Home » Hewan Peliharaan » 10 Jenis Hewan Peliharaan dan Makanannya

10 Jenis Hewan Peliharaan dan Makanannya

daftarhewan.com. Hewan peliharaan dan makanannya. Memelihara hewan adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Banyak orang di seluruh dunia yang memelihara binatang sebagai teman. Faktanya, memelihara hewan memang memiliki banyak manfaat, misalnya melepas stres dan lelah, mengurangi kejenuhan, serta melawan depresi. Soal pilihan hewan peliharaan, setiap orang punya kegemarannya sendiri-sendiri.

Menurut statistik, tiga jenis hewan yang paling banyak dipelihara di dunia adalah ikan air tawar, kucing, dan anjing. Selain tiga itu, orang juga merawat berbagai jenis hewan lainnya, mulai dari mamalia seperti kelinci, reptil seperti ular, atau amfibi seperti katak.

Hewan Peliharaan dan Makanannya

Berikut kami ulas 10 hewan peliharaan beserta makanannya yang umum diberikan pada mereka.

1. Ikan air tawar

Ikan air tawar adalah hewan peliharaan populer di seluruh dunia, mulai dari Asia sampai Amerika. Pemiliknya harus menggunakan akuarium berukuran tepat dan filter serta peralatan tambahan seperti aerator dan heater untuk spesies ikan tertentu.

Berbagai jenis ikan air tawar populer dipelihara orang, mulai dari jenis ikan damai seperti guppy, molly, swordtail, mas koki, koi, ikan agresif seperti cupang, ikan pembersih kaca seperti pleco, dan ikan predator seperti arwana, peacock bass, gabus, piranha, dan sebagainya. Beberapa jenis ikan bisa dicampur, sedangkan jenis lainnya yang lebih galak atau teritorial tidak boleh dicampur.

Makanan ikan hias sangat beragam. Ada spesies ikan predator yang gemar makan daging, karena itu kamu perlu memberikan makanan hidup seperti ikan kecil, kutu air, atau artemia. Pakan umum yang biasa diberikan pada ikan adalah pelet, baik yang tenggelam, melayang, serpihan. Jenis pakan lainnya adalah sayuran, buah-buahan, biji-bijian seperti kacang polong, pakan beku, pakan beku-kering, dan banyak lagi lainnya.

Baca Juga:   Apa Itu Grooming Hewan?

2. Kucing

Kucing adalah hewan kecil berbulu yang disukai jutaan orang karena lucu, menggemaskan, dan mudah perawatannya. Kucing tergolong suka makan, beberapa ras bahkan terkenal rakus. Kucing relatif tenang, tidak membutuhkan banyak perhatian konstan seperti anjing, soliter, dan seringkali cuek. Mereka dipelihara orang mulai dari kampung sampai apartemen.

Makanan kucing juga beragam. Untuk pakan komersial, pemilik biasa memberikan makanan kering dan basah. Keduanya punya kelebihan masing-masing. Makanan kucing harus mengandung gizi yang lengkap dan seimbang. Kucing juga bisa diberi makan daging seperti daging ikan dan sapi.

Adapun buah dan sayuran yang bisa mereka makan dengan aman cukup banyak jenisnya, dari bayam, melon, kacang polong, wortel (kukus), pisang, broccoli (kukus), labu, asparagus, dan banyak lainnya. Sediakan selalu air bersih untuk minum dan sesekali berikan camilan atau snack untuk kucing.

3. Anjing

Anjing sangat populer dipelihara orang karena mereka lucu, cerdas, setia, dan bisa melakukan banyak tugas yang membantu manusia, seperti menjaga rumah, menjaga anak kecil, pemandu, pencari, teman berburu, pelacak, dan sebagainya. Anjing bahkan dikategorikan sebagai hewan peliharaan yang paling populer di banyak negara di dunia.

Soal makanan anjing juga tak jauh beda dengan kucing. Mereka sangat suka makan, dan bila tak dikontrol mereka bisa kelebihan berat badan. Ada jenis pakan komersial basah dan kering, di samping berbagai jenis snack untuk diberikan sesekali atau sebagai reward. Kemudian anjing juga butuh air bersih, sayuran seperti kentang, mentimun, brokoli, wortel, serta buah-buahan seperti melon, bluberi, pir, persik, jeruk, apel, dan pisang.

