8 Hewan Laut Menakjubkan yang Hidup di Indonesia

Posted on

daftarhewan.com. Hewan dan Ikan Laut di Indonesia. Lautan Indonesia menjadi salah satu destinasi utama para penyelam dari segala penjuru dunia. Dengan hamparan terumbu karang yang fenomenal dan hewan-hewan laut yang menakjubkan, pesona bahari negeri ini sungguh memikat hati.

Hewan Laut di Indonesia

Mulai dari yang unik, langka, hingga endemik, keanekaragaman hewan laut Indonesia punya pesona yang luar biasa. Eksistensinya pun lantas menjadi tanggung jawab manusia, terutama setiap warga negara yang hidup berdampingan dengan mereka.

Karena itu, Anda tidak bisa abai begitu saja. Mari mengenal beberapa hewan laut Indonesia yang mengagumkan, dan wajib kita lestarikan:

1. Mola-mola

Ikan Matahari, Hewan Paling Cepat Berkembang Biak, ikan hias yang cepat berkembang biak, ikan yang cepat berkembang biak, ikan yg cepat berkembang biak, ikan yang mudah berkembang biak, cara agar ikan nila cepat berkembang biak, ikan paling cepat berkembang biak

Nama mola-mola berasal dari bahasa latin yang berarti “batu gerinda”. Sebutan ini tersemat karena penampilan ikan mola-mola dianggap menyerupai batu, dengan warna abu-abu, tekstur kulit kasar, dan bentuk tubuh yang cenderung bulat. Selain itu, mereka juga mendapat julukan “ikan matahari”, karena perilakunya yang tampak suka berjemur di dekat permukaan laut.

Keunikan ikan mola-mola juga terletak pada posisi sirip mereka yang tidak biasa. Sirip ikan mola-mola terbentuk vertikal di bagian punggung dan perut, serta tampak janggal dengan sirip ekor yang nyaris tidak ada.

Rata-rata, ikan mola-mola dewasa dapat tumbuh hingga 2,8 meter, dengan panjang sirip 2,5 meter, dan berat 1.000 kilogram. Kendati demikian, ada pula beberapa spesimen yang bisa mencapai panjang 3,3 meter, dengan panjang sirip 4,2 meter, dan berat 2.300 kilogram.

Baca Juga:   5 Fakta Unik Tentang Ikan Terbang

Di Indonesia, keberadaan salah satu jenis ikan purba ini telah menarik banyak wisatawan di area Nusa Penida dan Nusa Lembongan, Bali.

2. Hiu epaulette

ikan endemik indonesia, Hiu epaulette, ikan endemik adalah, jenis ikan endemik indonesia, hewan laut endemik indonesia, ikan laut endemik indonesia apa saja, ikan laut endemik indonesia adalah, ikan laut endemik indonesia apa namanya

Istilah “epaulette” yang menjadi sebutan bagi spesies ini merujuk pada bintik hitam besar yang tampak seperti tanda pangkat milik para perwira atau angkatan bersenjata.

Hiu epaulette juga termasuk hewan laut yang unik, karena sering kali bergerak di dasar laut, dan tampak seperti sedang “berjalan” menggunakan sirip pektoral. Selain itu, hewan nokturnal ini juga cenderung pemalu dan andal dalam menemukan celah untuk bersembunyi.

Populasi hiu epaulette umumnya hidup di perairan Raja Ampat, Papua Barat, dan ada pula yang menghuni beberapa wilayah lain, seperti Halmahera.

3. Kuda laut bargibanti

Kuda laut bargibanti, Hippocampus bargibanti) atau kuda laut kerdil berukuran kecil

Dengan ukuran yang hanya mencapai 2,5 cm, Anda memerlukan kejelian tingkat tinggi untuk dapat menemukan kuda laut bargibanti (Hippocampus bargibanti) atau kuda laut kerdil. Terlebih, tubuh spesies ini memiliki tuberkel menyerupai kipas laut, yang menjadi tempat mereka bersembunyi.

Namun, meski tidak mudah diamati, kuda laut bargibanti hidup tersebar di seantero Kepulauan Nusantara. Spesies lain dari genus tersebut yang menghuni lautan Indonesia, antara lain: Hippocampus pontohi dan Hippocampus denise.

