 215 juta tahun yang lalu. Sisa-sisa makhluk ini pertama kali ditemukan di Nevada pada 1920 tidak jauh dari pegunungan Shoshone. Reptil prasejarah ini mirip dengan lumba-lumba gemuk, panjangnya sekitar 50 kaki (15 meter) dan beratnya sekitar 30 ton lebih berat dari gabungan dua paus sperma.

4. Tylosaurus

dinosaurus laut di jurassic world, dinosaurus laut paling besar, raja dinosaurus laut, nama dinosaurus laut, gambar dinosaurus laut, dinosaurus laut terbesar, dinosaurus bawah laut, dinosaurus di laut, dinosaurus laut di jurassic world

Tylosaurus termasuk keluarga mosasaur yang didominasi laut dangkal Amerika Utara sekitar 85 sampai 80 juta tahun yang lalu. Ini adalah predator besar dengan perwakilan mencapai 45 kaki panjangnya.

Mereka memiliki tubuh hidrodinamik yang sempit dengan kepala tumpul yang kuat digunakan untuk mengejutkan mangsanya. Tubuhnya dilengkapi dengan sirip yang gesit dan ekor panjang dihiasi dengan sirip bermanuver. Tylosaurus adalah karnivora dan makanannya adalah penyu dan ikan serta ikan hiu kecil, tidak hanya itu mereka juga memangsa mosasaurus lainnya, Plesiosaurus dan burung yang tidak bisa terbang.

5. Thalassomedon

dinosaurus laut terbesar, dinosaurus bawah laut, dinosaurus di laut dinosaurus yang ada di laut, dinosaurus leher panjang di laut, dinosaurus yang hidup di laut, film dinosaurus laut

Thalassomedon berarti “penguasa laut” dalam bahasa Yunani kuno, dan ada alasan yang cukup bagus di balik nama ini. Perwakilan dari keluarga Plesiosaurus ini adalah predator besar yang panjangnya bisa mencapai 40 kaki (12 meter). kira-kira sebesar gedung 4 lantai.

Makhluk ini mempunyai ukuran kepala yang relatif kecil, sekitar 19 inci (48 cm) tapi kepala mungil itu penuh dengan gigi tajam panjang yang mencapai hampir 2 inci panjangnya, namun reptil ini tidak mungkin menggunakan gigi mereka untuk tujuan lain selain hanya menangkap mangsa seperti Plesiosaurus lainnya.

Baca Juga:   Apa Saja Hewan yang Hidup di Hutan Bakau?

6. Albertonectes

dinosaurus yang ada di laut, dinosaurus leher panjang di laut, dinosaurus yang hidup di laut, film dinosaurus laut, foto dinosaurus laut, dinosaurus hewan laut

Albertonectes adalah perwakilan dari Plesiosaurus (reptil laut) ini memiliki kepala kecil di ujung leher yang sangat panjang dan sirip besar serta anggota badan yang membantu bergerak di air.

Makhluk-makhluk ini menempati laut sekitar Amerika Utara sekitar 76 hingga 70 juta tahun yang lalu, panjang monster laut ini mencapai 38 kaki (9 meter) dengan leher mencapai 23 kaki (7 meter)

7. Northosaurus

foto dinosaurus laut, dinosaurus hewan laut, dinosaurus penguasa lautan, dinosaurus laut terganas

Northosaurus tidak termasuk hewan laut prasejarah terbesar, tapi merupakan yang paling ganas. Reptil ini mempunyai gigi tajam seperti jarum panjang untuk menangkap cumi-cumi dan ikan.

Secara mengejutkan para peneliti mengatakan bahwa spesies reptilia ini memiliki banyak kesamaan fitur dengan singa laut modern.

8. Styxosaurus

dinosaurus leher panjang di laut, dinosaurus yang hidup di laut, film dinosaurus laut, foto dinosaurus laut, dinosaurus hewan laut

Styxosaurus adalah plesiosaurus besar, salah satu dari beberapa spesies, kelompok yang secara kolektif disebut elasmosaurus yang muncul di zaman Kapur Akhir.

Styxosaurus memiliki panjang sekitar 11 meter (36 kaki), dengan sekitar setengah panjangnya terdiri dari leher 5,25 meter (17,2 kaki).

Giginya yang tajam berbentuk kerucut dan disesuaikan untuk menusuk dan menahan, bukan untuk memotong; seperti plesiosaurus lainnya, Styxosaurus menelan makanannya secara utuh.

9. Kronosaurus

nama dinosaurus laut, gambar dinosaurus laut, dinosaurus laut terbesar, dinosaurus bawah laut, dinosaurus di laut, dinosaurus laut di jurassic world

Kronosaurus memiliki semua ciri khas dari keluarga Pliosaurus dari kepala besar dengan rahang besar, leher pendek dan badan persegi yang tebal.

Baca Juga:   8 Jenis Spons Laut Sebagai Penghasil Bakterisida Alami

Mereka mungkin tinggal di seluruh dunia, mengingat bahwa fosil mereka telah ditemukan di Australia dan Kolombia. Fosil Kronosaurus terbesar yang pernah ada ditemukan sepanjang 34 kaki (10 meter) dari moncong sampai buntutnya dan kemungkinan beratnya sekitar 12 ton.

Gigi reptil laut ini panjangnya hanya beberapa inci dan tidak semua tajam, meskipun begitu faktanya kronosaurus ini adalah hewan buas dan sukses menjadi predator saat mengejar mangsanya. Menurut para peneliti hewan ini sangat cepat dan gigitannya pun sangat kuat.

10. Pliosaurus

hewan laut prasejarah terbesar, hewan laut purba, hewan laut zaman purba, binatang laut purba, hewan laut zaman prasejarah, 5 hewan laut

Mungkin Anda menganggap bahwa ini adalah buaya prasejarah tetapi penampilan bisa menipu, karena keduanya tidak benar-benar terkait dengan pliosaurus. Genus dari delapan spesies yang termasuk keluarga besar dari pliosaurus ini Reptil prasejarah mempunyai ciri leher pendek, kepala besar dan sirip yang lebar.

Pliosaurus hidup selama Periode akhir Jurassic sekitar 150 hingga 145 juta tahun yang lalu, sisa-sisa mereka pertama kali ditemukan di Norwegia pada pertengahan abad kesembilan belas.

Mereka adalah raksasa nyata dengan yang terbesar dengan berat lebih dari 30 ton dan tumbuh hingga panjang 40 kaki (12 meter). Selain itu hewan ini juga memiliki gigitan yang sangat kuat Faktanya itu empat kali lebih kuat daripada T-Rex yang perkasa.

Dengan ukuran-ukurannya yang besar seperti itu, kita bersyukur mereka telah punah.

error: