Pengertian Hewan Omnivora dan Contohnya

Posted on

daftarhewan.com. Secara bahasa Omnivora adalah hewan atau orang yang memakan makanan yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Bisa dikatakan juga Hewan Omnivora ialah organisme pemakan segala.  Dalam kata lain, organisme itu makan makanan yang sumbernya dari hewan dan tumbuhan. Ada pula istilah karnivora, yang disebut hewan pemakan daging hewan lain. Dan herbivora secara spesifik menjadi hewan pemakan tanaman.

Ada beberapa jenis herbivora yang melengkapi keperluan makannya dengan memakan serangga atau hewan kecil lain. Ada pula spesies pemakan daging yang mau tak mau mengonsumsi tumbuhan , karena suplai dagingnya rendah. Dapat disebut, banyak hewan mengerjakan evolusi hingga dapat mengonsumsi sumber makanan apa saja, baik itu hewan maupun tanaman.

Secara fisiologis, manusia sebagai omnivora, hingga memungkinkannya untuk mendapatkan gizi dari hewan serta tumbuhan sekaligus. Sedangkan, dari salah-satu teori evolusi manusia, dahulu leluhur adalah herbivora. Baca Juga : Hewan berdasarkan makanannya

Tapi mereka beralih menjadi herbivora sesudah menemukan api dan alat bantu untuk menangkap hewan. Selanjutnya di jaman sekarang, banyak manusia yang pilih bertingkahlaku herbivora. Mereka tidak makan produk atau olahan hewani sebab menganggap gizi tubuh telah terpenuhi.

Contoh hewan Omnivora

1. Anjing

hewan omnivora, hewan+omnivora, contoh hewan omnivora, hewan omnivora adalah, gambar hewan omnivora, hewan omnivora adalah hewan yang memakan, contoh hewan omnivora adalah, sebutkan hewan omnivora, hewan omnivora contohnya, hewan omnivora contoh, jenis hewan omnivora, hewan-hewan omnivora, pengertian omnivora, mengapa hewan omnivora memiliki gigi yang lengkap, nama-nama hewan omnivora

Berdasar pengetahuan genetika, dijumpai jika anjing dan serigala mempunyai keterikatan kuat. Teori awalnya mengatakan jika beberapa orang jaman dulu mencuri anak-anak serigala untuk dirawat dan dijinakkan. Tetapi teori ini tidak menerangkan data penting, jika serigala itu merupakan karnivora sejati. Berlainan dengan anjing, yang omnivora dan sikapnya lebih ramah.

Baca Juga:   9 Hewan Paling Beracun di Dunia, Waspadalah!

Teori baru juga ada, dan terkait dengan leluhur anjing. Ilmuwan memprediksi jika leluhur anjing sebagai serigala liar. Tetapi ada banyak spesies yang dekat dengan kehidupan manusia. Saat itu manusia menghasilkan beberapa sisa makanan dan tidak semua berbentuk daging.

Beberapa serigala itu mulai terlatih dengan sisa makanan manusia, yang ternyata memberi nutrisi bagi mereka. Gizi tambahan ini menjadikan serigala untuk sesuaikan hasrat dan kedekatannya dengan manusia. Mereka juga lebih ramah dan jinak. Proses domestikasi ini dapat berjalan sepanjang beratus-ratus tahun, hingga performa serigala dan anjing kelihatan demikian berlainan.

Spesies serigala atau Canis lupus telah mempunyai 30 subspesies lebih. Menu makan mereka bermacam. Spesies ini mencakup anjing peliharaan, dingo, dan serigala lain. Populasi mereka tidak turun, karena sumber makanannya telah beraneka macam.

2. Beruang

beruang bahasa inggrisnya, beruang bahasa inggrisnya apa, beruang bahasa inggrisnya adalah, beruang bahasa inggris tts, beruang dalam bahasa inggris, beruang bahasa inggris nya apa, bahasa inggris dari beruang

Si omnivora klasik ini menghabiskan waktunya di hutan, gunung, serta tepian kota guna mencari sisa-sisa makanan. Keperluan energi mereka banyak, apa lagi pada musim panas. Karena saat musim dingin datang, mereka akan masuk periode hibernasi. Sebagian dari mereka bahkan juga melakukan hibernasi hingga 7 bulanan. Itu maknanya, mereka perlu menggunakan waktu sepanjang lima bulan untuk mengisi energi.

Baca Juga:   Tikus Takut Sama Apa? Berikut Hewan Pengusir Tikus

Sebagai omnivora, beruang makan sebagian besar sumber gizi yang ada. Mereka menyantap akar, buah beri, kacang-kacangan dan lain-lain. Ada pula yang menyukai memakan madu, bahkan juga beberapa dari mereka harus berkelahi dahulu untuk memperolehnya. Ada pula beruang yang mengonsumsi daging. Tetapi umumnya mereka ‘memungut atau memulung’ daging yang ada, misalkan bangkai atau merampas makanan yang dikonsumsi predator lain.

Sedangkan, beruang grizzly dan beruang cokelat suka memakan ikan. Bahkan juga mereka telah mahir memburu ikan di sungai. Ragam sumber makanan ini memungkinkan mereka mendapatkan energi sebanyak-banyaknya.

Contoh Hewan Lain yang Termasuk Omnivora Adalah

3. Manusia; menu makan manusia terdiri dari sayur, buah-buahan, daging, atau olahan diantara keduanya.

4. Babi; mekanisme cerna hewan ini kerap dijadikan riset, karena performa ususnya seperti manusia. Babi bisa juga memungut bangkai atau menyengaja mencari serangga kecil.

5. Gagak; ternyata burung ini bukan hanya mengonsumsi daging seperti bangkai, atau serangga, tetapi juga gandum.

6. Semut; omnivora imut ini umumnya mengumpulkan sumber dari tumbuhan sebagai makannya, tetapi mereka tidak enggan membuat penyusup koloni lain sebagai menu makanan.

7. Luak; hewan ini melakukan hibernasi seperti beruang. Mereka juga membutuhkan konsumsi energi yang banyak dari sumber yang banyak pula. Luak dapat makan hewan kecil, serangga, dan tanaman.

Baca Juga:   Kenapa Orca Disebut Paus Pembunuh?

8. Tupai; hewan gesit ini dikenali sebagai pemakan kacang-kacangan. Tetapi mereka masih tetap berselera saat makan cacing, kepiting, katak, telur burung, dan lain-lain,

9. Tikus; hewan pengerat ini dapat makan apa yang mereka dapatkan.

10. Opposum; hewan ini adalah mamalia marsupial yang berasal dari Amerika Utara.

11. Simpanse; makanan intinya memang bersumber dari tanaman, tapi mereka suka juga memburu hewan kecil sebagai pengiring makanan.

12. Ayam; hewan yang kerap dipelihara dapat bertahan hidup dari tumbuhan dan beberapa bijian. Tetapi mereka bisa menyantap apa saja yang ditemukan, terhitung burung, tikus kecil, telur atau daging ayam lain.

13. Kura-kura; hewan bercangkang ini akan makan apa saja yang ditangkapnya. Kura-kura terestrial dan akuatik sama menyenangi serangga, ikan, dan tanaman.

14. Kadal; banyak spesies kadal yang cuma mengonsumsi tanaman, banyak diantaranya yang hanya makan serangga, banyak pula yang malah jadi pemakan ke-2 nya.

Istilah biologi yang terkait

  • Karnivora: hewan yang memakan daging hewan lain untuk makanan/gizi.
  • Herbivora: hewan yang memakan tanaman untuk sumber makanan/gizi.
  • Detritivore: organisme yang mengincar hewan atau tanaman mati dan membusuk. Misalnya seperti sejumlah spesies jamur.
  • Autotrof: organisme ini dapat menghasilkan glukosa sendiri dari sumber energi lingkungan seperti zat kimia atau sinar matahari. Dalam kata lain, autotrof dapat membuat makanannya sendiri.