4. Ikan kardinal Banggai

Pterapogon kauderni, hewan laut endemik indonesia, hewan laut langka, hewan laut langka di indonesia, hewan laut apa saja yang terancam punah di indonesia, hewan hewan laut, dunia hewan laut, hewan-hewan laut, sebutkan hewan laut, hewan apa saja yang hidup di laut

Selaras dengan namanya, ikan kardinal Banggai merupakan hewan laut endemik Indonesia yang hidup di Kepulauan Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah. Umumnya, mereka memanfaatkan tubuh yang kecil untuk dapat berlindung di sekitar anemon atau bulu babi, sehingga kerap ditemukan di sekitar dua spesies tersebut.

Baca Juga:   Bolehkah Ikan Gabus Digoreng, Boleh, Ini Cara dan Resepnya!

Ikan kardinal Banggai menjadi salah satu objek favorit para fotografer bawah air, karena keindahan pola garis dan bintik pada tubuh, serta sirip mereka.

5. Hiu martil

ikan laut asli indonesia, ikan asli indonesia, ikan laut indonesia, kumpulan ikan laut, jenis ikan laut indonesia, jenis ikan asli indonesia, ikan asli indonesia adalah

Nama hiu “martil” merupakan representasi dari ujung kepala mereka yang melebar ke samping, menyerupai bentuk martil atau palu.

Di Indonesia, terdapat empat spesies hiu martil yang berasal dari dua genus, yaitu: Sphyrna lewini, Sphyrna mokarran, Sphyrna zygaena, dan Eusphyra blochii. Umumnya, para penyelam mengincar waktu sekitar Juli dan Oktober untuk menyaksikan gerombolan hiu martil di sekitar Teluk Belongas, Lombok Selatan, atau Laut Banda, Maluku.

6. Ikan katak psikedelik

Ikan katak asli indonesia Histiophryne psychedelica

Nama ilmiah Histiophryne psychedelica, tentu telah menggambarkan sesuatu yang tidak biasa. Ikan endemik asal Maluku ini populer pula dengan nama ikan katak psikedelik, karena tubuh mereka yang berwarna cokelat kekuningan terselubungi oleh galur-galur putih yang saling bersinggungan, laiknya suatu halusinasi. Selain itu, penampilan mereka juga tampak janggal dengan mata menghadap ke depan seperti manusia, lengkap dengan fitur yang menyerupai dagu dan pipi.

Kemunculan ikan katak psikedelik ini menjadi incaran para fotografer, karena sangat jarang terjadi dan masih sulit terprediksi.

7. Dugong

Mamalia laut di Indonesia, Dugong

Termasuk jenis mamalia laut yang berukuran relatif besar, dugong atau duyung, sekilas tampak mirip dengan manatee atau sapi laut. Hanya saja, keduanya berbeda pada bentuk ekor dan tengkorak.

Baca Juga:   5 Ikan Terkecil Di Dunia, Paling Kecil 7,9 mm!

Umumnya, populasi dugong menjelajahi perairan dangkal untuk menyantap rumput laut, di berbagai penjuru Nusantara. Kendati demikian, mereka jarang menampakkan diri di sekitar penyelam, karena sifat yang cenderung pemalu.

Waktu terbaik untuk mengamati dugong, yaitu pada pagi hari dan menjelang matahari terbenam. Mereka kerap terlihat di wilayah Raja Ampat, Pulau Komodo, Bali, dan Sulawesi Utara, khususnya di sekitar Pulau Bangka dan Bunaken.

8. Ikan Pari Manta

Ikan Pari Manta ikan asli Indonesia

Berbagai jenis ikan pari eksis di berbagai penjuru dunia, dan tidak hanya terdapat di perairan Indonesia. Namun, kehadiran pari manta di lautan tetaplah istimewa dan jadi favorit para penyelam.

Pari manta merupakan spesies pari terbesar dan kerap muncul di laut Indonesia. Populasi mereka dapat Anda temukan di sekitar Bali, khususnya Nusa Penida dan Nusa Lembongan, Pulau Komodo, Raja Ampat, dan Pulau Derawan di Kalimantan.

Selain hewan laut unik dan eksotik dalam daftar di atas, lautan Indonesia juga menjadi rumah bagi aneka spesies luar biasa lainnya. Ada hiu paus, paus sperma, paus pilot, lumba-lumba pemintal, hingga berbagai jenis krustasea, cumi-cumi, dan siput laut.

Maka, tidak perlu melancong jauh-jauh untuk mencari lokasi penyelaman yang sempurna. Lautan Indonesia telah menerima anugrah dari Sang Pencipta, berupa salah satu habitat terbaik bagi hewan-hewan laut menakjubkan yang ada di dunia. Salam lestari.

Comments are closed.