Baca Juga:   Ayam Pegar: Klasifikasi, Karakteristik, dan Penjelasan Lainnya

4. Burung

Burung, mulai dari jenis nuri hingga pipit, sudah lama dipelihara orang, baik di sangkar maupun di kandang koloni atau bahkan secara free-flight (terbang bebas). Ada beragam burung yang paling populer, mulai dari kenari, lovebird, macaw, kutilang, pipit, cucakrowo, murai, beo, kakatua, parkit, merpati, dan lainnya.

Hampir semua burung menyukai buah dan sayuran, seperti jagung dan bayam, telur, sotong, dan biji-bijian. Burung paruh bengkok alias parrot adalah pemakan biji-bijian seperti millet, sementara burung paruh kecil seperti pipit memakan variasi biji-bijian (campuran). Beberapa jenis burung kicau seperti murai perlu diberi makan hewan hidup seperti jangkrik.

5. Kelinci

hewan peliharaan dan makanannya, hewan peliharaan beserta makanannya, hewan peliharaan dan jenis makanannya, gambar hewan peliharaan dan makanannya, contoh hewan peliharaan dan makanannya, nama hewan peliharaan dan makanannya, gambar hewan peliharaan beserta makanannya, kliping hewan peliharaan dan makanannya, hewan peliharaan dan makannya, binatang peliharaan dan makanannya, jenis hewan peliharaan dan makanannya, 10 hewan peliharaan dan jenis makanannya

Kelinci adalah hewan yang jinak, lucu, menggemaskan, ramah, dan pendiam, tapi mereka juga bisa aktif. Mereka tak membutuhkan perawatan ribet, tapi perlu diberi makan makanan bergizi seimbang. Ada makanan kelinci komersial atau kemasan yang dijual di banyak toko hewan. Tapi kelinci juga butuh sayuran dan buah yang bernutrisi tinggi. Sayuran yang bisa diberikan pada kelinci bukan cuma wortel, tapi brokoli, bayam, seledri, kale, pakcoy, dan lainnya.

Sedangkan buah-buahan yang bisa dimakan kelinci peliharaan meliputi pepaya, aprikot, kiwi, pir, plum, persik, apel, ceri, beri, mangga, melon, pisang, belimbing, nanas (tanpa kulit), dan melon. Berikan makanan bervariasi agar kelinci semakin sehat.

6. Ular

Ular mungkin terlihat menakutkan, tapi jangan salah, banyak orang yang memeliharanya di rumah. Kebanyakan yang dipelihara adalah spesies ular tidak berbisa seperti piton dan berbagai jenis ular kecil lainnya. Ular adalah karnivora yang membutuhkan daging, jadi mereka bisa diberi makan daging ayam atau sapi serta makanan hidup seperti tikus.

Baca Juga:   Jenis Ayam Pheasant, Gambar dan Harganya

8. Hamster

Hamster adalah hewan lucu dan imut yang biasa dipelihara di kandang kecil lengkap dengan mainannya. Hewan mungil ini tak susah perawatannya dan membutuhkan varian makanan seimbang, mulai dari gabah, beras merah, jagung, kacang hijau, kacang kedelai, biji bunga matahari, wortel, tauge, dan sebagainya. Seperti semua hewan peliharaan lainnya, berikan mereka makanan yang bervariasi dan selalu sediakan air bersih.

9. Ayam

Ayam bukan cuma diternak untuk dikonsumsi, tapi ada pula jenis ayam hias yang cantik untuk dipelihara, misalnya ayam serama. Makanan ayam juga tak sulit. Banyak orang yang memberikan sisa makanan semalam pada ayam dan mereka mau memakannya dengan lahap. Tapi untuk menjaga kesehatannya, ayam perlu diberi makanan seimbang seperti jagung, beras, hampir semua jenis sayur mayur, atau pakan komersial khusus ayam. Ayam adalah pemakan yang rakus dan akan memakan apa saja yang kamu berikan.

10. Iguana

Reptil yang keren ini sebenarnya adalah herbivora, meski banyak disalahpahami sebagai karnivora. Iguana perlu memakan aneka sayuran dan buah-buahan serta makanan tambahan lainnya. Makanan yang tergolong baik untuk iguana adalah buncis, mangga, pepaya, dan blewah, sedangkan makanan yang baik diberikan sesekali adalah wortel, pisang, apel, nasi, pir, stroberi, kentang, semangka, jagung, timun, kangkung, jamur, sawi, melon, dan sebagainya. Banyak makanan yang bisa dimakan iguana.

error: