Home » Pengetahuan » Daftar Hewan Nasional Negara Asean

Daftar Hewan Nasional Negara Asean

daftarhewan.com. Daftar Hewan Nasional Negara Asean – Bicara soal istilah hewan nasional, pasti sudah tidak asing lagi di telinga karena berbagai hewan tersebut sudah termasuk dalam ikon atau ciri khas yang dimiliki oleh suatu negara. Jadi, dengan hewan nasional tersebut, maka suatu negara telah memiliki ciri khusus yang membedakan negara tersebut dengan negara lainnya. Tentu saja jenis hewan nasional yang dimiliki oleh antar negara itu berbeda.

Nah, biasanya, proses penentuan jenis hewan nasional itu tidak bisa asal-asalan dan sembaangan saja. Penentuan hewan nasional harus dilakukan dengan saksama dan bahkan harus menyesuaikan degan ekologi, budaya, mitologi, dan tradisi. Jadi, penetuan hewan nasional tersebut biasanya dilakukan dengan proses musyawarah dan bahkan ditetapkan dalam konstritusi, jadi tidak sembarangan dan main-main saja.

Hewan Nasional 10 Negara ASEAN

Seperti yang sudah Anda ketaui, kawasan wilayah Asia Tenggara termasuk kawasan wilayah yang luas dan terdiri dari berbagai negara yang termasuk ASEAN (Association of Southeast Asian Nations). Itu artinya, setiap negara di kawasan wilayah Asia Tenggara pasti mempunyai hewan nasionalnya masing-masing. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui masing-masing hewan nasional yang dimiliki oleh beberapa negaraa di Asia Tenggara, berikut ini ulasan singkatnya.

1. Hewan Nasional Negara Myanmar

hewan nasional negara asean dan karakteristiknya, hewan nasional negara asia tenggara, hewan nasional 10 negara asean, hewan nasional di negara asean, hewan nasional sepuluh negara asean

Nah, negara pertama di Asia Tenggara yang akan dibahas adalah Myanmar yang memiliki hewan nasional harimau Indocina, dalam bahasa latinnya disebut dengan Panthera tigris corbetti. Negara ini juga melindungi habitat dan populitas harimau Indocina sebagai hewan nasionalnya. Di antara alasan Myanmar menjadikan hewan ini sebagai hewan nasionalnya adalah karena harimau Indocina memiliki karakteristik yang unik dan citra yang kuat.

Baca Juga:   Hewan Arthropoda Adalah? Berikut Ciri-ciri dan Contohnya

Nah, jika Anda merasa penasaran atau berminat untuk sekadar mengunjungi dan melihat-lihat, Anda bisa mendatangi salah satu suaka harimau terbesar yang ada di Myanmar, yakni Cagar Harimau Lembah Hukaung.

2. Hewan Nasional Negara Thailand

hewan nasional di negara asean, hewan nasional negara negara asean, hewan nasional negara asia tenggara, hewan nasional 10 negara asean, hewan nasional negara indonesia, 12 hewan nasional negara asia tenggara

Hewan kedua dari hewan nasional negara Asia Tenggara adalah gajah yang memiliki nama latin spesies Elephas maximus. Nah, pantas saja bukan negara ini disebut dengan negara gajah putih karena ternyata juga menetapkan gajah sebagai hewan nasionalnya. Nah, gajah yang dijadikan sebagai hewan nasional negara ini merupakan gajah India yang merupakan subspecies dari gajah India.

Namun, perlu Anda ketahui juga jika ternyata, di negara Thailand sendiri, gajah mempunyai peranan sejarah yang panjang dan memakan waktu selaama berabad-abad lamanya. Jadi, pantas saja gajah dijadikan sebaagai ikon nasional oleh negara Thailand. Selain itu, pastinya juga mempunyai peranan di segi kebudayaan yang harus dilestraikan.

3. Hewan Nasional Negara Singapura

hewan nasional negara singapura, apa hewan nasional singapura, hewan asli singapura, hewan yang berasal dari singapura, hewan khas singapura, hewan nasional indonesia, hewan nasional, hewan nasional negara indonesia, hewan singapura, hewan negara singapura, hewan di negara singapura,hewan khas di singapura, hewan nasional dari berbagai negara

Nah, hewan singa (Panthera leo) yang dijadikan sebaagai ikon nasional atau hewan nasional oleh Singapura ini lebih familier dengan sebutan sang raja hutan. Dari nama negaranya pun sudah kentara, yakni singa dan pura. Jadi, hewan nasional yang dimiliki oleh negara yang satu ini adalah singa yang mana dianggaap memiliki representasi tersendiri bagi Singapura.

Jika diusut dari segi sejarah, menurut John Drysdline yang termasuk salah seorang sejarawan, ia mengatakan jika singa juga merupakan symbol dari suatu pemerintahan Pemerintahan tersebut merupakan pemerintahan The Fine City yang dikatakan baru dan penuh dengan semangat.

4. Hewan Nasional Negara Malaysia

hewan nasional negara malaysia, hewan di negara malaysia, tumbuhan dan hewan negara malaysia, hewan nasional

Untuk negara yang satu ini, di mana merupakan negara yang mengunakan bahasa Melayu sebagai bahasa nasionalnya, mreka memilih dan menetapkan Harimau Malaya sebagai ikon nasionalnya. Harimau Malaya ini memiliki nama latin panthera tigris jacksoni. Malaysia memutuskan untuk memilih dan menetapkan jenis harimau yang satu ini mejadi ikon nasionalnya karena konon katanya harimau Malaya memiliki ciri yang sangat khas.

Baca Juga:   Hewan Apa yang Memakan Ular?

Jika Anda ingin ahu lebih banyak, Anda bisa membaca sejarah asal usul harimau Malaya ini, dan jika Anda tertarik untuk melihatnya langsung, Anda bisa berkunjung ke tempat di mana harimau Malaya ini berada.

5. Hewan Nasional Negara Filipina

hewan nasional negara filipina, hewan khas philipina

Untuk satu negara ini, memiliki dua jenis ikon nasional, yakni kerbau dengaan nama latin bubalus bubalis dan Elang Filipina dengan nama latin pithecophaga jefferyi. Ternyata, ada sejarah perubahan burung nasional di Filipina sebelum akhirya menjadi elang Filipina sampai sekarang ini. Awalnya, burung nasional Filipina merupaakan burung maya yang berwarna putih coklat, tapi kemudian berubah menjadi elang Filipina ini.

Elang tersebut sekaligus menjadi hewan endemik yang menggambarkan keunikan, kekuatan, dan kecintaan terhadap kebebasan. Selain itu, burung tersebut juga sering disebut dan diistilahkan sebagai harta karun di negeri Filipina.

6. Hewan Nasional Negara Laos

hewan nasional negara laos, hewan khas laos, hewan nasional, hewan endemik laos, hewan khas dari laos, hewan khas negara laos, hewan nasional myanmar, nama hewan khas laos

Hewan selanjutnya pada 12 hewan nasional negara Asia Tenggara adalah gajah India yang memiliki nama lain elephas maximus indicus. Ternyata, hewan ini sudah cukup lama dinobatkan sebagai hewan dan ikon nasional di Laos. Hewan yang satu ini dikatakan melambangkan kekuatan dan juga kemakmuran yang dimiliki oleh bangsa. Penetapan hewan nasional ini juga ternyata dipengaruhi oleh agama kepercayaaan mayoritas di sana, yakni agama Budha.

7. Hewan Nasional Negara Vietnam

hewan nasional negara vietnam, hewan khas vietnam, hewan asli vietnam

Ikon dan hewan nasional yang dipilih dan ditetapkan oleh negara vietnaam adalaah kerbau air, yang memiliki nama latin bubalus bubalis. Perlu Anda ketahui juga jika negara yang satu ini ternyata termasuk dalam kategori negara agraris. Jadi, pantas saja jika mereka menjadikan kerbau sebagai hewan nasional karena faktanya merupakan hewan yang sangat berjasa bagi masyarakat di sana.

Baca Juga:   10 Daftar Hewan Terancam Punah di Indonesia dan Keterangannya

8. Hewan Nasional Negara Indonesia

hewan buas yang langka, hewan buas yang memakan manusia, hewan buas yang memangsa manusia, hewan buas yang menyeramkan, hewan yang paling buas di dunia, hewan buas yang paling ditakuti, binatang buas paling berbahaya di dunia, binatang paling buas dunia, binatang paling buas didunia, hewan buas yang dilindungi

Komodo

Ternyata, negara Indonesia juga memiliki dua hewan nasional, yakni komodo yang memiliki nama latin varanus komodoensis dan elang jawa yang memiliki nama latin nisaetus bartelsi. Nah, perlu Anda ketahui jika komodo merupakan jenis spesies biawak terbesar yang tersebar di berbagai wilayah, di antaranya yaitu Pulau Komodo, Flores, dan juga Rinca.

Sedangkan elang Jawa jug terasuk spesies endemik yang berada di pulau Jawa. Selain hal tersebut, elang Jawa ini juga lebih familier dengan symbol negara Indonesia, yakni burung garuda. Mendengaar istilah burung garuda, pasti Anda sudah sangat familier bukan? Jadi, wajar saja jika elang Jawa dijadikan sebagai hewan sekaligus ikon nasional negara Indonesia.

9. Hewan Nasional Negara Kamboja

hewan nasional negara kamboja, hewan di negara kamboja, hewan nasional negara indonesia, hewan khas kamboja

Hewan selanjutnya dalam hewan nasional negara ASEAN adalah Kouprey atau lebih sering dikenal dengan lembu hutan, hewan tersebut memiliki nama latin bos sauveli. Jadi, hewan tersebut adalah kerbau yang hanya ada di negara Kamboja dan termasuk hewan liar. Hewan tersebut juga menjadi mamalia nasional di sana. Sangat istimewa bukan?

10. Hewan Nasional Negara Timor Leste

12 hewan nasional negara asia tenggara, 12 hewan nasional negara asia tenggara gambar dan penjelasannya, hewan khas negara asean, hewan di negara asean, hewan khas asean, 10 hewan negara asean

Nah, hewan nasional selanjutnya merupakan buaya yang sudah dijadikan sebaagai ikon nasional di Timor Leste. Seperti yang sudah Anda ketahui, kehebatan buaya adalah mampu berjuang untuk melindungi telurnya sampai anak-anak mereka menetas dengan selamat. Nah, nilai tersebutlah yang dianggap sebagai sesuatu yang istimewa bagi Timor Leste sehingga mereka menjadikan buaya seabagai hewan nasionalnya.

Itulah beberapa hewan nasional dari 12 hewan nasional negara ASEAN yang bisa And baca sebagai tambahan wawasan. Selain itu, ternyata banyak juga jenis atau spesies yang ternyata menjadi hewan istimewa di berbagai negara tersebut.

error: